Comeback! Persiraja Raih Kemenangan Perdana di Liga 2

Dukungan dari penonton, teriakan itu sudah 2 tahun tidak ada

Banda Aceh, IDN Times - Persiraja Banda Aceh akhirnya meraih kemenangan perdana mereka di Liga 2 Indonesia Musim 2022-2023 usai menaklukan PSKC Cimahi dengan skor tipis, 2-1, Sabtu (10/9/2022). Atas kemenangan ini, Laskar Rencong berhak mendapatkan tiga poin.

“Alhamdulillah, Allah memudahkan proses kami sehingga kami bisa memenangkan pertandingan dan mendapatkan tiga poin, pada hari ini,” kata Pelatih Persiraja Banda Aceh, Pelatih Persiraja Banda Aceh, Washiyatul Akmal, usai pertandingan, pada Sabtu (10/9/2022).

1. Sempat tidak yakin mampu meraih kemenangan

Comeback! Persiraja Raih Kemenangan Perdana di Liga 2Persiraja Banda Aceh taklukan PSKC Cimahi, 2-1, di Stadion H Dimurthala, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Laga lanjutan dari pekan ketiga yang mempertemukan kedua tim tersebut digelar di Stadion H Dimurthala, Kota Banda Aceh, Aceh, pada Sabtu, sore. Dua gol Laskar Rencong -julukan Persiraja- diciptakan Zikri Ferdiansyah dan Martunis. Sedangkan gol semata wayang Laskar Sangkuriang Panser Cimahi -julukan PSKC-, lahir dari I Nyoman Sukarja.

Bagi Akmal, kemenangan perdana mereka di musim ini merupakan di luar dugaan. Sebab, laga melawan PSKC Cimahi merupakan laga perdana yang dilakoni Persiraja Banda Aceh usai pertandingan menghadapi PSMS Medan batal digelar akibat keributan.

“Kami pernah memberikan satu statement sulit bagi kami untuk pertandingan pertama, tetapi bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin. Ini berkat semua,” ujarnya.

“Dan yang luar biasa buat pemain juga yang bagaimana sudah banyak bekerja keras di lapangan,” imbuh Akmal.

Baca Juga: Tumbangkan Karo United, Kemenangan Perdana PSMS di Kandang

2. Dukungan dari penonton bangkitkan skuad Laskar Rencong yang terlebih dahulu tertinggal

Comeback! Persiraja Raih Kemenangan Perdana di Liga 2Persiraja Banda Aceh taklukan PSKC Cimahi, 2-1, di Stadion H Dimurthala, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

Di laga ini, Persiraja Banda Aceh sebelumnya sempat tertinggal lebih dulu dari tim tamu PSKC Cimahi. Gol yang diciptakan I Nyoman Sukarja di menit 31, membungkam suara gemuruh penonton yang memadati kandang dari Laskar Rencong. Meski demikian, sorak-sorak untuk memberikan semangat kepada skuad Persiraja Banda Aceh tak berkurang.

Tertinggal lebih dulu, Akmal meminta kepada Mukhlis Nakata dan kawan-kawan untuk tetap fokus menjalani laga perdana mereka. Terbukti, memasuki babak kedua, Persiraja Banda Aceh mampu menyamai kedudukan pada menit ke-54 melalui Zikri Ferdiansyah.

Gol tersebut membuat para pecinta Laskar Rencong bersorak. Mereka tampak semakin bersemangat mendukung tim kebanggaan masyarakat Aceh, khususnya Kota Banda Aceh itu hingga gol penentu kemenangan tercipta dari Martunis, di menit 90+4.

“Hari ini kita menang karena suara penonton, luar biasa. Seluruhnya, semangat itu ada dari penonton. Semua dukungan dari penonton, teriakan itu sudah dua tahun kita sudah tidak ada di sini. Alhamdulillah kita dapat poin hari ini,” ucap Mukhlis Nakata.

3. Pemain hilang konsentrasi usai diganjar penalti, ditambah nervous

Comeback! Persiraja Raih Kemenangan Perdana di Liga 2Persiraja Banda Aceh taklukan PSKC Cimahi, 2-1, di Stadion H Dimurthala, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Media Official Persiraja Banda Aceh untuk IDN Times)

PSKC Cimahi sempat unggul di babak pertama. Akan tetapi, ketika memasuki babak kedua mereka mulai hilang konsentrasi. Terutama usai wasit, Dalfisman, memberikan hadiah penalti kepada tim tuan rumah yang dinilai Laskar Sangkuriang Panser Cimahi berbau kontroversi.

“Tentu kami tidak puasa dengan keadaan ini. Kami ingin -mendapatkan poin- penuh sebetulnya. Tetapi situasi,” kata Pelatih PSKC Cimahi,Joko Susilo.

“Yang pertama tentu kami akan mengevaluasi untuk tim kami. Kemudian beberapa hal yang kami terpaksa protes karena penalti tadi. Itu yang membuat semakin emosi pemain-pemain kami, kami berusaha untuk menenangkan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, para pemain dikatakan Joko Susilo juga grogi atau nervous . Hal ini sedikit dimaklumi karena persiapan tim asal Kota Cimahi, Jawa Barat tersebut.

“Sama dengan Persiraja, kami juga membangun tim yang baru, ada beberapa tim yang melihat situasi ini situasi pertandingan ini kami sedikit nervous.

Baca Juga: Laga Batal, PT LIB Putuskan PSMS Menang WO 3-0 dari Persiraja

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya