Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 M

Stadion Kebun Bunga juga akan direnovasi

Medan, IDN Times -Pemerintah Kota Medan merencanakan untuk merenovasi total Stadion Teladan Medan tahun 2022 ini.  Renovasi stadion yang menjadi homeground PSMS Medan itu akan dilakukan secara bertahap, dikarenakan anggaran yang dibutuhkan cukup besar.

Seperti diketahui Stadion Teladan selama ini berkaitan erat dengan PSMS. Renovasi ini disebut salah satu komitmen Bobby Nasution untuk memajukan klub berjuluk Ayam Kinantan itu.

1. Renovasi Stadion Teladan dilakukan Bobby karena menyadari pentingnya infrastruktur sebuah klub sepakbola

Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 MWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Dok. Istimewa)

Renovasi stadion Teladan ini dilakukan Bobby karena menyadari adanya pentingnya infrastruktur dalam sebuah klub sepakbola. Artinya sepak bola tak terlepas dari infrastruktur pendukung seperti stadion. Di Medan masyarakat lebih memahami bahwa Stadion Teladan berkaitan erat dengan PSMS Medan.

Oleh karenanya, renovasi ini dilakukan agar memperindah dan kembali menjadi tempat yang lebih layak. Apalagi beberapa kali upaya PSMS untuk menjadi tuan rumah gagal.

Baca Juga: Wali Kota Bobby Janjikan Renovasi Stadion Teladan

2. Pemko Medan telah merencanakan tahun 2022 ini Stadion Teladan akan mulai renovasi total

Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 MWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Dok. Istimewa)

Rencana detail renovasi stadion Teladan dijelaskan Kadispora Kota Medan, Pulungan Harahap. Sejak diserahkan Stadion Teladan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di tahun 2021 lalu, dengan menggunakan anggaran di P-APBD pihaknya sudah merenovasi sebagian kecil Stadion Teladan. Seperti tempat duduk dan ruangan pemain. Untuk di tahun 2022 ini stadion Teladan akan direnovasi besar-besaran.

"Pemko Medan telah merencanakan di tahun 2022 Stadion Teladan akan dimulai rencana renovasi total atau besar-besaran. Hal ini disebabkan karena DED yang lama untuk renovasi Stadion Teladan tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, seperti parkir yang masih diluar. Sebab keinginan pak Wali Kota parkir seharusnya di bawah tanah, seperti rencana di Lapangan Merdeka," jelasnya.

3. Renovasi pembangunan Stadion Teladan diperkirakan capai Rp400 miliar

Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 MPemain PSMS saat uji coba di Stadion Teladan (IDN Times/Hasudungan)

Dijelaskan Pulungan, renovasi pembangunan Stadion Teladan ini memerlukan anggaran yang besar, diperkirakan anggaran mencapai Rp400 miliar. Namun penganggaran akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya dan anggaran berada di Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR).

Pulungan menambahkan sebelum dibuat DED, Pak Wali Kota meminta agar bentuknya di sayembara terlebih dahulu sehingga masyarakat Kota Medan ikut andil dalam renovasi stadion Teladan. Dengan sayembara ini nantinya akan diketahui bagaimana bentuk yang baik menurut masyarakat untuk stadion kebanggaan Kota Medan tersebut.

"Juara dari sayembara tersebut akan diumumkan, kemudian akan menjadi dasar Dinas PKPPR untuk merevitalisasi Stadion Teladan. Sayembara ini akan dilakukan di triwulan pertama," ujar Pulungan.

4. Tahap awal renovasi Stadion Teladan akan dilakukan di triwulan ketiga

Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 MWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Dok. Istimewa)

Pulungan menjelaskan tahap awal renovasi stadion Teladan akan dilakukan di triwulan ketiga, sebab saat ini di triwulan pertama akan dilakukan sayembara, kemudian kajian DED baru tahap selanjutnya dilakukan renovasi.

"Tahap awal renovasi stadion Teladan ditargetkan akan dilakukan di triwulan ketiga," ungkapnya.

Selain merenovasi stadion Teladan, Pulungan menjelaskan Stadion Kebun bunga juga akan direnovasi dan akan dibentuk DED untuk lapangan yang menjadi tempat latihan PSMS. Tentunya renovasi kedua lapangan sepak bola ini merupakan komitmen Bobbydalam membenahi dan memajukan PSMS Medan.

"Stadion Kebun Bunga juga akan direnovasi. Pembentukan DED juga akan melibatkan masyarakat langsung melalui sayembara. Renovasi stadion kebun bunga dilakukan karena lapangan tersebut merupakan tempat latihan pemain PSMS Medan," sebutnya.

5. Bobby juga instruksikan lapangan di setiap kecamatan diperbaiki

Pemko akan Renovasi Total Stadion Teladan Tahun Ini, Biaya Rp400 MWali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Dok. Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Pulungan juga menjelaskan tidak hanya berkomitmen membenahi PSMS melalui renovasi Stadion Teladan dan Stadion Kebun Nunga. 

Menurutnya, Bobby juga memikirkan bibit atau generasi kedepannya untuk cikal bakal pemain PSMS Medan dengan merenovasi lapangan sepak bola yang ada di setiap kecamatan.

"Lapangan sepak bola yang ada di kecamatan selama ini tidak pernah dikucurkan anggaran untuk renovasi. Karena saat ini sudah di bawah kewenangan kami, Pak Wali Kota meminta lapangan tersebut direnovasi sebagai sarana untuk cikal bakal pemain PSMS Medan ke depannya," pungkasnya.

Baca Juga: Jika Bobby Pegang PSMS, Pengusaha Muda Sumut Siap Jadi Calon Investor

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya