Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain Muda

Real Madrid melawan Ajax dianggap sebagai duel klasik

Jakarta, IDN Times - Real Madrid akan bertandang ke markas Ajax Amsterdam pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa, Kamis (14/2) dini hari WIB.

Tampil di Stadion Amsterdam Arena, skuat Los Blancos tentu berambisi mencuri tripoin guna mempermudah jalan mereka di laga kandang pada pertemuan kedua nanti.

Apalagi, Real Madrid sedang dalam performa ciamik menghadapi pertandingan pada fase gugur ini.

Bagaimana tidak, mereka memiliki modal cukup mentereng dengan melewati lima laga tanpa kekalahan di berbagai ajang. Teranyar, mereka berhasil memenangkan derbi bertajuk El Derbi Madrileño, kontra Atletico Madrid pekan lalu dengan skor meyakinkan 1-3.

Baca Juga: Menang di Kandang Manchester United, Ini 3 Rekor Manis Diukir PSG

1. Real Madrid pernah menjadi juara Liga Champions di Amsterdam

Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain Mudatwitter.com/realmadrid

Real Madrid juga memiliki momen emas ketika tampil di Amsterdam. Dua dekade yang lalu, klub yang juga dijuluki Los Galaticos itu mampu merengkuh trofi juara di kompetisi serupa. Tak ayal, itu jadi motivasi tersendiri bagi tim besutan Santiago Solari.

"Kami memiliki ingatan yang luar biasa tentang stadion ini (Amsterdam Arena). Saya harap pada pertandingan besok kita bisa melanjutkannya, kami akan menjalankan laga dengan penuh rasa hormat," kata Solari dalam sesi konferensi pers, Selasa (12/2).

2. Solari kemungkinan turunkan pemain mudanya kembali

Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain MudaMarca

Selain itu, status Real Madrid yang juga sebagai juara Grup G pastinya memberikan motivasi lebih dalam laga kali ini. Sebagaimana diketahui, El Real berhasil jadi juara Grup G dengan membuntuti AS Roma, Viktoria Plzen, dan CSKA Moskow di fase penyisihan.

Pelatih berpaspor Argentina itu juga kemungkinan bakal kembali memercayai pemain mudanya dalam duel kali ini. Hal itu setelah Vinicius Junior dan Sergio Reguillon mampu tampil mengesankan saat diberi keprcayaan oleh Solari di beberapa laga terakhir. Vinicius memang perlahan terus menunjukan potensinya. Bahkan dirinya sudah bisa meminggirkan megabintang Madrid, Gareth Bale. Sedangkan koleganya, Reguillon tak kalah gila tatkala bisa membuat bek kiri, Marcelo, diparkirkan.

3. Thibaut Courtois minta penggawa Real Madrid tampil disiplin

Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain MudaMarca

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, memiliki kepercayaan diri tinggi untuk meraih tripoin dalam laga melawan Ajax kali ini. Dengan catatan, para penggawa Real Madrid diminta tampil disiplin dalam laga nanti.

"Yang paling penting adalah kami bertahan dan menyerang dengan dengan kompak sebagai suatu kesebelasan, dan yang tak kalah penting adalah tampil disiplin," kata Courtois seperti dikutip Marca.

4. Walau sedang dalam performa kurang baik, Ajax harus tetap diwaspadai

Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain Mudatwitter.com/AFCAjax

Di tengah optimisme tinggi Real Madrid, skuat de Godenzonen justru sedang dalam kondisi kurang baik. Dalam lima laga terakhirnya, Ajax hanya mampu meraih dua kemenangan saja. Tentu ini harus jadi fokus perbaikan dari pelatihnya, Erik ten Hag.

Namun demikian, Madrid tak bisa memandang sebelah mata klub raksasa Belanda tersebut. Terlebih, wonderkid mereka, Frenkie de Jong berpotensi memberikan ancaman bagi kubu tamu. Sejarah pertemuan yang menaungi keduanya pun akan jadi bumbu lain yang membuat duel ini lebih istimewa. Namun, duel terakhir berhasil dimenangkan Real Madrid pada Liga Champions 2012/2013 kala mengalahkan Ajax dengan skor 4-1 (kandang) dan 1-4 (tandang).

5. Prakiraan pemain dan head to head

Bertandang ke Markas Ajax, Real Madrid Bakal Turunkan Pemain Mudawww.voetbalzone.nl

Prakiraan pemain:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Lasse Schone; Hakim Ziyech, Kasper Dolberg, Dusan Tadic

Real Madrid (4-3-2-1): Thibaut Courtois; Sergio Reguilon, Sergio Ramos, Raphael Varane, Dani Carvajal; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric; Vinicius Junior, Karim Benzema, Lucas Vazquez

 

Head to head

24/11/2010            Ajax                0-4   Real Madrid  (Liga Champions)
28/09/2011            Real Madrid  3-0   Ajax                (Liga Champions)
08/12/2011            Ajax                0-3   Real Madrid  (Liga Champions)
04/10/2012            Ajax                1-4   Real Madrid  (Liga Champions)
05/12/2012            Real Madrid   4-1  Ajax                (Liga Champions)

Baca Juga: Bawa PSG Taklukkan MU, Mbappe Singgung soal Cavani dan Neymar 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya