Tumbangkan Sada Sumut 1-0, PSMS Juarai Edy Rahmayadi Cup

Gol tunggal Putra Chaniago pastikan kemenangan PSMS

Medan, IDN Times- PSMS Medan berhasil memertahankan gelar juara Turnamen Edy Rahmayadi Cup 2023. Pada final di Stadion Teladan Medan, Rabu (16/8/2023), Ayam Kinantan menumbangkan Sada Sumut FC dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan PSMS diukir Putra Chaniago menit ke-48.

Dengan hasil ini PSMS sukses memertahankan gelar juara yang diraih tahun lalu. 

Baca Juga: Malam Ini Final Edy Rahmayadi Cup, PSMS Vs Sada Sumut: Debut Si Brasil

1. PSMS tampil tanpa Rachmad Hidayat

Tumbangkan Sada Sumut 1-0, PSMS Juarai Edy Rahmayadi CupDuel PSMS kontra Sada Sumut pada final Edy Rahmayadi Cup, Rabu (16/8/2023) (Dok.Istimewa)

Pada laga ini PSMS tampil agresif sejak awal laga. Kali ini pasukan Ridwan Saragih itu kembali menurunkan komposisi terbaiknya. Namun untuk final ini Ridwan tak menurunkan Rachmad Hidayat.

Posisi Rachmad digantikan Defri Rizki didampingi Assanur Rijal 'Torres' dan Putra Chaniago. PSMS langsung menciptakan peluang di menit pertama lewat sontekan Ichsan Pratama yang masih ditepis kiper Karo United Satria Azhar.

Berikutnya PSMS juga tertekan dengan beberapa kans Sada Sumut yang mengandalkan duet Jalesh Putra dan Hanzah Tito di depan. Mereka didukung Kevin Armedya dan Aulia Lubis dari lini kedua.

Beberapa kali duet Azis Hutagalung dan Joko Susilo harus bekerja keras membentengi gawang Abdul Rohim dari serangan Sada Sumut.

Kesalahan bek Sada Sumut Farel Akbar nyaris berbuah fatal setelah bolanya dicuri Putra Chaniago. Namun Satria Azhar kembali gemilang menepis tendangan Putra.

Jelang berakhirnya paruh pertama, Defri Rizki berhasil merangsek ke kotak penalti. Namun aksinya dihentikan Farel Akbar dengan tekel. Wasit tak menganggapnya pelanggaran. Keputusan ini disambut protes kubu PSMS Medan. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

 

Baca Juga: Malam Ini Final Edy Rahmayadi Cup, PSMS Vs Sada Sumut: Debut Si Brasil

2. Kebuntuan dipecahkan Putra Chaniago

Tumbangkan Sada Sumut 1-0, PSMS Juarai Edy Rahmayadi CupDuel PSMS kontra Sada Sumut pada final Edy Rahmayadi Cup, Rabu (16/8/2023) (Dok.Istimewa)

Babak kedua, PSMS langsung menyerang. Baru berjalan tiga menit usai jeda, Putra Chaniago akhirnya berhasil mengoyak jala gawang Sada Sumut.

Berawal dari kesalahan Aidun Sastra, bola direbut Ichsan Pratama. Kemudian dia merangsek ke kotak penalti dan memberikan umpan. Bola disambar Putra Chaniago tapi  berhasil digagalkan Satrio Azhar. Bola liar di kotak penalti menghasilkan kemelut. Putra kembali menyambar bola dan sukses menggetarkan gawang Sada Sumut. 

Sempat beberapa kali terjadi insiden antar pemain kedua klub pada laga panas tersebut. Namun, wasit dan perangkat pertandingan serta ofisial akhirnya bisa menenangkan pemain hingga tak berujung bentrok fisik.

Sada Sumut gagal membalas gol, begitu juga PSMS Medan, tak ada lagi gol tercipta hingga babak kedua berakhir.

 

3. Ridwan Saragih fokus mematangkan kerangka tim

Tumbangkan Sada Sumut 1-0, PSMS Juarai Edy Rahmayadi CupPSMS Medan menjuarai Turnamen Edy Rahmayadi Cup 2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Pelatih PSMS Ridwan Saragih mengaku puas usai menjuarai Turnamen Edy Rahmayadi Cup. Menurutnya ini merupakan upaya mematangkan diri menghadapi Liga 2.

"Kita bersyukur bisa menjuarai turnamen ini. Saya berterima kasih kepada seluruh pemain yang sudah berjuang keras," kata Ridwan.

Menurutnya usai turnamen, dirinya kembali fokus untuk mematangkan kerangka yang ada. Gambarannya tak jauh berbeda dengan tim yang diturunkannya di Edy Rahmayadi Cup.

Liga 2 tinggal 3 pekan lagi. Jadi ini upaya untuk mematangkan kerangka tim. Saya pikir sudah 70-80 persen," pungkas Ridwan.

Baca Juga: Striker Brasil Mateus Toto Sudah Tiba di PSMS, Ini Rekam Jejaknya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya