Sudah Laporkan Persiraja ke PSSI, PSMS Minta Sanksi Tak Cukup Denda

PSMS berharap hukuman yang lebih berat

Medan, IDN Times- Manajemen PSMS langsung melayangkan protes ke PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait kericuhan dan teror penonton di markas Persiraja, Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (18/11/2023) malam usai kedua tim bersua pada lanjutan Liga 2 musim 2023/2024. Tak hanya tertahan di markas Persiraja itu hingga dini hari, tapi juga salah satu pemain PSMS Rachmad Hidayat dipukul.

"Terkait protes ke PSSI, sudah kami lakukan tadi malam langsung berkoordinasi dengan Direktur PT LIB Ferry Paulus beserta admin," kata Chief Operating Officer (COO) PSMS Andry Mahyar Matondang, Minggu (19/11/2023). 

1. PSMS berharap sanksi tak hanya berupa denda

Sudah Laporkan Persiraja ke PSSI, PSMS Minta Sanksi Tak Cukup DendaSkuat PSMS dihujani lemparan botol usai laga kontra Persiraja (dok.PSMS)

Andry mengatakan harus ada efek jera untuk Persiraja atas apa yang terjadi terhadap PSMS. 

"Kita menunggu hari ini komdis terkait kerusuhan dan penyamderaan. Memalukan ada suporter dan pengurus sepakbola yang terlibat dengan penyanderaan ini. Jadi kami pikir harus ada langkah tegas tak cukup dengan denda. Karena ini juga terjadi ke tim-tim lain seperti Sada sebelumnya, Sriwijaya, dan lainnya," tambahnya. 

Ia berharap Komdis PSSI mengeluarkan sanksi berat untuk Persiraja. "Kami pikir tak cukup cuma denda. Harus ada sanksi lain yang diberikan," kata Andry.

Baca Juga: Miftahudin Sebut Pemain PSMS Dipukul dan Dikeroyok di Markas Persiraja

2. Soal pemukulan Rachmad akan didiskusikan dulu untuk langkah hukumnya

Sudah Laporkan Persiraja ke PSSI, PSMS Minta Sanksi Tak Cukup DendaPemain PSMS Rachmad Hidayat diduga dipukul di markas Persiraja usai laga (dok.PSMS)

Sementara itu untuk pemukulan terhadap kapten PSMS Rachmad Hidayat yang diduga dilakukan salah satu unsur manajemen dan panpel, PSMS sudah kantongi buktinya.

"Terkait pemukulan yang diduga dilakukan wakil presiden Persiraja dan salah satu LOC videonya ada sama kita," katanya.

"Untuk langkah hukum privatnya rachmad hidayat yang merupakan ranah pribadi dan akan kita masukkan ke ranah publik," bebernya.

3. PSMS baru bisa kembali ke hotel pukul 01.05 WIB

Sudah Laporkan Persiraja ke PSSI, PSMS Minta Sanksi Tak Cukup DendaDuel Persiraja kontra PSMS Medan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (18/11/2023) (instagram/official_psmsmedan)

Sebelumnya skuat PSMS sempat masih tertahan di ruang ganti stadion dan baru bisa kembali ke hotel pukul 01.05 WIB. Mereka mendapat teror dari penonton.

Dalam video yang beredar, bersumber dari internal PSMS usai peluit panjang para pemain dihujani dengan lemparan botol yang berasal dari tribun penonton. Skuat PSMS juga sempat tertahan di lapangan dan tak bisa memasuki ruang ganti.

Bahkan salah satu pemain PSMS diduga dipukul. Hal itu diungkap Pelatih PSMS Miftahudin Mukson.

"Alhamdulillahnya pemain sudah bekerja keras. Tapi kita lihat sendiri seperti ini. Saya orang Indonesia berusaha memperbaiki sepak bola Indonesia. Tapi kenapa seperti ini," kata Miftahudin.

"Pemain saya ada dikeroyok dipukul di ruang sempit seperti ini. Petugas gak ada. Ini mau perang atau main bola," tambah Miftahudin.

Diketahui laga memang berlangsung panas malam tadi. Kedua tim sebenarnya sama-sama mencetak gol lewat pemain asingnya. Persiraja mencetak gol lebih dulu lewat Toure. Namun wasit mengangkat bendera tanda offside. Hal itu memicu protes keras para pemain Persiraja dan kekecewaan penonton.

PSMS pun begitu. Di pertengahan babak kedua, PSMS mencetak gol lewat Jose Valencia memanfaatkan bola muntah dari tangkapan kiper. Namun ia juga lebih dulu terperangkap offside.

Duel juga berlangsung panas. Beberapa kali pemain dari kedua tim bersitegang dan nyaris adu jotos. Wasit bahkan mengeluarkan 12 kartu kuning dan 1 kartu merah. Masing-masing tim mendapat 6 kartu kuning. Sementara wasit juga mengeluarkan Muammar karena kartu merah.

Dengan hasil ini Persiraja sama-sama mengoleksi 17 poin dengan Semen Padang. Sementara PSMS di urutan ketiga dengan 12 poin.

Baca Juga: [BREAKING] Skuat PSMS Tertahan di Markas Persiraja hingga Larut Malam

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya