Slamet Riyadi Siap Bawa Nusantara United ke Liga 1

Slamet siap kolaborasi dengan Timo

Medan, IDN Times- Klub promosi Mataram Utama telah resmi berganti nama menjadi Nusantara United setelah diakuisisi. Kini klub yang bakal bermarkas di calon Ibu Kota Negara (IKN), Penajam Paser Utara itu menjadi kekuatan baru yang diperhitungkan di kancah Liga 2. 

Nusantara United memercayakan Slamet Riyadi untuk menjadi pelatih kepala. Dia akan bekerja sama dengan Timo Schneumann yang menjabat Direktur Teknik. Seperti apa target Slamet?

1. Awal cerita Slamet dipinang Nusantara United

Slamet Riyadi Siap Bawa Nusantara United ke Liga 1Pelatih Nusantara United, Slamet Riyadi (Dok.Nusantara United)

Slamet menceritakan awal mula dirinya dipinang Nusantara United (NU). Awalnya NU sudah menunjuk Timo sebagai pelatih.

"Awalnya manajemen Nusantara United langsung menghubungi saya menjadi head coach. Saya tidak berpikir dua kali. Tapi sebenarnya mereka sempat tunjuk coach Timo sebagai pelatih. Hanya saja regulasi Liga 2 tidak boleh menggunakan jasa pelatih asing," kata Slamet kepada IDN Times, Sabtu (23/7/2022).

Mantan pemain timnas itu pun siap bekerja sama dengan Timo. "Pastinya kami siap berkolaborasi dengan coach Timo. Karena saya juga tahu kapasitas beliau," tambahnya.

Baca Juga: Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19

2. Targetkan lolos ke Liga 1

Slamet Riyadi Siap Bawa Nusantara United ke Liga 1Slamet Riyadi (IDN Times/Doni Hermawan)

Soal target, meski klub pendatang baru, Nusantara United mematok impian tinggi. Yakni lolos ke Liga 1. Slamet mengaku siap menjawab tantangan dari manajemen.

"Targetnya Liga 1. Saya akan berusaha keras bersama tim untuk itu," katanya.

Slamet tak memungkiri persaingan cukup keras. Namun ia tetap optimis. "Saya melihat kekuatan berimbang. Banyak tim eks Liga 1 yang berambisi kembali. Ada Persipura, Persela, PSMS. Selain itu juga ada tim seperti FC Bekasi yang juga berambisi," bebernya.

Soal pemain incaran, Slamet akan melihat dulu komposisi skuat yang ada. "Mana yang kurang baru kita tambal. Mungkin saja pemain Medan atau daerah lain, itu tak masalah. Tergantung kebutuhan di posisi mana yang kurang," tambahnya.

3. Perjalanan karier kepelatihan Slamet Riadi

Slamet Riyadi Siap Bawa Nusantara United ke Liga 1Slamet Riyadi (IDN Times/Hasudungan)

Slamet Riadi merupakan mantan pemain tim nasional Indonesia yang sudah melanglang buana ke berbagai klub tanah air. Dia merupakan mantan kapten PSMS yang dua kali mengantar tim kebanggaan Medan itu ke semi final Liga Indonesia pada 1999 dan 2001. Dia kemudian berkelana ke PSPS, Persema, Sriwijaya, Persikabo, PSSB Bireuen. 

Karier kepelatihannya dimulai dengan membesut PS Kwarta. Kemudian Slamet juga pernah membesut Pro Duta, PSGL, Banten Jaya, dan teranyar Karo United.

Baca Juga: Derby Tanah Deli Malam Ini, PSDS Termotivasi Tumbangkan PSMS 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya