Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19

Cetak dua gol di ajang AFF U-19

Medan, IDN Times- Langkah Indonesia memang tidak terhenti di fase penyisihan grup AFF U-19. Indonesia kalah produktivitas gol dari Thailand dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi 11 poin.

Namun dari ajang itu mencuat beberapa potensi lokal. Salah satunya anak Sumut yang membela Timnas U-19, Arkhan Fikri. Ia mencetak dua gol dan sejumlah assist di ajang tersebut.

Berikut sederet fakta soal Arkhan Fikri yang mungkin belum kamu tahu.

1. Dididik di Academy Kwarta

Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19Arkhan Fikri saat memerkuat Academy Kwarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Arkhan Fikri adalah pemain jebolan Academy Kwarta, sebuah akademi sepak bola yang bermarkas di Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Dari akademi ini telah lahir berbagai talenta sepak bola yang memperkuat timnas.

Pemain kelahiran Serdang Bedagai, 28 Desember 2004 ini ditempa di akademi ini sejak tahun 2017. 

2. Pemain terbaik Piala Soeratin U-15 saat dipinjam Asahan

Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19Arkhan Fikri bersama Pelatih Academy Kwarta, Amrico (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada tahun 2018, putra dari pasangan Tomy Harno dan Parida Purba itu dipinjamkan memerkuat All Star Rahuning Asahan jadi ajang Piala Soeratin U-15. Saat itu Arkhan tidak hanya membawa All Star Rahuning Asahan juara setelah menaklukkan Persis Solo junior 2-1. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Baca Juga: 2 Pemain Academy Kwarta Dipanggil  Timnas U-18 Ikut TC di Turki

3. Memperkuat Barito U-16 hingga Timnas U-16

Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19Arkhan Fikri, pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Bakat Arkhan Fikri kemudian tercium Barito Putera. Dia dipanggil memperkuat tim Laskar Antasari yang bermain di Pro Elite Academy U-16. Dari situ Fikri kemudian dipanggil memerkuat timnas U-16. Saat itu Timnas U-16 Indonesia asuhan pelatih Bima Sakti dipersiapkan mengikuti Piala Asia 2021. Namun AFC telah mengumumkan ajang tersebut ditunda hingga tahun 2023 karena pandemik.

Selain itu Fikri juga sempat mengalami cedera. Dia harus beristirahat 7 bulan. 

4. Fikri kembali terpilih saat ikut seleksi timnas U-18 dan bersinar di AFF U-19

Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19Gelandang Timnas U-19, Arkhan Fikri (Dok.PSSI)

Saat cedera, Fikri kembali ke Academy Kwarta. Dia memulihkan kondisinya hingga sehat 100 persen. Namun jodohnya dengan timnas kembali terwujud. Dia dipanggil seleksi timnas U-18 yang berada di bawah proyeksi Shin Tae-Yong. 

Fikri pun dipanggil memerkuat Timnas di ajang Toulon Cup di Prancis hingga AFF U-19 2022 di Bekasi, Jawa Barat. Fikri bersinar di ajang tersebut dengan mencetak 2 gol dan sejumlah assist. Termasuk gol berkelas ke gawang Myanmar di laga penyisihan terakhir. Sayangnya langkah Garuda Nusantara terhenti. 

5. Dikontrak Arema FC 5 tahun

Sederet Fakta Arkhan Fikri, Jebolan Academy Kwarta di Timnas U-19Arkhan Fikri saat dikenalkan sebagai pemain baru Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Arkhan Fikri juga akan segera memulai karier profesionalnya di Liga 1. Dia dikontrak tim besar Arema FC. Tak tanggung Singo Edan mengontraknya 5 tahun. Itu salah satu kontrak terpanjang untuk pemain Indonesia. 

Baca Juga: Kembali ke PSMS, Joko Susilo Ingin Tebus Kegagalan Musim Lalu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya