PSMS Tumbangkan Bintang Kejora, Putu Gede Uji 2 Taktikal Berbeda

PSMS masih butuh lawan uji coba lagi

Medan, IDN Times- PSMS Medan akhirnya menggelar uji coba untuk menguji persiapan menghadapi lanjutan Liga 2 musim 2022/2023. Menghadapi tim lokal, Bintang Kejora, pasukan I Putu Gede meraih kemenangan 5-0 di Stadion Mini Pancing, Medan, Sabtu (31/12/22).

Ini menjadi laga uji coba pertama PSMS setelah kembali menggelar pemusatan latihan dua pekan terakhir. 

1. Turunkan dua tim berbeda di babak pertama dan kedua

PSMS Tumbangkan Bintang Kejora, Putu Gede Uji 2 Taktikal BerbedaDuel PSMS dengan Bintang Kejora pada uji coba di Stadion Mini Pancing, Sabtu (31/12/2022) (Dok.Humas PSMS)

Pada laga itu, Putu Gede menurunkan dua tim berbeda. Paruh pertama, Putu Gede mengandalkan duet Ahmad Ihwan dan Dian Sasongko di depan. Mereka didukung Krisna, Ichsan Pratama, Hari Habrian dan Didik Haryanto dari tengah. Sementara di belakang Putu menurunkan kuartet Joko Susilo, Andri Muladi, M Fardan Harahap, Hamdi Sula membentengi gawang Abdul Rohim.

Dominasi PSMS terlihat. PSMS sudah unggul cepat 3-0 lewat gol Ihwan, Didik dan Andri, meski dipertengahan babak, Rohim digantikan Habbi Ilyasa.

Di babak kedua, PSMS mengganti seluruh pemain mereka dengan menurunkan Adixi Lenzivio di bawah mistar, Andre Sitepu, Imam Mahmudi, Supardi Nasir, Ahmad Bustomi, Sandeni Sidabutar, Ricat Turnip, Iman Budi, Nico Malau serta dua pemain muda Ikhsan Can dan Reyki.

Kendati PSMS sedikit menurunkan tempo di babak kedua, namun mereka tetap menunjukkan determinasi dan dominasinya atas lawannya serta mengganti Adixi dengan Aditya Ramadhan, terbukti mereka sukses menambah dua gol lagi lewat Reyki dan Nico Malau.

Baca Juga: Tunggu Jadwal Liga 2, Putu Gede Jaga Motivasi Pemain PSMS

2. Putu uji dua taktikal berbeda pada laga itu

PSMS Tumbangkan Bintang Kejora, Putu Gede Uji 2 Taktikal BerbedaPelatih PSMS, I Putu Gede Dwi Santoso (IDN Times/Doni Hermawan)

Untuk persiapan menghadapi kompetisi, I Putu Gede mulai menguji taktikal. "Kita tak melihat hasil akhir ya, karena kita menekankan kepada pemain tentang taktikal yang berbeda. Ada dua taktikal yang berbeda kita lakukan, meski ada kontraproduktif tadi," bebernya.

Putu bersyukur timnya bisa menggelar uji coba di tengah banyaknya tim yang meliburkan diri. Terutama Liga 3 karena belum ada kejelasan kompetisi.

"Bersyukur uji coba ini bisa berjalan (terlaksana), karena begitu sulitnya mencari tim lawan di kondisi seperti ini. Kami ucapkan terima kasih kepada tim Bintang Kejora sudah mau melayani kita juga," ucap Putu.

3. Putu soroti performa pemain di babak kedua

PSMS Tumbangkan Bintang Kejora, Putu Gede Uji 2 Taktikal BerbedaDuel PSMS dengan Bintang Kejora pada uji coba di Stadion Mini Pancing, Sabtu (31/12/2022) (Dok.Humas PSMS)

Dari laga ini, Putu melihat ada perbedaan performa di babak pertama dan kedua. Khususnya di babak kedua, mantan pelatih PSS Sleman ini menyoroti performa pemainnya.

"Di babak pertama kita coba, lumayan lah. Yang di (babak) kedua tinggal sedikit pemahaman ada beberapa pemain yang harus lebih meningkatkan kualitas dan intelegensinya," tambahnya.

Putu mengaku timnya masih butuh beberapa uji coba lagi. Masih ada waktu dua pekan jika memang kompetisi Liga 2 jadi dilanjutkan 14 Januari 2023 mendatang.

"Ada beberapa uji coba lagi, mungkin sekitar dua lagi. Namun tentu kita lihat tim (lawan) yang siap juga. Kita cari lewat rekomendasi dari Coach Legimin untuk mencari yang siap. Lebih cepat lebih baik," pungkasnya.

Baca Juga: PSMS Medan Butuh Lawan Uji Coba Hadapi Lanjutan Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya