PSMS Ternyata Sudah Pulangkan Striker Brasil Mateus Toto karena Cedera

PSMS masih berburu pemain asing

Medan, IDN Times- PSMS Medan dipastikan tak memakai jasa striker asing asal Brasil Mateus Toto untuk menghadapi Liga 2 musim 2023/2024. Ia tak jadi dikontrak dan dipulangkan ke negara asalnya.

Direktur Teknik dan Pembinaan PSMS Andry Mahyar Matondang membenarkan soal dipulangkannya Mateus Toto. "Jadi hasil medical checkup dia ACL (cedera), jadi belum dikontrak. Dipulangkan," kata Andry saat dihubungi IDN Times, Kamis (24/8/2023).

1. PSMS sudah memulangkan tiga pemain asing

PSMS Ternyata Sudah Pulangkan Striker Brasil Mateus Toto karena CederaHiroya Konno, pemain asing asal Jepang yang saat debut bersama PSMS Medan di Edy Rahmayadi Cup (Dok.Media PSMS)

Dengan dipulangkannya Toto, PSMS sudah memulangkan tiga pemain asing. Sebelummya PSMS juga tak memakai jasa Hiroya Konno asal Jepang, dan Carlos Lomba asal Portugal. Seperti Toto, Lomba juga punya riwayat cedera.

Sementara Hiroya sempat diturunkan di Turnamen Edy Rahmayadi Cup, namun dianggap tak memenuhi ekspektasi. Mateus Toto sempat dispekulasikan akan tampil di final, namun ternyata dipulangkan.

Andry mengatakan meski kompetisi sudah dekat PSMS sudah menjalin komunikasi dengan beberapa pemain asing. "Ada kejutan-kejutan yang kita siapkan," beber Andry.

Baca Juga: PSMS Berharap Masih Bisa Pakai Stadion Teladan untuk Liga 2

2. Pelatih tak mau asal rekrut karena target PSMS promosi ke Liga 1

PSMS Ternyata Sudah Pulangkan Striker Brasil Mateus Toto karena CederaPelatih PSMS Ridwan Saragih saat uji coba kontra PS Taruna Satria di Stadion Teladan Medan, Rabu (26/7/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Pelatih PSMS Ridwan Saragih mengatakan pihaknya tak mau asal beli pemain asing. Hal itu menjadi alasan hingga saat ini Ayam Kinantan belum mengontrak pemain asing meski kompetisi sudah semakin dekat. 

"Suporter juga harus tahu, kita serius mendatangkan pemain asing. Sebelumnya ada Hiroya Konno, Lomba dari Portugal, yang ketiga dari Toto dari Brasil. Hanya saja ada kriteria saya sebagai pelatih. Kualitas dan attitude. Kenapa saya tidak berkenan? Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa kita rekrut. Medical check up, dan kualitas. Pemain asing minimal betul-betul bisa mendukung PSMS untuk lolos liga 1," kata Ridwan. 

3. Pelatih cari pemain asing yang bermain di level atas kompetisi

PSMS Ternyata Sudah Pulangkan Striker Brasil Mateus Toto karena CederaDuel PSMS kontra Sada Sumut FC pada laga penyisihan terakhir Edy Rahmayadi Cup, Senin (14/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Ridwan mengatakan PSMS sudah menjalin komunikasi dengan beberapa pemain asing. Pemain yang akan datang rencananya dari Asia dan Amerika Latin. "Kita komunikasi banyak, tapi fokus ke 2 orang. Satu tengah satu striker. Tengah dari Asia, kalau depan kemungkinan Amerika Latin Brasil atau Argentina," kata Ridwan.

"Belum sampai (pemain asing), tapi kita juga sudah proses. Pemain asing yang akan datang ini harus bermain di level atas negaranya. Jadi gak asal-asalan," pungkas Ridwan.

Baca Juga: PSMS Masuk Grup 1, Ini Rival-rivalnya di Liga 2 Musim 2023/2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya