PSMS Lawan Persib B, Gurning Siapkan Senjata Cadangan Lini Depan

Minta fokus di babak pertama

Medan, IDN Times - PSMS akan menjamu Blitar United (Persib B) pada pekan ke-6 Liga 2 2019. Bermain di Stadion Teladan, Jumat (19/7), tuan rumah PSMS jelas diunggulkan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.

Pelatih PSMS, Abdul Rahman Gurning mengingatkan para pemain agar tetap fokus menjalani setiap menit pertandingan. Pasalnya, laga kandang memang sudah sewajibnya diakhiri dengan kemenangan.

Baca Juga: PSMS Kehilangan Al Hadji, Dua Pemain Ini Siap Jadi Opsi Pengganti

1. Babak pertama jadi kunci

PSMS Lawan Persib B, Gurning Siapkan Senjata Cadangan Lini DepanDok.IDN Times/istimewa

Untuk itu, Gurning ingin anak asuhnya fight dengan bermain sesuai instruksi yang dia inginkan. "Saya ingatkan anak-anak, agar hati-hati. Jangan sampai kecolongan di babak pertama karena itu kunci. Kalau bisa cetak gol terlebih dahulu," kata dia.

Namun tidak mudah. Gurning tahu lawannya punya kualitas. Kendala juga dialami tim karena tidak bisa diperkuat bek Al Hadji. Opsi memainkan Wira Satria atau Andre Sitepu pun harus diambil.

2. Menanti pembuktian Tambun Naibaho

PSMS Lawan Persib B, Gurning Siapkan Senjata Cadangan Lini DepanDok.IDN Times/istimewa

Urusan cetak gol, Gurning memang ingin anak asuhanya melakukan itu di babak pertama. Ilham Fathoni dibantu Natanael Siringoringo kemungkinan tetap jadi andalan sejak awak. Namun bila macet, Gurning sudah punya pilihan.

Menurunkan Tambun Naibaho akan dilakukannya. Pasalnya, performa eks penyerang Semen Padang dan PSS Sleman itu menunjukkan grafik meningkat selama latihan. Bila diturunkan, tentu akan menjadi debut dia musim ini bersama PSMS.

"Aldino masih cadangan, tapi ada Tambun Naibaho yang belakangan lebih agresif. Dia cukup kerja keras selama latihan. Jadi dia akan saya siapkan bila babak pertama serangan tumpul. Saya yakin dia akan fight. Dia akan membuktikan itu," sambungnya.

3. Aldino absen

PSMS Lawan Persib B, Gurning Siapkan Senjata Cadangan Lini DepanIDN Times/istimewa

Penyerang Aldino Herdianto dipastikan absen pada laga ini. Keram otot menjadi penyebab utama eks Mitra Kukar ini akan parkir selama sepekan.

Tanpa Aldino, mestinya PSMS tak terlalu cemas. Namun fakta menyebut, Aldino tetaplah penyerang utama PSMS meski dua laga terakhir harus duduk di bench mengingat performanya menurun, lalu di sisi lain aksi Ilham Fathoni mampu menutupi macetnya gol dari lini depan.

"Aldino cedera saat latihan pagi, tumpuan kaki kirinya tidak tepat. Jadi cedera di otot betisnya. Setelah pemeriksaan, seminggu dia diminta istirahat,” tambah Edy Syahputra, asisten pelatih.

Dia menjelaskan, Aldino memang sempat dicadangkan tapi itu murni bagian dari strategi. Di saat bersamaan juga, berat badan Aldino sempat overweight sehingga membuat geraknya sedikit lamban. “Namun, setelah dipress dengan latihan, Aldino sekarang sudah ideal. Tapi dia kemudian dapat cedera, jadi istirahat dulu,” jelasnya.

Baca Juga: Pemain PSMS Dapat Bonus Usai Lawan Cilacap, Mulyadi: Jumlahnya Rahasia

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya