Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke Semifinal

Semifinal kedua kali beruntun The Reds

FC Porto memang bukan lawan sepadan untuk Liverpool. Berniat revans pada leg II perempat final Liga Champions, justru Liverpool yang menang telak di Estadio da Dragao dengan skor telak 4-1, Kamis (18/4) dini hari.

Liverpool di atas angin sejak awal laga. Modal kemenangan 2-0 di Anfield membuat Liverpool lebih percaya diri. Hasilnya Liverpool unggul lewat gol Sadio Mane menit ke-26. Gol ini sempat dianulir karena offside.

Gol berikutnya baru tercipta di babak kedua. Adalah Mohamed Salah yang mencetak gol menit ke-65. Porto coba menghidupkan asa lewat Eder Militao menit ke-69. Namun Liverpool menghukum lagi Porto lewat dua gol Roberto Firmino menit le-77 dan Virgil van Dijk menit ke-84.

Berikut beberapa fakta menarik di balik lolosnya Liverpool.

1. Liverpool menang 8 kali beruntun

Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke SemifinalReuters

Liverpool sudah menemukan lagi bentuk terbaiknya. Mereka menang di 8 kali beruntun semua kompetisi. Selain itu Liverpool telah memainkan sepuluh pertandingan dua leg Eropa di bawah Klopp dan memenangkan semuanya.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester United

2. Semifinal ke-11 Liverpool di Eropa

Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke SemifinalReuters

The Reds lolos ke semifinal Piala Eropa ke-11 dan kedua berturut-turut – mereka belum pernah mencapai semifinal tiga musim berturut-turut. Ini menjadi semifinal kedua Liverpool secara beruntun di ajang Liga Champions di bawah asuhan Juergen Klopp.

“Ini pertama kalinya saya akan bermain melawan Barcelona yang jauh dari laga persahabatan. Jadi saya menantikan hal itu,” ungkap Klopp, mengutip dari laman resmi UEFA.

3. Liverpool tajam di lima laga terakhir dan rekor Mane

Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke SemifinalReuters

Liverpool semakin produktif. Dalam lima laga terakhir mereka telah mencetak 13 gol. Selain itu penyerang Liverpool, Sadio Mané juga sangat produktif dengan mencetak sepuluh gol dalam sepuluh penampilan terakhirnya di babak sistem gugur.

4. Mohamed Salah akhiri paceklik gol di UCL

Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke SemifinalReuters

Setelah kembali mencetak gol di Premier League, Mohamed Salah menemukan lagi ketajamannya. Pemain Mesir itu akhirnya mencetak gol perdananya di ajang Liga Champions. Terakhir kali pemain asal Mesir ini mencetak gol saat hadapi Napoli 11 Desember 2018

5. Liverpool merusak rekor Porto

Porto Bukan Tandingan Liverpool, Ini Fakta Lolosnya ke SemifinalReuters

Sebelumnya Porto tak terkalahkan di kandang dalam 22 pertandingan kandang kompetitif terakhir mereka. Namun rekor itu dicoreng Liverpool.

“Saya pikir itu tidak adil: kami tidak pantas keluar dari Anfield dengan selisih dua gol. Hari ini kami tahu itu mungkin, kami menyiapkan strategi yang saya pikir tepat, dan pada awalnya kami melakukannya dengan baik di semua level. Satu kali lawan kami memasuki area penalti kami, itu adalah gol,” keluhnya.

Baca Juga: Manchester City Tersingkir, Sejarah Tottenham, Simak 5 Fakta Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya