Comscore Tracker

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad Rifqi

Ke mana Rifqi berlabuh selanjutnya?

Medan, IDN Times - Sebuah kabar mengejutkan hadir dari PSMS. Muhammad Rifqi dipastikan tidak akan memperkuat PSMS musim 2021 ini. 

Rifqi mengurai kalimat perpisahan di akun instagram resminya, Selasa (23/3/2021).  "Terimakasih sebesar besarnya atas kesempatannya untuk bisa memakai jersey yg memang sudah saya cita cita kan dari kecil walau cuma hanya sekali.Mungkin tahun ini saya belum dipercaya untuk menggunakan jersey ini lagi ,tapi sampai kapanpun saya tetap akan menjadi pecinta dan pendukung setia PSMS Medan dimanapun MEDANNYA," tulis Rifqi di akun instagram @mhdrifqi5.

Ke mana Rifqi berlabuh? Berikut 5 fakta seputar M Rifqi.

1. Mengawali karir di Pro Duta FC

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad RifqiBek PSMS M Rifki usai mencoblos (Dok.IDN Times/istimewa)

Muhammad Rifqi adalah pesepak bola kelahiran 6 Februari 1993. Dia menimba ilmu di SSB Tasbi ketika kecil. Kemudian saat remaja mengasah kemampuan olah bolanya di Akademi Sepak Bola Medan United (ASMU).

Tahun 2011, Rifqi memulai karir profesionalnya dengan memperkuat Pro Duta FC yang bermain di Divisi Utama Liga Indonesia. Selama 4 tahun, bersama para alumni ASMU lainnya seperti Rachmad Hidayat dan Ghozali Siregar, dia memperkuat klub milik Sihar Sitorus tersebut.

2. Tahun 2015 mulai berkelana memperkuat klub-klub-klub Liga 1

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad Rifqiinstagram/mhdrifqi5

Rifqi kemudian mulai berkelana ke klub-klub luar Medan sejak 2015. Saat itu dia memperkuat Persegres Gresik yang dibesut Liestiadi di kompetisi kasta teratas. Namun sayangnya kompetisi berhenti saat baru memainkan tiga laga karena konflik Menpora dan PSSI.

Tapi Rifqi tetap bertahan di klub tersebut selama 2 tahun hingga 2017 hijrah ke Barito Putra. Dia memperkuat Laskar Antasari selama 2 musim.

Baca Juga: Firman Septian Batal Gabung PSMS, Ini Sosok Penggantinya

3. Rifqi bisa bermain di tiga posisi

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad Rifqiinstagram/mhdrifqi5

Rifqi kemudian hijrah ke Semen Padang pada 2019. Saat itu Semen Padang masih berada di Liga 1. Namun akhirnya harus turun kasta ke Liga 2 hingga saat ini.

Rifqi banyak diminati karena serba bisa. Selain sebagai bek tengah, dia dulunya sering ditempatkan sebagai bek kanan. Rifqi punya kemampuan menyerang dan bertahan yang sama bagus. Dia juga beberapa kali mencetak gol meski berposisi sebagai pemain bertahan. Dia mencetak 4 gol sepanjang karir di Liga 1.

4. Tahun 2020 berjodoh dengan PSMS, tapi kompetisi dihentikan

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad RifqiM Rifqi saat berlatih di PSMS (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebagai anak Medan, Rifqi punya keinginan memperkuat PSMS Medan, klub kota kelahirannya. Akhirnya dia berjodoh dengan PSMS tahun 2020 lalu. Saat itu Rifqi tak mempermasalahkan status PSMS di kasta kedua.

Apalagi tahun itu bek bertinggi 180 cm ini ingin menikah sehingga memilih pulang ke Medan. Sayangnya, baru turun satu laga kontra KS Tiga Naga, kompetisi dihentikan karena pandemik COVID-19. 

5. Namanya tak ada dalam 18 pemain yang dikontrak di tahap awal

Pamit dari PSMS Medan, Ini 5 Fakta Soal Muhammad RifqiBek PSMS M Rifki (IDN Times/Doni Hermawan)

Rifqi sebelumnya memang tak termasuk pemain yang masuk 18 pemain yang dikontrak. Itu karena belum dealnya negosiasi. 

Namun beberapa hari belakangan muncul kabar baik dari komentar Manajer PSMS Mulyadi Simatupang dan Rifqi soal adanya kesepakatan. 

Baca Juga: David Maulana dan 5 Pemain Ini Tak Dikontrak PSMS, Ini Alasannya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya