Comscore Tracker

Napoli akan Ubah Nama Stadion Jadi San Paolo-Diego Maradona 

Maradona persembahkan 2 scudetto untuk Napoli

Bagi Orang Naples, Italia, Diego Armando Maradona adalah segalanya. Dia sosok yang gak akan dilupakan oleh para Napolitano, julukan penduduk Naples, fans dari SSC Napoli. Lima gelar diberikannya untuk Napoli, termasuk 2 gelar Serie A.

Prestasi yang belum bisa diraih lagi Napoli hingga kini. Maka, ketika kabar kematian legenda mereka tersiar, Naples dirundung duka mendalam. 

Setelah memesiunkan nomor 10 sejak lama, kali ini penghormatan lain akan diberikan Napoli. Yakni nama Stadion San Paolo akan ditambah menjadi San Paolo-Diego Maradona.

1. Presiden Napoli mengatakan sedang memikirkan ide mengubah nama stadion

Napoli akan Ubah Nama Stadion Jadi San Paolo-Diego Maradona pixabay.com/jorono

Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, mengatakan saat ini mereka bersedia untuk mengubah nama stadion untuk penghormatan kepada Maradona.

"Ini bisa menjadi ide untuk menamai Stadion San Paolo-Maradona, itu sesuatu yang sedang kami pikirkan," kata De Laurentiis kepada RMC Sport.

Sebenarnya ide ini sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Tapi ada undang-undang Italia melarang penamaan gedung publik setelah seseorang meninggal kurang dari 10 tahun.

Sementara itu Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano telah mengonfirmasi jika Stadion San Paolo dipastikan berubah nama. "Dipastikan. Stadion Napoli San Paolo akan diubah namanya untuk penghormatan untuk Diego Armanda Maradona," tulis Romano di akun twitternya.

Baca Juga: Maradona dan Kisahnya dengan Publik Naples di Piala Dunia 1990

2. Diego Maradona 7 musim memperkuat I Partenopei

Napoli akan Ubah Nama Stadion Jadi San Paolo-Diego Maradona instagram.com/nostalgia_sscnapoli/

Maradona datang ke Naples dengan ekspektasi tinggi. Dua tahun memperkuat Barcelona, Maradona sempat frustasi karena menjadi sasaran tekel bek-bek lawan.

Ekspektasi mereka dijawab si boncel. Maradona mempersembahkan gelar-gelar yang belum pernah diraih Napoli sebelumnya. Dua gelar Serie A dan satu gelar Piala UEFA diraihnya. Begitu juga Coppa Italia dan Super Italia.

Tapi kebersamaan Maradona dengan Napoli berakhir di tahun 1991. Ketika itu Maradona gagal lolos tes narkoba. Dia disanksi 15 bulan.

3. San Paolo adalah rumah kedua Maradona, bahkan saat dia datang sebagai lawan di Piala Dunia 1990

Napoli akan Ubah Nama Stadion Jadi San Paolo-Diego Maradona theguardian.com

Tahun 1990, Maradona pernah datang sebagai musuh. Yakni saat membawa Argentina menghadapi tuan rumah Italia dan pertarungan itu digelarnya di San Paolo. Bagaimana sambutan fans di sana?

Fans Napoli menyambutnya dengan hangat. Maradona bahkan sempat mengeluarkan pernyataan kontroversi soal penduduk Naples yang kurang dianggap di Italia karena berada di Selatan.

Tapi San Paolo tetap mendukung Italia sore itu tanpa menghujat sang legenda. Sebuah spanduk yang terpasang di tribun atas seolah menggambarkan sikap seisi kota atas pernyataan Maradona. "Diego, kau selalu ada di hati kami – tapi Italia adalah tanah air kami!."

Bahkan saat lagu kebangsaan Argentina berkumandang dari pengeras suara, 60 ribu orang yang memadati Stadion San Paolo mendadak hening penuh rasa hormat. Padahal di laga-laga sebelumnya banyak fans mencemooh lagu Himno Nacional Argentino. Maradona akhirnya membawa Argentina menang lewat adu penalti.

Baca Juga: Ungkapan Kesedihan Napoli Mengenang Diego Maradona

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya