Comscore Tracker

Membanggakan, Pemain Berdarah Batak Ini Gabung Klub di Liga Spanyol

Mulai bermain Agustus mendatang

Medan, IDN Times - Satu persatu pemain muda Indonesia berkiprah di daratan Eropa. Setelah Egy Maulana Vikri di Polandia dan Firza Andika di Belgia, kini dua remaja lainnya menyusul.

Salah satu pemain berdarah Batak yakni Helmy Putra Damanik dan rekannya Muhammad Reza Kusuma yang akan berkarir di Liga Spanyol. Mereka akan membela Klub Cristo Atletico B yang bermain di kasta keempat kompetisi di Spanyol atau yang biasa disebut Tercera B Division. Kompetisi tersebut akan dimulai Agustus mendatang.

Baca Juga: Pelatih PSMS Kepincut 2 Stoper Baru, Bakal Ada Pemain yang Terbuang

1. Berawal dari Divisi Honor, kasta tertinggi Liga Spanyol U-19

Membanggakan, Pemain Berdarah Batak Ini Gabung Klub di Liga SpanyolIDN Times/istimewa

Helmi dan Reza mengawali kiprah di CI de Amistad yang bermain Divisi Honor musim lalu. Selama di sana, pemain kelahiran Tahun 2000 itu mendapatkan arahan Juan Chopper Carlos yang merupakan pemilik dari akademi Palencia Junior College. Akademi tersebut mempersiapkan anak-anak dari luar Spanyol agar bisa beraklamatisasi dan beradaptasi dengan iklim, budaya, dan bahasa Spanyol dengan sangat baik.

Helmy dan Reza mampu membuktikan diri bersaing dengan anak-anak di Spanyol. Bahkan mereka mampu mencetak gol-gol penting saat bermain di kompetisi tersebut. Helmy membuat gol ketika melawan Santa Marta, klub yang berlokasi di sekitar Madrid.

Sementara Reza berrhasil membuahkan gol dan membawa timnya memenangkan pertandingan. Gol itu dicetak ketika melawan Rayo Vallecano, klub besar yang juga ada di Segunda B dan berasal dari Kota Madrid. Penampilan apik keduanya pun mampu memikat Cristo Atletico B.

2. Bermain di Eropa melalui program Vamos Indonesia

Membanggakan, Pemain Berdarah Batak Ini Gabung Klub di Liga SpanyolIDN Times/istimewa

Program Vamos Indonesia sudah ada sejak 2017 lalu. Program yang digagas oleh insan pemerhati sepakbola ini sudah 8 anak berbakat Indonesia yang berlatih dan bermain di Liga Spanyol. Bahkan 4 anak Vamos Indonesia yang telah mengantongi kartu Ficha sebagai syarat bisa bermain di kompetisi Liga professional Spanyol, seperti Division Honor.

Direktur Vamos Indonesia, Merdi Sofyansyah, berharap agar Helmy dan Reza mampu kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya di Liga Spanyol. Merdi optimistis keduanya bisa menjadi masa depan sepakbola Indonesia.

"Semoga apa yang mereka tunjukkan saat bermain di Divisi Honor, mampu mereka tunjukkan kembali saat membela Cristo Atletico B," sebutnya.

3. Gerbang bagi anak Indonesia lainnya

Membanggakan, Pemain Berdarah Batak Ini Gabung Klub di Liga SpanyolIDN Times/istimewa

Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan mengaku bangga dengan apa yang diraih Helmy dan Reza saat ini. Menurutnya, itu akan menjadi pintu masuk bagi anak Indonesia lainnya untuk kembali menembus pentas sepakbola Eropa.

"Helmy dan Reza mampu membuktikan bahwa anak Indonesia mampu bersaing di level internasional. Jika kesempatan itu diberikan dan mereka memiliki kemauan," ujar Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan, Senin (6/5).

"Tentunya, ini menjadi catatan penting bagi program Vamos Indonesia, bahwa anak Indonesia itu sanggup dan mampu jika diberikan kesempatan dan diberikan persiapan yang bagus baik termasuk makanan yang bagus, nutrisi, cara hidup dan cara berpikir serta intelejensia bermain di sepak bola modern," katanya.

4. Pesan orangtua jangan tinggalkan ibadah

Membanggakan, Pemain Berdarah Batak Ini Gabung Klub di Liga SpanyolIDN Times/istimewa

Makmur Karim Damanik, ayah dari Helmy pun mengirimkan doa terbaik untuk putranya. Dia berpesan agar Helmy tetap rendah hati meski kini bermain di Eropa.

"Alhamdulillah. Semoga anak-anak bisa berlatih lebih keras lagi untuk bisa menembus kasta yg lebih tinggi," kata Makmur Karim.

"Tetap jaga stamina dan harus disiplin. Terpenting jangan besar kepala dan jangan pernah meninggalkan ibadah. Kesuksesan itu butuh perjuangan, jadi jangan lupa bersyukur slalu," pesan sang ayah.

Baca Juga: Sumut Tatap Serius Jelang Kejurnas Kick Boxing di Bandung

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You