Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester United

Messi sampai berdarah-darah

Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 atas Manchester United pada leg I perempat final Liga Champions di Stadion Old Trafford, Kamis (11/4) dini hari. Satu-satunya gol La Blaugrana lahir lewat gol bunuh diri bek MU, Luke Shaw.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Barcelona untuk menghadapi laga away berikutnya di kandang. Laga itu cukup keras. Bahkan Lionel Messi sampai harus mengeluarkan darah dan memar di wajahnya usai berduel dengan Chris Smalling.

Berikut ini beberapa fakta menarik di balik kemenangan Barcelona.

1. MU tak mencatat tembakan ke gawang

Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester Unitedtwitter/Manutd

MU tak mencatat satu pun shot on goal di laga kontra Barcelona. Ini pertama kalinya Manchester United gagal melakukannya setelah tahun 2005. Ketika itu MU kalah dari AC Milan.

"Kami bermain melawan tim yang hebat. Ini sulit, kami akan pergi ke sana dengan pengetahuan kami bisa mencetak gol di sana. Kami pergi ke sana dengan satu hal di pikiran saya, kami harus mencetak gol," kata Solskjaer kepada BT Sport.

Baca Juga: Bukan Mustahil, Ini 4 Cara Manchester United Bungkam Barcelona

2. Kemenangan pertama Barcelona di Old Trafford

Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester Unitedtwitter/fcbarcelona

Sepanjang sejarah bermain di Old Trafford, Barca sulit meraih kemenangan. Kemenangan itu menjadi pertama kalinya Barcelona menang di markas MU.

Hal ini pun disyukuri Ernesto Valverde. "Saya senang dengan performa tim malam ini. Kami kepayahan beberapa kali. Tetapi untuk juara, Anda harus menderita," ujar Valverde kepada Football Espana.

3. Barcelona menang di empat stadion berbeda

Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester Unitedtwitter/Manutd

Kemenangan tersebut membuat Barcelona meraih kemenangan di empat stadion berbeda dari MU. Sebelummya Barcelona menumbangkan MU di Camp Nou, Olimpico, dan Wembley. Di Wembley terasa spesial karena itu tersaji di final Liga Champions 2011/2012. Ketika itu Barcelona menang 3-1.

4. MU raja gol bunuh diri

Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester UnitedTwitter/@simplyUtd

Ada rekor buruk lagi bagi MU setelah Luke Shaw mencetak gol bunuh diri. Itu menjadi gol bunuh diri ke delapan untuk Setan Merah di Liga Champions. Paling banyak dibanding tim-tim lainnya. Tapi sama dengan Real Madrid.

Di musim Liga Champions yang sama, MU juga sempat kecolongan gol bunuh diri Phil Jones saat MU tumbang dari Valencia 1-2.

5. Suarez masih puasa gol di Liga Champions

Lima Fakta di Balik Kemenangan Barcelona atas Manchester Unitedtwitter/championsleague

Meski turut andil atas gol bunuh diri yang diciptakan Shaw, Luis Suarez musim ini belum membuka rekening golnya di Liga Champions. Padahal striker Uruguay itu cukup banyak melepaskan tembakan dengan 33 tembakan. Selain itu El Pistolero sudah tak mencetak gol dalam 17 laga tandang UCL.

Baca Juga: Lawan Tim Under Dog, 3 Alasan Barca Bisa Menang Mudah di Old Trafford

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya