Kemenangan atas Semen Padang Sore Ini akan Antar PSMS ke-12 Besar

Duel sore ini di Stadion Baharoeddin Siregar

Medan, IDN Times- PSMS Medan berpeluang besar lolos ke babak 12 Liga 2 musim 2023/2024 pekan ini. Syaratnya Ayam Kinantan harus membungkam Semen Padang di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubukpakam, Jumat (1/12/2023) sore nanti.

Itu karena kekalahan PSPS Riau malam tadi membuat PSMS secara matematis tak akan terkejar lagi oleh para rivalnya untuk rebut tiket tiga besar. 

1. Bukan misi mudah, Semen Padang punya statistik apik

Kemenangan atas Semen Padang Sore Ini akan Antar PSMS ke-12 BesarPelatih Semen Padang Defriadi dan bek Wiganda Pradika (IDN Times/Doni Hermawan)

PSMS saat ini berada di peringkat 3 klasemen grup 1 dengan 15 poin. Kemenangan membuat mereka mengoleksi 18 poin dengan 2 laga sisa. Sementara Sriwijaya mengoleksi 13 poin juga dengan 1 laga sisa. PSPS sendiri di urutan 5 dengan koleksi poin 10 dan 2 laga sisa juga tak bisa menjangkau peringkat 3 lagi jika PSMS menang sore nanti.

Namun bukan misi mudah. Semen Padang punya statistik apik sebagai tim tersubur Liga 2 Grup 1 dengan jumlah melesakkan 18 gol dan kemasukan 7 gol. Striker asingnya asal Nigeria Kenneth Ngwoke menyandang status topskor sementara Liga 2 dengan mengoleksi 8 gol dari 7 penampilannya.

Semen Padang juga sudah lolos ke-12 besar lebih dulu dengan koleksi 20 poin. Ini membuat mereka bisa bermain lepas. 

"Kita yang berada di peringkat tiga dan mereka peringkat satu, ini challenge buat kita semua di bagian klub, baik saya sebagai pelatih maupun pemain. Biasanya tim kami bermain terbuka akan enak bagi kami dan main tertutup akan ada kendala tapi bukan kendala berarti artinya kami akan berusaha untuk menciptakan gol terlebih dahulu," kata Pelatih PSMS Miftahudin Mukson.

Baca Juga: Gol Tunggal Ichsan Pratama Bawa PSMS Tumbangkan PSDS 1-0

2. PSMS terkendala recovery minim

Kemenangan atas Semen Padang Sore Ini akan Antar PSMS ke-12 BesarDuel PSMS kontra PSDS di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubukpakam, Deli Serdang, Senin (27/11/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Namun PSMS harus mengalami kendala minimnya recovery. PSMS baru saja bermain kontra PSPS pada Senin lalu. 

"Persiapan seperti biasa sudah semaksimal mungkin kami juga harus berhitung jarak laga antara PSDS ke Semen Padang sangat dekat. Untuk program ini tidak ideal, tapi kami punya pengalaman beberapa kali dengan program yang tidak ideal ini dan kami berharap kebugaran pemain tetap terjaga dan kita bisa main maksimal. Kami juga berharap mohon doa dan suportnya semaksimal mungkin sehingga pemain kami bisa maksimal sesuai karakter main PSMS," ujar eks pelatih Tira-Persikabo itu.

PSMS juga sudah beradaptasi dengan Stadion Baharoeddin Siregar, kandang barunya. Terutama dengan cuaca Lubukpakam yang cenderung panas menyengat.

"Mudah-mudahan kami bisa maksimal. Walau kemarin kita juga bukan tuan rumah menghadapi PSDS. Itu bagian dari adaptasi di awal dan setelah itu kami latihan di sana sampai hari ini kita official trainning (OT) di sana. Mudah-mudahan cuaca nanti tidak banyak perbedaan sehingga pemain tetap nyaman dan bisa main di sana," harapnya.

3. Guntur bertekad mengamankan tiga poin

Kemenangan atas Semen Padang Sore Ini akan Antar PSMS ke-12 BesarPelatih PSMS Miftahudin Mukson dan Guntur Triaji (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara gelandang PSMS, Guntur Triaji mengungkapkan tekad yang sama. Dia mengatakan percaya diri karena PSMS dalam tren positif. Di bawah asuhan Miftahudin, PSMS belum terkalahkan.

"Untuk kami para pemain dalam kondisi yang sangat baik dan siap untuk bertanding besok. Apalagi kita dalam trend positif setelah pertandingan kemarin menghadapi PSDS kita menang. Walaupun dengan recovery sangat sedikit tapi kita sudah sangat siap menatap pertandingan besok untuk meraih tiga poin dan menghantarkan kita ke babak 12 besar," kata Guntur.

"Kami memang tidak main di Teladan tapi kami para lemain siap dimanapun medannya saya rasa gak masalah. Pakam juga letaknya gak jauh dengan Teladan. Insya Allah besok mudah-mudahan suporter fanatik kita tetap mendukung sebagai tambahan energi bagi kita," pungkasnya.

Baca Juga: PSMS Minta Persiraja Tak Jadi Tuan Rumah Lagi hingga Akhir Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya