Indonesia vs Thailand, Ini Prediksi 3 Mantan Pemain Timnas asal Medan 

Ayo dukung Indonesia di Final AFF leg 1 malam ini! 

Medan, IDN Times- Malam nanti tim nasional Indonesia akan berjuang pada laga leg 1 final AFF 2021 menghadapi Thailand di Stadion Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021) malam nanti. Keberhasilan Garuda menembus final membuat ekspektasi bisa menjuarai trofi AFF pertama kali teramat besar.

Tahun ini di bawah asuhan Shin Tae-yong, Merah Putih diyakini bisa menghasilkan cerita berbeda dari lima kali edisi final sebelumnya. Dukungan mengalir deras. Termasuk dari eks pemain timnas di Medan. Berikut prediksi dan analisis mereka.

1. Slamet Riyadi yakin timnas bisa memenangkan leg 1

Indonesia vs Thailand, Ini Prediksi 3 Mantan Pemain Timnas asal Medan Slamet Riyadi bersama jersey Timnas yang dipakai pada SEA Games 199 (IDN Times/Hasudungan)

Mantan bek timnas, Slamet Riyadi meyakini Indonesia bisa merebut kemenangan di final putaran pertama ini. Performa Indonesia di bawah Shin Tae-yong sejak penyisihan menurut Slamet menunjukkan grafik meningkat.

"Untuk kali ini saya yakin Indonesia bisa menang. Asal tetap menjaga motivasi dan semangat juang. Kelemahan dan kekurangan timnas bisa ditutupi," kata Slamet yang memperkuat Indonesia di Piala Asia 2000 Lebanon.

Slamet tak memungkiri Thailand datang dengans kuat yang solid. Apalagi mereka diisi pemain-pemain berpengalaman seperti Teerasil Dangda.  "Mereka berkualitas dan berpengalaman. Tapi bukan berarti gak ada celah," tambah pemain yang membawa Indonesia meraih perunggu SEA Games 1999 itu.

Mengandalkan banyak pemain muda, Slamet menilai strategi pelatih asal Korea Selatan ini sangat baik. "Pemain harus disiplin menerapkan strategi pelatih. Saya yakin bisa menang. Skornya 3-2," kata mantan kapten PSMS itu.

Baca Juga: Askot PSSI Medan Sebut Sudah Saatnya PSMS Punya Akademi

2. Edu Juanda yakin skor imbang di leg 1

Indonesia vs Thailand, Ini Prediksi 3 Mantan Pemain Timnas asal Medan Mantan gelandang timnas, Edu Juanda (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu mantan gelandang timnas di SEA Games 2001 dan 2003, Edu Juanda mengatakan laga final pertama ini akan cukup sulit bagi Indonesia. Meski menunjukkan performa bagus sejak penyisihan, Asnawi dkk akan mendapat perlawanan dari skuat berpengalaman Thailand.

Selain Teerasil Dangda, Tim Gajah Putih juga mengandalkan Thanawat Suengchittawon, gelandang Leicester yang jadi nyawa permainan. "Thanawat jadi salah satu pembeda bagi Thailand di AFF kali ini. Indonesia harus bisa mematikan pergerakannya di tengah, jika tidak bisa bahaya," kata Edu.

Begitupun Edu yakin timnas bisa memberi perlawanan terhadap Thailand di putaran pertama. Pemain muda seperti Witan Sulaiman, Egy Maulana hingga Asnawi bisa jadi kunci. "Skor leg 1 ini saya prediksi 1-1," tambah eks gelandang PSMS dan Persebaya ini.

3. Saktiawan Sinaga yakin Indonesia bisa membuat kejutan

Indonesia vs Thailand, Ini Prediksi 3 Mantan Pemain Timnas asal Medan Saktiawan Sinaga (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu mantan striker timnas, Saktiawan Sinaga berharap timnas bisa membuat kejutan. Thailand adalah tim yang bagus dan juara AFF lima kali atau terbanyak sepanjang sejarah. Tapi itu tak jadi jaminan mereka bisa mengalahkan Indonesia yang sedang on fire bersama Shin Tae-yong.

"Semoga bisa membuat kejutanlah tim nasional kita, dan bisa memenangkan pertandingan malam ini. Skor 1-0 sudah mantap lawan Thailand," kata Saktiawan.

Mantan pemain yang memperkuat Indonesia di Piala AFF (masih bernama Piala Tiger) 2004 dan 2007 ini mengatakan masih banyak yang harus dibenahi dari pasukan Garuda. 

"Kalau kita lihat dari 2 x 45 menit lawan Singapura kemarin, banyak yang harus diperbaiki. Apalagi pemain kita 11 lawan 9. Kalau penalti mereka gol kan lain ceritanya. Intinya pemain kita harus lebih sabar lagi dalam melepaskan bola ke daerah lawan," pungkas Sakti.3

Baca Juga: Final Leg 1 Jadi Kunci Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya