Dihina di Media Sosial, Eks PSMS Saktiawan Sinaga Lapor ke Polisi

Ada beberapa akun instagram yang dilaporkan

Medan, IDN Times- Mantan striker tim nasional dan PSMS, Saktiawan Sinaga membuat laporan ke polisi. Ia melaporkan sejumlah akun instagram terkait penghinaan terhadap dirinya di media sosial. 

Didampingi kuasa hukumnya Chandra P Naibaho dan Wandi Budi Wijaya, Sakti membuat laporan ke Polrestabes Medan pada 9 Desember 2021.

1. Ada kata-kata tidak pantas yang menyinggung keluarga Saktiawan di akun instagram

Dihina di Media Sosial, Eks PSMS Saktiawan Sinaga Lapor ke PolisiSaktiawan Sinaga (IDN Times/Doni Hermawan)

Dalam keterangannya, Saktiawan menjelaskan bahwa akun Instagram @saktiawansinaga26 miliknya, menerima pelecehan dalam bentuk penghinaan di kolom komentar. Saktiawan tidak terima karena komentar netizen sudah menyangkut keluarganya.

"Kalau saya pribadi saja yang dihina, mungkin tidak ada masalah. Tapi, ini sudah menyangkut keluarga saya. Ada hinaan dan ancaman juga di dalam, makanya saya harus melaporkan ini agar ada efek jera. Jadi biar tidak asal ngomong di sosial media," kata Saktiawan usai membuat laporan di Polrestabes Medan, Kamis (9/12).

 

Baca Juga: Usai Viral karena Tendang Penonton, Saktiawan Sinaga Minta Maaf

2. Penghina di media sosial terancam terjerat UU ITE

Dihina di Media Sosial, Eks PSMS Saktiawan Sinaga Lapor ke PolisiSaktiawan Sinaga vs PSMS di Stadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Sakti merasa perlu membawanya ke ranah hukum. Bukan hanya satu, setidaknya ada tiga akun Instagram yang dia laporkan telah melakukan pencemaran nama baik tersebut. Pihaknya pun berharap, agar kasus ini ditindaklanjuti pihak kepolisian.

"Ini terkait dugaan tindak pidana. Penghinaan melalui media sosial Instagram milik Saktiawan sinaga. Pelaku bisa dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi transaksi dan elektronik ancaman pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 1 Miliyar," tambah Chandra P Naibaho, kuasa hukum Sakti.

3. Akun Saktiawan dibanjiri komentar netizen setelah video viral

Dihina di Media Sosial, Eks PSMS Saktiawan Sinaga Lapor ke PolisiSaktiawan Sinaga didampingi kuasa hukumnya usai melapor ke Polrestabes Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebelumnya komentar-komentar terhadap Saktiawan berseliweran di media sosial miliknya setelah viralnya video Saktiawan saat menendang salah satu ofisial klub Liga 3, Tanjungbalai United. Saat itu Sakti memperkuat Medan Utama. Kasus ini sendiri berakhir damai setelah dimediasi di Polsek Percut Sei Tuan. 

Akibat video viral itu, akun pribadi Saktiawan dibanjiri komentar netizen. Namun sayangnya banyak yang menghinanya dengan kata-kata tak pantas.

Baca Juga: Tekuk Poslab, PSDS Tantang Karo United di Semi Final Liga 3 Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya