Comscore Tracker

Demi Tuan Rumah Liga 2, PSMS Punya Banyak PR Benahi Stadion Teladan

Hanya ada waktu dua pekan untuk membenahi

Medan, IDN Times - PSMS punya banyak pekerjaan rumah untuk membenahi Stadion Teladan Medan yang akan diajukan menjadi venue tuan rumah Liga 2 2021. Hal itu terlihat saat Sekretaris PSMS Julius Raja didampingi Local General Coordinator (LGC) Pesta Lumban Gaol meninjau kondisi stadion yang berdiri sejak 1953 itu pada Kamis (9/9/2021). 

"Kami selaku Panpel datang kemari untuk mengecek persiapan awal sebelum tim verifikasi dari PSSI dan PT LIB selaku operator liga datang ke Medan. Karena sebelumnya kita sudah menerima surat dari mereka menanya kesiapan kita. Tentu kita sampaikan kita siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah Liga 2 nantinya," ujar Julius Raja.

1. Kondisi rumput yang paling perlu dibenahi

Demi Tuan Rumah Liga 2, PSMS Punya Banyak PR Benahi Stadion TeladanManajemen PSMS meninjau kesiapan Stadion Teladan Medan untuk bidding tuan rumah Liga 2 (IDN Times/Doni Hermawan)

Raja meninjau beberapa tempat. Mulai dari ruang ganti, shower room hingga lapangan. Yang paling mengkhawatirkan tentu kondisi lapangan dengan kondisi rumput yang tidak rata. Selain itu juga beberapa bagian gundul dan dipenuhi pasir.

.Namun menurut Raja, dalam waktu dua pekan ke depan, dia yakin bisa dibenahi sehingga PSMS berpeluang ditunjuk menjadi tuan rumah. "Misalnya diratakan sedikit atau digiling dan ditamani rumputnya. Serta ada juga beberapa yang harus diperbaiki di sektor Timur, supaya bisa dipergunakan nantinya. Selain itu juga kita berencana mengganti jaring gawang dengan yang baru karena kondisinya sudah tidak begitu layak untuk pertandingan besar," terangnya.

Sementara kondisi kamar ganti pemain dan toilet serta ruang lainnya, disebutnya tak mengalami kendala dan sudah memadai.

Baca Juga: Berambisi Jadi Tuan Rumah Liga 2, Ini Calon Pesaing PSMS Medan

2. Manajemen akan melaporkan ke Wali Kota Medan dan Gubernur Sumut

Demi Tuan Rumah Liga 2, PSMS Punya Banyak PR Benahi Stadion TeladanManajemen PSMS meninjau kesiapan Stadion Teladan Medan untuk bidding tuan rumah Liga 2 (IDN Times/Doni Hermawan)

Manajemen juga berencana untuk melaporkan hal tersebut ke Wali Kota Medan dan Gubernur Sumut. Dia yakin renovasi akan lebih cepat.

"Kita harus melapor ke pak Walikota agar beliau bisa memberikan arahan untuk pembenahan stadion. Begitu juga kita akan melapor ke Pak Gubernur mengenai hal ini. Kalau mereka sudah turun dan ikut meninjau langsung, dalam dua hari pun selesai barang ini," sebutnya.

3. PSMS juga akan benahi penerangan

Demi Tuan Rumah Liga 2, PSMS Punya Banyak PR Benahi Stadion TeladanStadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu soal penerangan, Raja mengatakan kesiapan lampu stadion pada malam hari. Apalagi jika menjadi tuan rumah juga akan menggelar laga di malam hari.

"Malam hari kita juga akan kemari untuk mengecek pencahayaan, karena pencahayaan harus terfokus ke lapangan. Nantinya juga tim verifikasi bakal mengecek mengenai cahaya apakah layak atau tidak untuk melakukan laga pada malam hari," ungkapnya.

Namun yang terpenting bagaimana tuan rumah bisa menerapkan protokol kesehatan. "Yang terpenting adalah bagaimana penanganan COVID-19. Karena itu kita harus melakukan kerjasama dengan gugus tugas dan petugas Dinkes Kota Medan dan Provinsi Sumut. Kita tidak mau Stadion teladan menjadi cluster baru penyebaran Covid," sambungnya.

Sesuai arahan PT LIB dan PSSI bahwa di setiap laga hanya membolehkan 299 orang di dalam Stadion.

"Baik itu kedua tim, official, media, perangkat pertandingan termasuk anak gawang. Jadi seperti biasanya setiap bola keluar disemprot terlebih dahulu agar semua tetap steril dan mencegah penularan virus," pungkasnya.

Baca Juga: Baru Dikontrak Sepekan, Luis Irsandi Dicoret PSMS

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya