Arya Gandeng Indra Sjafri hingga Rully Nere Konsultan Tim PON Sumut

Arya tunjuk Indra Sjafri dkk jadi konsultan

Medan, IDN Times- Sejak ditunjuk jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga menyiapkan berbagai langkah pembenahan untuk memersiapkan tim sepak bola dan futsal yang kuat. Hal ini demi misi prestasi sebagai tuan rumah PON 2024.

Untuk itu Arya memilih menunda Kongres Luar Biasa (KLB) dan memilih mempersiapkan tim sepak bola dan futsal. Hal tersebut dikatakan Arya Sinulingga di Posko Publikasi PON XXI Aceh - Sumut 2024 Wilayah Sumut, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya saat ditunjuk Ketum PSSI Erick Thohir pada Februari 2024 lalu, Arya awalnya meman ditugasi menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk pemilihan ketua umum yang baru. Namun Erick akhirnya meminta KLB digelar sesuai PON, agar persiapan menjadi lebih matang.

"Tadinya saya pikir saya cukup menyiapkan KLB, tapi ternyata setelah dihitung ada PON. Kalau persiapkan kongres tiga bulan, bisa Juli digelar KLB dan bentuk pengurus baru. Setelah kami hitung, bisa terbengkalai tim PON. Gak sempat lagi benahi tim. Belum lg perubahan pengurus," ucap Arya.

"Makanya Pak Ketua (Erick Thohir) minta bikin KLB siap PON usai. Jadi sekarang saya diminta untuk siapkan tim PON Sumut," tambahnya.

1. Gandeng Indra Sjafri jadi konsultan

Arya Gandeng Indra Sjafri hingga Rully Nere Konsultan Tim PON SumutPelatih Timnas U-20, Indra Sjafri. (Dok. PSSI)

Arya mengatakan akan segera menggelar seleksi pemain. Langkah awalnya mantan Pelatih PSMS Medan dan PSPS Riau yakni Ridwan Saragih ditunjuk sebagai Direktur Teknik. Selain itu, dia memilih sejumlah konsultan nasional seperti Indra Sjafri, Sahari Gultom. Rully Nere, Azhari Rangkuti hingga Mahruzar Nasution.

"Karena penetapan nama pemain ini terakhir Bulan Juni. Jadi masih ada waktu kuatkan tim. Agar lebih kuat jadi kami akan konsultasi nanti sama mereka. Untuk tim futsal juga, saya akan minta konsultan terbaik dari AFI untuk tim PON Sumut," tambahnya.

2. Setelah tim terbentuk, try out digelar hingga ke Jawa

Arya Gandeng Indra Sjafri hingga Rully Nere Konsultan Tim PON SumutTim sepak bola PON Sumut (dok.istimewa)

Meski demikian, seleksi yang digelar nantinya bukan untuk menggusur tim yang sudah ada. Melainkan untuk digabung dan dicari yang terbaik.

"Tim yang ada tetap, nanti akan digabung. Ada sistem promosi degradasi. Kami akan cari yang terbaik. Nantinya tim ini akan try out Sumatera untuk menentukan tim hingga 80 persen. Setelah itu try out ke Jawa sampai Juli untuk tim 100 persen. Itulah tim PON Sumut," terangnya.

Pihaknya juga akan menggelar TC di masing-masing tim. Tim sepak bola putra bakal dipusatkan di Sei Karang, Galang. Tim sepak bola putri tetap di Asahan. Sementara tim futsal bakal TC di Deliserdang.

 

3. Penunjukan Mulyadi jadi HPD

Arya Gandeng Indra Sjafri hingga Rully Nere Konsultan Tim PON SumutKerjasama Asprov PSSI Sumut dan RS Royal Prima soal sport medicine (Dok.Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Arya juga memperkenalkan Mulyadi Simatupang sebagai High Performan Direction (HPD) dalam penanganan cabor sepak bola dan futsal. Penunjukkan HPD pun sudah disurati ke KONI Sumut. Adapun HPD sebelumnya dijabat Prof Fidel Ganis Siregar.

Penunjukkan Mulyadi sebagai HPD didukung Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian. "Ini tepat, karena dia (Mulyadi) gila bola dan juga mantap pemain. Saya mendukung ya, bukan merekomendasikan bahasanya. Kalau untuk yang terbaik, harus didukung," ucap Bahar.

Sementara Wasping M Zein menegaskan, sampai saat ini HPD masih dijabat Prof Fidel Ganis Siregar. Belum ada SK baru soal perubahan HPD.

Baca Juga: Jelang PON 2024, Asprov PSSI Sumut Kerja Sama dengan RS Royal Prima

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya