Comscore Tracker

Ansyari Lubis Simulasikan Dua Formasi Berbeda untuk PSMS

Skuat PSMS diharap lebih siap hadapi skema lawan

Medan, IDN Times - Jadwal pertandingan grup A Liga 2 yang mundur dimanfaatkan PSMS Medan untuk mematangkan persiapan. Pelatih PSMS, Ansyari Lubis mengutak-atik komposisinya agar punya banyak opsi saat pertandingan.

Hal itu terlihat saat Syaiful Ramadhan dkk menggelar internal di Stadion Kebun Bunga Medan , Kamis (23/9/2021) kemarin. Seperti apa?

1. Dua tim gunakan formasi berbeda

Ansyari Lubis Simulasikan Dua Formasi Berbeda untuk PSMSSkuat PSMS (IDN Times/Doni Hermawan)

Dalam game tersebut, Uwak, sapaan akrab Ansyari membagi dua tim. Kedua tim tampil dengan skema berbeda.

Ansyari menyatakan bahwa ini termasuk program latihan yang ia berikan agar anak asuhnya lebih matang dan siap hadapi kompetisi.

"Kita melihat dalam latihan ini, bagaimana penguasaan bola. Jadi ini juga semacam simulasi sebelum kompetisi berlangsung," kata Uwak.

Baca Juga: Tertunda ke Palembang karena Jadwal, PSMS Rencanakan Uji Coba Lagi

2. Simulasi pertandingan sesuai dengan kompetisi

Ansyari Lubis Simulasikan Dua Formasi Berbeda untuk PSMSGhozali Siregar dan Legimin Raharjo saat persiapan PSMS di Kebun Bunga (Dok.IDN Times/tim Media PSMS)

Internal game ini dimaksudkan menjadi simulasi pertandingan. Maka Uwak turut memperhatikan detailnya mulai dari warming up hingga laga.

"Karena kita mau buat simulasi ketika kita nanti main di sana. Jadi dari mulai warming up sampai ke max nya juga kita sesuaikan dengan pertandingan," tambah mantan pelatih Pro Duta, dan PSDS itu.

Penerapan formasi yang berbeda juga sengaja dirancang agar pemain terbiasa menghadapi tim dengan menghadapi formasi yang berbeda.

"Tadi kita rancang pemain yang pakai rompi dan tidak memakai rompi dengan formasi yang berbeda. Supaya mereka bisa beradaptasi dengan lawan yang punya formasi berbeda saat Kick Off Liga 2 nanti," bebernya.

3. PSMS masih tunggu kepastian jadwal grup A

Ansyari Lubis Simulasikan Dua Formasi Berbeda untuk PSMSJelang Liga 2, Skuat PSMS berlatih di Stadion Teladan Medan (Dok.IDN Times/istimewa)

PSMS sebenarnya harus sudah berangkat hari ini, Jumat (24/9/2021) ke Palembang. Namun karena belum adanya kesepakatan soal penyelenggaraan kompetisi di daerah PPKM luar Jawa-Bali membuat jadwal batal diumumkan.

Kabarnya akan diumumkan awal Oktober. Sementara Grup B dan C sudah dipastikan akan kick off pada 26 September. 

Baca Juga: Jadwal Grup A Belum Jelas, PSMS Tunda Berangkat ke Palembang

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya