Ada Eks Striker Timnas dan PSMS, Saktiawan Sinaga di KNPI Sumut 

Pengalaman baru Sakti usai pensiun

Medan, IDN Times - Saktiawan Sinaga mencoba berbagai hal baru sejak gantung sepatu dari sepak bola. Selain menjadi pelatih, mantan striker tim nasional dan PSMS itu terjun ke organisasi kepemudaan. Namanya termasuk dalam jajaran pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumut Pergantian Antar Waktu (PAW).

Hal itu terungkap dari surat keputusan DPP KNPI Nomor Kep.064/DPP KNPI/VI/2021. Surat bertanggal 14 Juni 2021 itu diteken langsung Ketum KNPI Haris Pertama dan Sekjend Gandung RN Huda.

 

1. Sakti menjabat Wakil Ketua Bidang Olahraga

Ada Eks Striker Timnas dan PSMS, Saktiawan Sinaga di KNPI Sumut Saktiawan Sinaga vs PSMS di Stadion Teladan (IDN Times/Doni Hermawan)

Saktiawan Sinaga kini memilih aktif dalam kegiatan kepemudaan. Posisi Saktiawan di DPD KNPI pun selaras dengan karier sepak bolanya yakni sebagai Wakil Ketua Bidang Olahraga.

"Bersama KNPI, saya siap berkontribusi buat pemuda di Sumatera Utara," ujar Saktiawan pada Jumat (18/6/2021).

Sakti sebelumnya juga mulai terjun ke partai politik. Sakti sendiri pensiun dari pemain sejak 2020 lalu. Terakhir ia memperkuat klub Liga 2, KS Tiga Naga.

Baca Juga: Pensiun dan Gabung ke Demokrat, Ini Alasan Saktiawan Sinaga

2. Sakti diharap memberi pemikiran baru untuk KNPI Sumut

Ada Eks Striker Timnas dan PSMS, Saktiawan Sinaga di KNPI Sumut Dok.IDN Times/istimewa

Masuknya nama Saktiawan memang sudah lama diprediksi karena terlihat beberapa kali bertemu dengan Ketua DPD KNPI Sumut Samsir Pohan dan beberapa pentolan organisasi mahasiawa. 

"Sebelumnya kami sering bertemu dan diskusi tentang kepemudaan serta olahraga. Visi kita sama. Dan Bung Saktiawan punya pemikiran dan terobosan baru bagi KNPI Sumatera Utara," kata Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan.

Dalam daftar kepengurusan tersebut, juga tertera Sekretaris Muhammad Asril, Bendahara Abdul Jalil Ritonga serta Ketua Harian Reinhart Manurung.

3. KNPI Sumut diisi tokoh dari berbagai latar belakang

Ada Eks Striker Timnas dan PSMS, Saktiawan Sinaga di KNPI Sumut Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan (Dok. IDN Times)

Selain itu, dari daftar pengurus juga banyak diisi pentolan-pentolan aktivis muda mahasiswa. Ada mantan ketua-ketua organisasi mahasiswa kelompok Cipayung, tokoh dari berbagai organisasi kepemudaan, jurnalis, tokoh muda, profesional dan komunitas.

"Kepengurusan kita banyak diisi orang-orang berlatar belakang aktivis mahasiswa, tokoh pemuda, jurnalis, penggerak komunitas kreatif, akademisi dan lain-lain. Pengurus baru ini juga lebih lengkap. Mereka berasal dari etnis, agama, budaya yang beragam," tukas Samsir Pohan.

Begitu juga dengan kepengurusan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Sumut. Terlihat ada nama Ketua MPI KNPI Sumut Andika Kesuma Sitepu menggantikan Sugiat Santoso. 

"Diharapkan dengan penyegaran pengurus, KNPI Sumut semakin solid dan memperbanyak kegiatan sosial yang dapat dirasakan pemuda dan masyarakat manfaatnya," ujar Ketua KNPI Haris Pertama.

Baca Juga: Saktiawan Sinaga Bersyukur Bawa Tiga Naga Promosi ke Liga 2 2020

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya