42 Pemain Ikuti Seleksi Perdana PSMS, Putu Gede: 14 Mei Diumumkan

PSMS berencana latihan perdana 16 Mei

Medan, IDN Times- PSMS akhirnya memulai persiapannya menghadapi Liga 2 musim depan. Ayam Kinantan menggelar seleksi hari pertama di Stadion Kebun Bunga, Rabu (11/5/2022). Total 42 pemain mengikuti trial. 

Pada seleksi hari pertama ini diikuti oleh rata-rata pemain Sumatra Utara eks Liga 3, eks PON Sumut. Selain itu ada dua pemain dari luar Sumut. 

Pelatih PSMS, I Putu Gede mengatakan melihat potensi para pemain muda yang ikut seleksi. Namun dia masih memberi kesempatan hingga beberapa hari ke depan. 

"Total 42 pemain. Ada dari luar Medan, dari Aceh dan Tidore. Dari seleksi ini saya mencari anak-anak lokal. Bagaimana sikap mereka saat kehilangan bola, secara individu dan secara tim. Bagaimana dia pegang bola dan saat di bawah tekanan," kata Putu Gede pada konfrensi pers, Rabu (11/5/2022).

1. Pemain akan disusutkan mulai hari kedua dan diumumkan Sabtu, 14 Mei

42 Pemain Ikuti Seleksi Perdana PSMS, Putu Gede: 14 Mei DiumumkanPelatih PSMS, I Putu Gede Dwi Santoso (IDN Times/Doni Hermawan)

Dari pantauan IDN Times, seleksi hari pertama ini diikuti hampir seluruh pemain muda. Beberapa pemain berpengalaman seperti Aldo, eks Karo United dan Safrial Irfandi, eks PSMS dan Pro Duta.

Putu mengatakan tak akan berlama-lama mengambil keputusan. Dia akan menyusutkan para pemain.

"Bagi saya menggembirakan. Antusias mereka, ada kemauan untuk bersaing. Dalam satu kali latihan hari ini, ada beberapa yang menonjol. Tapi nanti saya akan cepat ambil keputusan sesuai dengan sistem yang kami cari. Besok sudah ada yang di-cut. Secara keseluruhan potensi mereka ada," kata Putu Gede.

Rencananya PSMS akan beruji coba pada Sabtu, 14 Mei 2022. Dari situ dia akan mengumumkan pemain. "Kita melihat finalisasi dari mental mereka bertanding dengan teman yang baru gabung," tambahnya.

Baca Juga: Dekat dengan Putu Gede, Arif Suyono Dikaitkan dengan PSMS

2. PSMS akan segera latihan perdana 16 Mei

42 Pemain Ikuti Seleksi Perdana PSMS, Putu Gede: 14 Mei DiumumkanSeleksi perdana PSMS Medan menghadapi Liga 2 2022/2023 (IDN Times/Doni Hermawan)

Mantan Pelatih Persekat dan PSS Sleman itu mengatakan, PSMS akan mulai latihan perdananya pada 16 Mei. "Nantinya para pemain hasil seleksi digabung dengan para pemain rekomendasi saya. Sabtu kami umumkan (hasil seleksi). Besok juga sudah ada penilaian. Ada tambahan pemain," kata Putu.

Dirinya juga mengatakan, tak menargetkan kuota pemain dari hasil seleksi. "Gak ada target berapa. Dapatnya 10 atau 5 gak masalah, yang penting saya cari anak-anak lokal," tambahnya.

3. Manajemen tak akan mengintervensi keputusan coach soal pemain

42 Pemain Ikuti Seleksi Perdana PSMS, Putu Gede: 14 Mei DiumumkanManajer PSMS, Mulyadi Simatupang dan Asisten Pelatih Legimin Rahardjo (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang mengatakan manajemen tidak akan mengintervensi keputusan untuk menentukan pemain. Mutlak wewenang Putu Gede.

"Saya tegaskan semua pemain kewenangan coach Putu Gede. Tidak ada kewenangan pengurus. Kita hanya berdiskusi, termasuk hari ini. Kita juga menjawab keinginan para legend agar mayoritas PSMS diisi anak Medan. Kebutuhan coach mungkin disesuaikan dengan kebutuhan di PSMS. Tentu dengan targetkan PSMS lolos ke Liga 1. Manajemen mendukung coach sepenuhnya," kata Mulyadi. 

Ia juga menargetkan pada latihan perdana nanti kemungkinan akan ada 15 pemain di luar seleksi yang deal. 

"Tanggal 16 Mei nanti ada beberapa pemain yang susah deal. Tapi belum tentu kita kontrak, karena kita lihat kondisinya juga. Ada 10 orang yang deal dan 5 atau 6 negosiasi. Banyak pemain lain yang juga masih terikat kontrak dengan klub lamanya," pungkasnya.

Baca Juga: Tahun Lalu Habis Rp9 Miliar, Kini PSMS Butuh Rp15 Miliar Hadapi Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya