PSSI Buka Seleksi Pemain Timnas U-17 di Medan 29 Juli, Ini Syaratnya

PSSI libatkan legenda Timnas menjadi tim talent scouting

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar seleksi terbuka bertajuk 'Talenta Garuda' untuk mencari pemain yang akan memperkuat Tim Nasional Indonesia U-17 pada ajang Piala Dunia U-17 November 2023 mendatang.

Seleksi ini digelar di 12 kota di Indonesia dan dimulai pada hari ini, Rabu (12/7/2023) hingga 30 Juli 2023 mendatang.

Untuk jadwal seleksi di Kota Medan akan digelar pada 29 Juli 2023. Seleksi di Medan ini terbuka untuk para pemain yang memenuhi syarat dari daerah Sumut, Aceh, dan Sumbar.

Pada seleksi kali ini, PSSI menggaet sembilan klub Liga 1 dan tiga klub Liga 2 Indonesia sebagai penyelenggara. Adapun di Sumut, PSSI akan bekerja sama dengan Sada Sumut FC (Dulu bernama Karo United).

Kamu tertarik untuk ikut seleksi? Berikut persyaratannya:

1. Berikut kriteria pemain yang dicari PSSI

PSSI Buka Seleksi Pemain Timnas U-17 di Medan 29 Juli, Ini SyaratnyaPresiden Joko Widodo didampingi Menpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir berbincang dengan calon pemain Timnas sepak bola U-17 saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Dikutip dari laman resmi PSSI, berikut kriteria pemain yang dicari PSSI untuk membela Timnas U-17 pada Piala Dunia U17 bulan November mendatang:

a. Kelahiran 1 Januari 2006 sampai dengan 31 Desember 2007
b. Tinggi badan 170 centimeter - 185 centimeter
c. Hasil tes VO2Max rata-rata 60-65
- Pemain Defender: 56-60
- Pemain Midfielder : 63-67
- Pemain Attacker: 57-61

Untuk data pemain, dapat mengisi Formulir di Lampiran Surat dan mengirimkan kembali melalui email ke teknik@pssi.org. Adapun lokasi seleksi di Kota Medan akan diinfokan selanjutnya.

2. Melibatkan Legenda Timnas menjadi tim talent scouting

PSSI Buka Seleksi Pemain Timnas U-17 di Medan 29 Juli, Ini SyaratnyaPresiden Joko Widodo didampingi Menpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir berbincang dengan calon pemain Timnas sepak bola U-17 saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

PSSI pmenurunkan legenda sepak bola Indonesia untuk pelatih dan pemandu bakat pada seleksi kali ini.

Dari mulai pelatih timnas U-17 Bima Sakti, Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indiyantto.

Talenta Garuda merupakan program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 dan Liga 2 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi.

Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memanggil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Lewat seleksi ini PSSI ingin mendapatkan 22 pemain terbaik untuk membela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 nanti.

3. Erick sebut wajar pasang standar tinggi

PSSI Buka Seleksi Pemain Timnas U-17 di Medan 29 Juli, Ini SyaratnyaPresiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menpora Dito Ariotedjo (keempat kiri) dan Ketum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) berbincang dengan calon pemain Timnas sepak bola U-17 saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan penerapan standar tinggi dalam seleksi pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 ini sebagai bentuk keseriusan dari federasi dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Menurutnya ini hal yang wajar karena merupakan kali pertama Timnas Indonesia U-17 akan berlaga di kompetisi level internasional.

"Kami memang menerapkan passing grade yang tinggi. Ini tantangannya sebab bagaimanapun juga ini Piala Dunia FIFA pertama di Indonesia sehingga harus maksimal persiapan dan skuad Timmas U-17 kita,” ucap Erick dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: PSMS Medan Masih Fokus Buru Pemain Lokal Daripada Asing

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya