5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal India

Dia adalah sang Punjabi Nightmare

Pegulat bertubuh tinggi, gerakannya lambat tapi mematikan, dan berasal dari India, yap siapa lagi kalo bukan The Great Khali. Bagi penggemar WWE di tahun 2006-an pasti sudah tidak asing lagi dengan pegulat profesional raksasa ini, dia adalah salah satu monster yang mendominasi di era nya.

Bahkan pada debutnya ia melakukan aksi mengejutkan dengan mengalahkan The Undertaker dengan mudah. Jika kalian penasaran dengan pegulat profesional ini, dalam artikel ini akan memuat 5 fakta seputar The Great Khali.

1. Kehidupan awal yang sulit

5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal IndiaKhali di masa sekarang (instagram.com/thegreatkhali)

The Great Khali lahir pada tanggal 27 Agustus 1927 di desa Dhiraina, Himachal Pradesh (negara bagian India). Khali memiliki nama asli Dalip Singh Rana, ia adalah salah satu dari tujuh bersaudara. Kehidupan Khali sebelum menjadi pegulat profesional sangatlah menyulitkan, dimana khali terlahir dari keluarga yang miskin.

Khali harus terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, ditambah ia mengalami kelainan yang membuatnya tidak bisa menjalani kehidupan seperti manusia pada umumnya.

2. Menderita kelainan akromegali

5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal IndiaThe Great Khali (wwe.com/The Great Khali)

Khali terlahir dengan kondisi medis langka, yakni menderita kelainan akromegali. Dilansir dari laman Halodoc, akromegali merupakan kelainan hormonal langka yang berkembang ketika kelenjar pituitari menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan selama masa dewasa.

Kelainan inilah yang membuat Khali sejak kecil mengalami kondisi gigantisme, dan ketika dewasa ia mengalami perubahan dibeberapa bagian tubuh kecuali kaki yakni badan, lengan, dan kepala, serta dagunya yang semakin menonjol. Bagian tubuh atas besar sementara bagian bawahnya kecil tentu mempersulit Khali dalam berjalan, oleh karena itu cara berjalan Khali terlihat kaku dan lambat.

Baca Juga: TC di Thailand, Pegulat Sumut Hadapi Atlet SEA Games

3. Pernah menjadi polisi

5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal IndiaThe Great Khali (instagram.com/thegreatkhali)

Siapa sangka jika sebelum memulai karirnya sebagai seorang pegulat profesional, Khali pernah bekerja sebagai seorang petugas kepolisian. Kisahnya dimulai ketika ada seorang petugas polisi yang kagum terhadap kondisi fisik Khali yang tinggi besar, kemudian Khali ditawari untuk menjadi seorang petugas polisi di negara bagian India, Punjab.

Menyadari Khali memiliki potensi yang menjanjikan dengan fisiknya, selama di kepolisian Khali diajari dan dilatih untuk bergulat yang kemudian membawanya pada kesuksesan dan ketenararannya sebagai seorang pegulat profesional.

4. Karir sebagai salah satu pegulat profesional tertinggi

5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal IndiaThe Great Khali (wwe.com/The Great Khali)

Dengan ukurannya yang menjulang tinggi, tentunya banyak promotor gulat yang tertaik padanya. Debutnya sebagai seorang pegulat profesional dimulai pada tahun 2000, pada tahun itu Khali berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti pelatihan serta ajang gulat All Pro Wrestling (APW) dan membuat debutnya dengan nama panggung Giant Singh.

Kemudian pada tahun 2001, dia bergabung dengan World Championship Wrestling (WCW) selama delapan bulan. Setelah WCW dibeli oleh WWF, khali kemudian memulai nasibnya di ajang gulat profesional Asia, New Japan Pro-Wrestling (NJPW).

Di NJPW, Khali dan Giant Silva membentuk sebuah tag team tertinggi dalam sejarah gulat profesional dengan tinggi rata-rata 7 kaki 2 ½ dan berat gabungan sebesar 805 pond. Dari NJPW khali berpindah ke ajang gulat Jepang lain, yakni All Japan Pro Wrestling (AJPW) dari 2002 hingga 2006. Setelah dari NJPW kemudian khali bergabung dengan World Wrestling Entertainment (WWE) dengan nama panggung The Great Khali, di sinilah karir dan namanya semakin terkenal.

Selama di WWE, Khali benar-benar dibuat sebagai raksasa petarung dengan pernah memenangkan kejuaran kelas berat pada tahun 2007. Pada tahun 2017, Khali dinobatkan sebagai pegulat tertinggi keempat dalam sejarah WWE dengan tinggi 7 kaki 1 inchi (2,16 meter) dan berat 347 pon.

5. Sering tampil di layar kaca seperti Hollywood dan Bollywood

5 Fakta The Great Khali, Pegulat WWE Raksasa asal IndiaThe Great Khali (wwe.com/The Great Khali)

Kesuksesannya di WWE juga berdampak pada ketenarannya di luar ring, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional India atas prestasinya. Selain itu, Khali juga sering tampil di layar kaca dengan membintangi berbagai macam hiburan dari mulai Bollywood, TV Series, hingga Hollywood.

Dilansir dari WWE.com, Khali pernah membintangi sederet film layar lebar seperti “The Longest Yard” (2005), “Get Smart” (2008), dan “MacGruber” (2010), selain itu ia juga pernah tampil sebagai bintang tamu dalam serial NBC “Outsourced” dan serial Disney Channel “Pair of Kings”.

Itulah 5 fakta seputar pegulat profesional raksasa asal India, The Great Khali. Kelainan yang membuat Khali tumbuh tinggi besar ternyata membuat kehidupannya berubah, dari yang awalnya hidup miskin sekarang Khali mendapat kehidupan serba berkecukupan, bahkan membuat bangga negaranya.

Namun yang perlu kita garis bawahi adalah, kesuksesan dan ketenaran Khali tidak ia peroleh semata-mata karna kelainan gigantismenya, tapi kerja keras serta dedikasilah yang turut membuat Khali semakin dikenal oleh dunia.

Baca Juga: Kisah Pegulat 41 Tahun Cetak Rekor 5 Emas Olimpiade

RAFLY ANUGRAH Photo Community Writer RAFLY ANUGRAH

Seorang pria yang sedang melukis coretan di kanvas kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya