Comscore Tracker

SAC 2022 di Sumut Tuntas, Pemenang Lolos ke Jakarta

Sumatra Utara berpotensi melahirkan bibit baru atletik

Medan, IDN Times- Even Student Athletics Championships (SAC) 2022 yang digelar di lintasan atletik Universitas Negeri Medan untuk regional Sumatra Utara (Sumut) sudah tuntas pada 11-13 November kemarin. Lebih dari 5.000 pelajar mengikuti babak kualifikasi regional Sumatra Utara SAC 2022 ini. 

Leonard Darma Bimbuain, Health Supplement Segment Head PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, mengatakan dalam babak kualifikasi regional SAC 2022, terdapat lima lomba atletik untuk menjaring calon atlet muda berprestasi, yaitu sprint (lari jarak pendek), relays (lari estafet), middle distance (lari jarak menengah), long jump (lompat jauh) dan shot put (tolak peluru).

Sementara itu, tersedia dua Kids Athletics untuk jenjang Sekolah Dasar, yaitu Kanga's Escape dan Formula One. 

"Sumatra Utara menjadi provinsi yang berpotensi melahirkan bibit-bibit baru atlet muda cabor atletik. Baru baru ini, Sumut berhasil meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik U-18, U-20 dan Senior di GOR Tri Lomba Juang Semarang pada 6-11 Agustus 2022 lalu," katanya, Selasa (15/11/2022).

1. Pemenang dari masing-masing regional akan kembali berlomba di final pada National Championships di Jakarta

SAC 2022 di Sumut Tuntas, Pemenang Lolos ke JakartaANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo

Leonard menjelaskan pemenang dari masing-masing regional akan kembali berlomba di final pada National Championships di Stadion Madya, Senayan, Jakarta yang dijadwalkan mulai 16-18 Desember 2022. Pemegang kampiun National Championships akan mengikuti international training camp.

“Untuk meraih prestasi, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh para atlet. Mulai dari latihan intensif, penguasaan teknik, kematangan psikis, dan tentunya adalah daya tahan tubuh kuat dan sehat," ujarnya.

Kondisi fisik menjadi salah satu yang perlu diperhatikan untuk tetap mendapatkan asupan gizi dan nutrisi lengkap yang seimbang. Hal inilah yang kemudian mendorong Enervon-C hadir sebagai Multi-Vitamin Partner di SAC 2022 untuk mendukung lahirnya calon-calon atlet potensial khususnya di cabang olahraga atletik.

Baca Juga: Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023

2. Kolaborasi dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia

SAC 2022 di Sumut Tuntas, Pemenang Lolos ke Jakartahttps://www.pexels.com

Azrul Ananda, CEO & Founder DBL Indonesia menyampaikan SAC Indonesia 2022 terselenggara berkat kolaborasi antara Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dengan DBL Indonesia yang secara konsisten selama 18 tahun menyelenggarakan kompetisi basket pelajar.

“Terima kasih kepada PT. Darya Varia Laboratoria yang turut mendukung bersama kami mewujudkan misi menjadi booster partisipasi atletik bagi pelajar mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Harapannya, melalui SAC Indonesia 2022 ini, bisa membantu PB PASI dalam melebarkan jalan untuk menemukan bibit-bibit potensial di Indonesia,” ujarnya.

3. Misrianti meraih juara Sprint 100 meter Kategori Puteri

SAC 2022 di Sumut Tuntas, Pemenang Lolos ke JakartaUnsplash/Bruno Nascimento

Misrianti, wakil dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai yang berhasil meraih juara Sprint 100 meter Kategori Puteri menyatakan kebanggaannya karena telah mengharumkan nama sekolahnya.

"Saya sangat senang dan bangga. Setelah ini saya harus mempersiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya dengan rutin berlatih. Kalau biasanya latihan seminggu tiga kali, kali ini latihan harus seminggu enam kali supaya bisa menang di kompetisi nasional,” ujar Misrianti.

Untuk mencetak bibit atletik muda yang berprestasi tidak hanya memerlukan pembinaan yang intensif, tetapi juga peningkatan kesadaran akan pentingnya pemenuhan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. 

“Untuk mengoptimalkan stamina para atlet muda, perlu diperhatikan akan pemenuhan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Komposisi nutrisi yang tepat dapat mendukung pertumbuhan hingga recovery setelah atlet usai latihan atau bertanding,” tambah Leonard.

Baca Juga: Kejurnas Atletik U-18 dan U-20, Atlet Sumut Boyong 3 Emas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya