Comscore Tracker

NPC Sumut Gelar Seleksi Atlet, Ini 4 Target Utamanya

Saat ini atlet senior berada di Pelatnas

Medan, IDN Times - National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara menggelar seleksi atlet sejak tanggal 20-25 Februari di Medan. Seleksi ini diikuti oleh hampir seluruh utusan kabupaten kota yang ada di Sumut, seperti Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Sergai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, dan daerah lainnya. 

Total ada seratusan lebih atlet dari enam cabang olahraga (cabor) yang yang mengikuti seleksi. Cabor tersebu yakni atletik, bulutangkis, angkat berat, tenis meja, catur, dan renang.

1. Seleksi demi jaring atlet Program Pembinaan Intensif (PPI)

NPC Sumut Gelar Seleksi Atlet, Ini 4 Target UtamanyaAtlet NPC Sumut targetkan borong emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang (Dok. Humas Pemprov Sumut)

Wakil Ketua NPC Sumut Bidang Pembinaan dan Prestasi, Mazrinal Nasution mengatakan, seleksi ini bertujuan untuk menjaring talenta-talenta terbaik yang akan masuk dalam Program Pembinaan Intensif (PPI). Mereka yang lolos nantinya akan menggantikan senior mereka.

"Dari hasil dari tes prestasi yang digelar awal tahun ini, nantinya yang dinyatakan lolos akan  masuk sebagai atlet PPI. Saat ini atlet PPI Sumut sedang ikuti Pelatnas," ungkap Mazrinal di Medan, Selasa (25/2).

Baca Juga: Momen Iduladha, Atlet dan Pengurus NPC Berkurban 2 Ekor Sapi

2. Persiapan awal menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020

NPC Sumut Gelar Seleksi Atlet, Ini 4 Target UtamanyaDok.IDN Times/istimewa

Selain itu, seleksi juga bertujuan untuk mendapatkan atlet terbaik di Sumut yang nantinya akan dipersiapkan menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020 di Papua. Melalui seleksi ini diharapkan melecut semangat pengurus NPC di kabupaten/kota dalam meningkatkan pembinaan atletnya.

“Kalau selekda Peparnas memang belum, tapi ini hanya tes prestasi. Dan ini bukan seleksi akhirnya. Tapi kamj berharap dengan adanya ini setiap NPC kabupaten/kota bisa mempersiapkan atlet terbaiknya, agar program pembinaan di daerah dapat berjalan baik," terang Mazrinal.

3. Atlet NPC Sumut tetap jalani sistem promosi degradasi

NPC Sumut Gelar Seleksi Atlet, Ini 4 Target UtamanyaDok.IDN Times/istimewa

NPC Sumut tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi jika ada atlet yang performanya dinilai menurun. NPC Sumut akan melakukan tes prestasi setiap empat bulan sekali.

Saat ini 24 atlet PPI Sumut yang dipersiapkan menuju Peparnas 2020 sedang berada di Pelatnas untuk berlaga membela kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2020 Filipina.

4. Seleksi jadi program rutin NPC Sumut

NPC Sumut Gelar Seleksi Atlet, Ini 4 Target UtamanyaAtlet NPC Sumut targetkan borong emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang (Dok. Humas Pemprov Sumut)

NPC Sumut bakal lebih rutin menggelar tes atlet. Hal ini dilakukan agar para atlet terus giat berlatih dan berlomba untuk masuk dalam program pembinaan atlet elit tersebut.

"Program khusus tes atlet prestasi ini rencananya dibuat 4 bulan sekali. Program atlet PPI masih berjalan sampai bulan Agustus. Sedangkan pelatda penuh sampai bulan November sebelum Peparnas dimulai,” pungkasnya.

Baca Juga: NPC Sumut Kirim 4 Atlet Ikuti Grand Prix Dubai

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya