Comscore Tracker

Dampak COVID-19, Pelatda NPC Sumut Bubar dan Atlet Wajib Cek Kondisi

Semoga Pandemi COVID-19 segera usai!

Medan, IDN Times - Pengurus National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Sumatera Utara resmi membubarkan sementara pemusatan latihan daerah (Pelatda) atlet sejak Rabu (25/3) lalu. Keputusan tersebut diambil guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Utara yang kini sudah masuk status siaga darurat.

Adapun para atlet yang menjalani pelatda tersebut dipulangkan ke tempat asalnya masing-masing. Sebelumnya para atlet disiapkan menuju menuju Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020.

1. NPC Sumut imbau latihan dari rumah, pelatda libur sampai batas waktu tak ditentukan

Dampak COVID-19, Pelatda NPC Sumut Bubar dan Atlet Wajib Cek KondisiDok.IDN Times/istimewa

Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan, pelatda dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan sesuai imbauan dari Kemenpora. Pemerintah juga meminta agar event olahraga ditiadakan sementara, termasuk latihan rutin atlet dipindahkan ke rumah masing-masing.

“Virus corona jelas sangat mengganggu karena menyangkut masalah nyawa, jadi latihan diliburkan sementara. Para atlet diimbau latihan ringan di rumah untuk jaga kondisi aja,” ucap Alan, Kamis (26/3).

Baca Juga: Liga 2 Dihentikan Sementara, Tim PSMS Medan Dibubarkan?

2. 26 Atlet NPC Sumut juga terpaksa dipulangkan dari Pelatnas

Dampak COVID-19, Pelatda NPC Sumut Bubar dan Atlet Wajib Cek KondisiDok.IDN Times/istimewa

Selain atlet pelatda, anjuran yang sama juga diberikan kepada 26 atlet NPC Sumut yang baru saja kembali dari Pelatnas Solo. Mereka harus kembali ke daerah masing-masing, apalagi dengan mundurnya jadwal ASEAN Para games 2020 di Filipina hingga Oktober. Mundurnya jadwal juga efek dari corona. 

“Kemenpora minta diliburkan dulu dan dirumahkan semua para atlet. Jadi kami pengurus meginstruksikan atlet jaga kondisi fisik dan kebugaran selama latihan di rumah,” jelas Alan.

3. Atlet yang balik dari pelatnas diimbau cek kesehatan antisipasi COVID-19

Dampak COVID-19, Pelatda NPC Sumut Bubar dan Atlet Wajib Cek KondisiAtlet NPC Sumut targetkan borong emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 akan dihelat di Papua November mendatang (Dok. Humas Pemprov Sumut)

Alan mengimbau bagi para atlet nasional untuk mengecek kondisi kesehatan ke rumah sakit rujukan pemeriksaan COVID-19 yang ada di Sumut. Anjuran ini tentu untuk mematuhi pemerintah dalam rangka mendukung antisipasi serta memutus mata rantai COVID-19.

"Para atlet kami minta ke Rumah Sakit Sari Mutiara untuk cek kondisi. Selain itu, pastinya semua atlet harus rutin menjaga pola makan dan hidup yang baik serta mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin," kata Alan.

Baca Juga: Takut Terpapar Virus Corona Ratusan Atlet NPC Dipulangkan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya