Comscore Tracker

Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open 

KONI Sumut apresiasi kebangkitan judo

Medan, IDN Times- Berhasil meraih prestasi di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kasad Cup XIII, Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara tak mau larut dalam euforia. Para atlet judo Sumut dipersiapkan menghadapi Musi Open Cup pada Juni mendatang. 

Hal itu disampaikan Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah dalam acara jamuan dengan pengurus dan para atlet judo di Medan. 

"Alhamdulillah Kasad Cup yang merupakan program prioritas PB PJSI sudah kita lalui dengan berhasil meraih prestasi 1 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Ini jadi modal kita menghadapi PON 2024," kata Arief, Jumat (1/4/2022).

1. Musi Open bisa jadi ajang try out bagi atlet

Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open Pengurus dan para atlet PJSI Sumut bersama perwakilan KONI Sumut pada acara jamuan usaiKasad Cup (Dok.Istimewa)

Seperti diketahui pada Kasad Cup yang berakhir 27 Maret 2022 lalu, Sumut menorehkan prestasi lewat Helena Susyen (medali emas), Winner Panggabean dan Gusti Gowasa (medali perak), Adelia Dwinugraha, M Okky Wicaksono, Riki Ramadani dan Willy Pratama (perunggu). 

Winner dan Gusti tidak ikut pulang ke Medan karena melanjutkan latihan di Pelatnas Judo. "Meski bukan Kejurnas, tapi Musi Open bisa menjadi ajang try out bagi atlet kita dalam persiapan menghadapi PON 2024," kata Arief.

Baca Juga: Total 7 Medali di Kasad Cup 2022, Tim Judo Sumut Bikin PB PJSI Kaget

2. KONI Sumut puji prestasi Sumut di Kasad Cup

Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open Perwakilan KONI Sumut bersama pengurus PJSI Sumut (Dok.Istimewa)

Sementara itu Kepala Bidang Organisasi KONI Sumut, M Syahrir memuji prestasi judo di Kasad Cup. Menerjunkan 9 atlet, judo Sumut memboyong 7 medali. "KONI Sumut sangat berbangga atas prestasi atlet Sumut di Kasad Cup ini. Mungkin ada sedikit miss komunikasi selama ini. Ke depan akan kita benahi. Apalagi kami melihat judo Sumut menunjukkan sinyal kebangkitan saat ini di bawah kepemimpinan Bang Arief Fadhillah," kata Syahrir.

Hal senada juga diungkap Refli Yuner, pengurus KONI Sumut yang juga Dirut PT PPSU. Dia bangga para atlet bisa memboyong medali di ajang kejurnas. "Saya pastinya sangat mendukung kebangkitan judo Sumut. Dan diharapkan prestasi ini bisa berlanjut di PON 2024 sebagai tujuan sesungguhnya," kata Refli.

3. Atlet juga tak mau berpuas diri menghadapi even berikutnya

Usai Kasad Cup, PJSI Sumut Siapkan Atlet Hadapi Musi Open Para Pengurus dan atlet judo Sumut (Dok.Istimewa)

Sementara itu para atlet juga tak mau larut dalam euforia di Kasad Cup. Mereka siap untuk meraih prestasi di even-even berikutnya. Latihan intensif pun kembali digelar sekembalinya para atlet dari Cilodong. 

Helena Susyen, peraih medali emas di kelas -70 kg mengatakan sangat termotivasi saat ini setelah meraih prestasi di Kasad Cup. "Ke depan ada Musi Open, selanjutnya tentu tujuannya PON 2024," kata Helena.

Di sisi lain, PJSI Sumut kini juga sudah menyegarkan lisensi perwasitannya.Saat ini ada lima wasit bersertifikasi di PJSI Sumut.

Mereka adalah Eka Setya Wirawan Siregar (IJF), Wardiaty (Nasional A), Misri Dewi (Nasional B), Sumardi (Nasional B) dan Josef Yus (wasit Kata).

Baca Juga: Jelang Kasad Cup, Bank Sumut Beri Dukungan untuk Tim Judo Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya