Comscore Tracker

Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan Lagi

Yahya Nasution terpilih pimpin PJSI Deli Serdang

Medan, IDN Times- Setelah vakum sekitar 8 tahun, Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kabupaten Deli Serdang akhirnya kembali eksis. Hal itu setelah digelarnya Musyawarah Cabang PJSI Deli Serdang di RGR Coffee, Jalan Letda Sujono, Rabu (16/11/2022). 

Hasilnya, Muhammad Yahya Nasution terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi. Muscab ini dihadiri perwakilan 3 klub yang berada di bawah Pengcab PJSI Deli Serdang, yakni Tsuyoshi, Percut Sei Tuan Judo Club, Deli Serdang Judo club.

1. Program PJSI Sumut bentuk lagi pengcab-pengcab di kabupaten/kota

Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan LagiKetum PJSI Sumut, M Arief Fadhillah (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah mengatakan, musyawarah digelar untuk menghidupkan kembali Pengcab PJSI Deli Serdang yang sudah lama vakum. "Ini juga dalam rangka mewujudkan program kerja PJSI Sumut untuk membentuk pengcab-pengcab dari kabupaten/kota di seluruh Sumatra Utara. Dengan ini ada 6 pengcab yang aktif di bawah PJSI Sumut," kata Arief. 

Pengcab yang kini aktif antara lain Medan, Tebing Tinggi, Karo, Binjai, Dairi, Deli Serdang. "Nanti menyusul Serdang Bedagai dan Tanjungbalai," kata pria yang berprofesi sebagai notaris itu.

Arief berharap Yahya Nasution bisa bisa mengemban amanah untuk membangkitkan judo di Deli Serdang. "Kita harapkan dari Deli Serdang muncul pejudo-pejudo potensial dan masa depan untuk Sumut dan nasional. Diketahui 2 pejudo di pelatnas saat ini Winner Felix Panggabean dan Helena Susyen berasal dari Deli Serdang. Kita harapkan pembinaan semakin baik demi target kita meraih medali di PON 2024 mendatang," tambah Arief.

Baca Juga: Awalnya Tak Minati Judo, Kini Winner Felix Panggabean Lolos Pelatnas

2.Misi bangkitkan judo Deli Serdang

Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan LagiKetua terpilih Pengcab PJSI Deli Serdang, M Yahya Nasution (Dok.Istimewa)

Sementara itu Ketua Umum terpilih Pengcab PJSI Deli Serdang, Yahya Nasution mengatakan siap mendukung misi PJSI Sumut membangkit judo di Sumatra Utara.

"Tentu kita ingin mengembangkan sayap judo di bawah PJSI Sumut khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Kita juga ingin memperkenalkan judo kepada Forkopimda di Deli Serdang sehingga pembinaan lebih baik lagi," kata Yahya. 

3. Bukan orang baru di dunia judo

Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan LagiWinner Felix Panggabean, atlet judo Sumut yang dipanggil pelatnas (IDN Times/Doni Hermawan)

Yahya sendiri bukan orang baru di dunia judo. Dia juga seorang mantan atlet judo. "Dulu tahun 1990-an sampai tahun 2000-an menekuni judo. Terakhir SMA. Jadi ini menjadi nostalgia bagi saya kembali ke judo. Tapi kali ini sebagai pengurus. Dulu juga sempat jadi panitia Wismoyo Cup tahun 1999 yang merupakan kejuaraan judo internasional," kata Yahya.

Saat ini ada dua pejudo asal Deli Serdang yang menghuni pelatnas yakni Winner Felix Panggabean dan Helena Susyen. Ia berharap akan ada lagi pejudo asal Deli Serdang yang bisa menembus pelatnas. "Tentu kita akan lakukan pembinaan agar muncul lagi atlet-atlet judo dari Deli Serdang yang bisa menembus pelatnas dan berprestasi di kancah nasional maupun internasional," pungkasnya.

Baca Juga: Sejarah! Tiga Atlet Judo Sumut Dipanggil Pelatnas

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya