Reli Muara Bungo, Ijeck dan Rifat Bersaing Ketat Kejar Juara Nasional

Ijeck dan Rifat saling kejar di separuh lomba putaran 3

Medan, IDN Times- Dua pereli senior Musa Rajekshah (Bla Bla Bla Motorsport) dan Rifat Sungkar (Mitsubishi Xpander Rally Team ) bersaing ketat memerebutkan juara umum Kejuaraan Nasional Reli 2022. Hal itu tersaji di Kejurnas Reli putaran 3 dan 4 di Muara Bungo, Jambi yang digelar Sabtu dan Minggu, 22-23 Oktober 2022.

Ini merupakan final round dari seluruh rangkaian kejurnas. Sebelumnya dua seri digelar di Danau Toba. Dengan selisih poin yang ketat di klasemen, siapa yang paling berpeluang?

1. Hanya berselisih tiga poin di klasemen overall

Reli Muara Bungo, Ijeck dan Rifat Bersaing Ketat Kejar Juara NasionalWagub Sumut, Wagub Musa Rajekshah saat melibas trek di Kejurnas Reli Muara Bungo Jambi putaran 3, Sabtu (22/10/2022) (Dok.Musa Rajekshah)

Saat ini pereli X-Pander Rally Team, Rifat Sungkar mengantongi 30 poin. Ijeck, yang juga Wakil Gubernur Sumatra Utara menguntit di urutan kedua dengan hanya mengoleksi 27 poin. Ini tak lepas dari hasil gemilang di seri II Danau Toba yang juga masuk rangkaian APRC.

Sementara posisi ketiga, pereli Kalimantan Selatan, Ahmad Rizky Prayoga dengan 24 poin diikuti pereli Kalimantan Timur, Ryan Nirwan kantongi 22,5 poin berada di urutan keempat. Hasil buruk dengan gagal finish di seri II Danau Toba membuat Ryan kehilangan banyak poin meski berhasil menjuarai seri I. Keempatnya berlomba di kelas M1 dan sama-sama berpeluang.

Baca Juga: Kejar Poin Rifat Sungkar, Ijeck Ikut Kejurnas Rally di Jambi

2. Ijeck dan Rifat bersaing di separuh lomba hari pertama

Reli Muara Bungo, Ijeck dan Rifat Bersaing Ketat Kejar Juara NasionalWagub Sumut, Wagub Musa Rajekshah saat melibas trek di Kejurnas Reli Muara Bungo Jambi putaran 3, Sabtu (22/10/2022) (Dok.Musa Rajekshah)

Hari pertama putaran 3 Sabtu (22/10/2022), para pereli akan menyelesaikan 6 SS. Dari separuh lomba hari pertama Ijeck dan Rifat bersaing ketat.

Pada SS 1, Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing melesat di urutan pertama dengan 05:04.7. Sementara di urutan kedua Ijeck/Hervian Soejono dengan Skoda Fabianya dengan selisih 3,1 detik. 

Sementara Rifat dan navigatornya Benjamin Searcy dengan Mitsubishi Xpander-nya menempati urutan ketiga dengan 05:20.6.

Pada SS2 tercepat Rifat Sungkar dengan total time 13.49.7. Posisi kedua Ijeck dengan catatan waktu 13:53.2 dan posisi ketiga H.Putra Rizky dengan catatan waktu 14:13.8.

Di SS3 posisi pertama Rifat Sungkar dengan total time 04:23.1. Posisi kedua, Ijeck dengan catatan waktu 04:29.3 dan posisi kita pembalap asal Malaysia, Karamjit Singh 04:35.0.

3. Ijeck: Mudah-mudahan juara nasional

Reli Muara Bungo, Ijeck dan Rifat Bersaing Ketat Kejar Juara NasionalPara juara Asian Pasific Rally Championship (APRC) Seri IV Danau Toba (IDN Times/Doni Hermawan)

Usai menuntaskan 3 SS, Ijeck mengatakan persaingan sangat ketat. "Alhamdulillah, kami diposisi 2 nasional, setelah Rifat Sungkar dan selisih hanya 3 poin. Begitu juga yang posisi ketiga, tidak terlalu banyak. Mudah-mudahan kami ikut di sini, Allah izinkan kami bisa juara Nasional. Sekarang urutan sampai SS3 masih ketat," kata Ijeck.

Ijeck mengakui lintasan di sirkusi sangat menantang.  "Persiapan sama seperti pereli lain, baik kendaraan, kita, survei lintasan-lintasan. Kita di Jambi ini, baru kali pertama, beda dengan Sumatra Utara. Lebar, tapi tanah merah, beda karakter. Itu mudah-mudahan bisa sukses sampai akhir," pungkasnya.

Tiga SS lanjutan akan digelar hingga sore hari ini untuk menentukan hasil akhir putaran ketiga. Sementara putaran keempat digelar Minggu (23/10/2022) besok dengan 7 SS di Sirkuit Suwarnadwipa, Mura Bungo.

Baca Juga: Rifat Sungkar Juarai APRC Seri IV Danau Toba, Wagub Ijeck Runner Up

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya