PJSI Sumut Terjunkan 12 Atlet Ikuti Jakarta Judo Championship

Matangkan persiapan menghadapi PON 2024

Medan, IDN Times- Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara akan menerjunkan atlet-atletnya mengikuti Kejuaraan International Judo Championship 2022 di GOR Kelapa Gading, Jakarta 2-4 Desember 2022. Sebanyak 12 atlet akan diturunkan.

Sebanyak 6 di antaranya merupakan atlet pelatda judo Sumatra Utara. Di mana 3 di antaranya saat ini sudah berlatih di pelatnas sejak akhir Oktober lalu. Mereka adalah Gusti Irawan Gowasa (senior -55 kg), Willy Pratama Ginting (senior -90 kg), Jihan Syahkilla Lubis (youth -52 kg).

Sementara tiga pejudo di pelatnas adalah Helena Susen (senior -78 kg), Nanda Olivia Banurea (senior -70 kg), dan Winner Felix Panggabean (senior -66 kg).

Enam pejudo lainnya di luar pelatda termasuk kelas junior antara lain Fadli Ardiansyah Manik (senior -73 kg), Jhonatan Abigel Panggabean (youth -55 kg), Renaldi Agus Wira Parhusip (youth -60 kg), Inoue Al Aqsha Firdaus (youth -81 kg), Redinda Syahira (youth -52 kg), dan Genio Vincentius Sirait (cadet pria -38 kg).

1. Menambah jam terbang atlet pelatda Sumut

PJSI Sumut Terjunkan 12 Atlet Ikuti Jakarta Judo ChampionshipKetua Pengprov PJSI Sumut, M Arief Fadhillah menyemangati atlet (IDN Times/Doni Hermawan)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan tujuan mengikuti kejuaraan ini untuk mematangkan persiapan atlet pelatda.

"Kita ingin menambah jam terbang atlet sehingga mereka bisa punya dapat kesempatan bertanding lebih banyak untuk menguji hasil latihan. Termasuk atlet kita yang saat ini berlatih di pelatnas kita turunkan. Kita harap mereka berkembang lebih baik," kata Arief.

Arief berterima kasih atas dukungan berbagai pihak. Termasuk KONI Sumatra Utara. "Dukungan dan bantuan dari KONI Sumut membuat kita bisa memberangkatkan 12 atlet. Tentu ini bagian dari persiapan menghadapi PON 2024. Sementara atlet di luar pelatda kita kirim selain untuk memersiapkan lapis kedua pelatda juga untuk pembinaan karena kita ikutkan kelas cadet dan junior," kata Arief, Selasa (30/11/2022).

Baca Juga: Kejuaraan Judo Piala Pangdam I/BB, Pelatda Sumut Dominasi Juara

2. Tak mau targetkan muluk-muluk

PJSI Sumut Terjunkan 12 Atlet Ikuti Jakarta Judo ChampionshipGenio, atlet judo muda Sumut yang juga terjun di Jakarta International Judo Championship 2022 (IDN Times/Doni Hermawan)

Soal target, Arief mengatakan, tak mematok target muluk-muluk. "Yang pasti kita ingin lihat perkembangan atlet karena tujuan kita jangka panjang di PON 2024. Tapi kalau berhasil mendapatkan prestasi di kejuaraan ini tentu lebih bagus lagi," pungkasnya.

Sebelumnya PJSI Sumut sudah mengirimkan atlet di dua kejuaraan nasional yakni Piala Kasad dan Piala Menpora 2022. Di Piala Kasad, Sumut meraih 1 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu. Sementara di Piala Menpora, Sumut meraih 1 medali emas, dan 1 perunggu.

3. Diharapkan atlet tunjukkan perkembangan positif dari pelatnas

PJSI Sumut Terjunkan 12 Atlet Ikuti Jakarta Judo ChampionshipManajer tim judo Sumut di Jakarta International Judo Championship, Yahya Nasution (dua dari kanan) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Yahya Nasution selaku manajer optimis bisa meraih prestasi di kejuaraan tersebut. Apalagi untuk atlet yang berlatih di pelatnas diharapkan menunjukkan perkembangan signifikan.

"Target kita karena atlet kita untuk Sumut ada tiga atlet di pelatnas. Insya Allah mereka bisa dapat emas. Anggota kita dari daerah juga diharapkan bisa mendapatkan medali. Mudah-mudahan target bawa 4 medali emas," kata Yahya.

"Untuk atlet pelatnas yang turun gak begitu gusar., karena mereka punya latihan khusus. Anak-anak dari daerah tes bertanding aja di situ. Menambah pengalaman dan jam terbang," pungkas Ketua PJSI Deli Serdang ini.

Baca Juga: Sempat Vakum, Pengcab PJSI Deli Serdang Dibangkitkan Lagi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya