Comscore Tracker

PJSI Sumut Audiensi ke Konjen Jepang, Buka Peluang Kerja Sama

Konjen Jepang akan tampung aspirasi PJSI Sumut

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara melakukan audiensi ke Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Kamis (21/4/2022). Kehadiran PJSI Sumut untuk bersilaturahmi dan membuka peluang sinergi soal olahraga judo yang merupakan bagian dari pertukaran budaya Jepang dengan Indonesia. 

Konjen Jepang di Medan, Takonai Susumu berterima kasih atas kehadiran PJSI Sumut yang berupaya membangkitkan olahraga judo. 

"Terima kasih atas perhatian terhadap olahraga judo di Sumut. Kami mendukung karena ini hubungan yang penting antara Indonesia dengan Jepang. Apalagi sebelumnya ada beberapa bentuk kerja sama seperti Sister City Medan dengan Ichikawa dan pertukaran pelatih hingga mendatangkan baju-baju judo (judogi). Kita akan cek apakah baju-baju itu bisa dikirim lagi ke sini karena biasanya banyak yang tidak digunakan lagi," kata Takonai. 

1. Konjen Jepang akan menampung aspirasi dari PJSI Sumut dan jika memungkinkan masuk agenda Sister City

PJSI Sumut Audiensi ke Konjen Jepang, Buka Peluang Kerja SamaPJSI Sumut saat audiensi dengan Konjen Jepang di Medan (Dok.Istimewa)

Takonai mengenang saat dirinya masih sekolah dan menekuni olahraga judo. Menurutnya sangat bermanfaat untuk kehidupannya saat ini meski tak menjadi atlet. 

"Saya waktu SD dan SMP ada latihan judo di sekolah dan itu wajib di Jepang. Di kampung saya juga lahir pejudo terkenal dan sangat kuat. Bahkan melahirkan juara dunia. Ini sangat bermanfaat. Jadi saya mendukung olahraga judo ini terus berkembang di sini," kata Takonai.

Takonai mengatakan akan menampung aspirasi dari pengurus PJSI Sumut yang hadir. Termasuk keinginan menjadikannya sebagai pembina. "Saya sudah mencatat aspirasi dari pengurus judo di Sumut. Akan kami teruskan ke JICA (Japan International Cooperation Agency). Kami akan berupaya memasukkan agenda judo ke Sister City Ichikawa," kata Takonai.

Baca Juga: PTPN 3 Dukung Judo Sumut Berprestasi Menuju PON 2024

2. PJSI Sumut berharap bisa mendapat dukungan dari Konjen Jepang dalam upaya menggaungkan judo

PJSI Sumut Audiensi ke Konjen Jepang, Buka Peluang Kerja SamaAtlet judo Sumut, Helena Susyen (biru) memastikan medali emas Kasad Cup XIII usai mengalahkan pejudo Jawa Timur (Dok.PJSI Sumut)

Sementara itu Ketum PJSI Sumut, M Arief Fadhillah mengatakan, kepengurusan baru ini sedang berusaha membangkitkan dan menggaungkan lagi judo di Sumatra Utara. Untuk itu kerja sama dengan berbagai pihak dijajaki. 

"Kami menjalin berbagai kerja sama dengan BUMN, BUMD dan lainnya untuk menghadapi berbagai even. Kami berharap juga bisa membangun hubungan dengan Konsulat Jepang. Apalagi ada agenda tahun 2023 untuk bisa mengirimkan atlet ke Jepang untuk berlatih di sana," kata Arief. 

Sekretaris PJSI Sumut, Josef Yus menambahkan, kerja sama ini pernah terjadi sebelumnya di masa kepemimpinan Konjen Jepang Hamada. Namun sempat terhenti. "Karena itu kami berharap hubungan Konjen Jepang dengan PJSI Sumut bisa mesra kembali dan kita bisa bekerja sama dalam berbagai kesempatan ke depan. Termasuk mendatangkan pelatih dari Jepang," tambahnya.

3. Berupaya menjembatani lagi hubungan dengan Konjen Jepang

PJSI Sumut Audiensi ke Konjen Jepang, Buka Peluang Kerja SamaPengurus PJSI Sumut bernama penasehat Umeda (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu Pembina PJSI Sumut, Jamharil Umeda mengatakan berupaya menjembatani hubungan Konjen Jepang di Medan dengan PJSI Sumut. Apalagi judo jadi salah satu dari budaya Jepang yang kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia.

"Kita berupaya menjembatani hubungan yang dulu sempat ada. Seperti Sister City dengan Ichikawa yang diharapkan bisa ada menyangkut soal judo dan kita harapkan Konjen bisa memberi perhatiannya. Mudah-mudahan dari pertemuan ini bisa menjadi pembuka jalan untuk peluang kerja sama ke depannya. Kita harapkan juga Konjen bisa menyempatkan waktunya ke Dojo kita di Jalan Gaharu melihat para atlet berlatih," kata Umeda.

Baca Juga: Total 7 Medali di Kasad Cup 2022, Tim Judo Sumut Bikin PB PJSI Kaget

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya