Perdana Dipertandingkan, Barongsai Sumut Target 3 Emas PON 2024

Tim akan diikutkan kejuaraan di Malaysia untuk try out

Medan, IDN Times- Barongsai menjadi cabang olahraga baru yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara. Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumatera Utara (Sumut) mengusung target 3 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu pada 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua FOBI Sumut, Peter Suhendra di Posko Publikasi PON XXI/2024 Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing Medan, Senin (5/6/2023). Mereka akan mengikuti 10 nomor lomba. 

1. Sepuluh nomor lomba akan diikuti

Perdana Dipertandingkan, Barongsai Sumut Target 3 Emas PON 2024Pengurus Barongsai Sumut membeberkan persiapan menghadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Sepuluh nomor lomba tersebut antara lain Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang, Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Taolu Tradisional, Barongsai Kecepatan, Barongsai Halang Rintang, Barongsai Ketangkasan ZUO TOU, Pekingsai Taolu Bebas, dan Pekingsai Kecepatan. 

"Walaupun perdana dipertandingkan di arena PON namun sebagai tuan rumah kita yakin dengan target (6 medali) ini," kata Peter.

Sebelumnya pada Kejurnas Barongsai di Yogyakarta akhir 2022 lalu, Barongsai Sumut meraih medali di nomor Pekingsai yakni 1 perunggu taolo bebas, 1 perunggu kecepatan dan di Tradisional 1 perak dan 1 perunggu Malang Melintang serta 1 perunggu di Kecepatan.

"Hasil ini sudah membuktikan kita bisa bersaing di tingkat nasional," kata Peter yakin.

Baca Juga: Diperkuat Atlet SEA Games, Balap Sepeda Sumut Target 9 Emas

2. Butuh tambahan atlet untuk memenuhi kuota 31 orang

Perdana Dipertandingkan, Barongsai Sumut Target 3 Emas PON 2024Pengurus Barongsai Sumut membeberkan persiapan menghadapi PON 2024 (Dok.Istimewa)

Namun kuota atlet menurutnya masih kurang. Saat ini FOBI Sumut baru memiliki 13 dari kuota 31 atlet. Mereka terbagi dalam 8 orang di nomor Tradisional dan 5 orang di nomor Pekingsai.

Saat ini Barongsai juga mencari pelatih nasional dan juga internasional seperti dari Malaysia dan China ini untuk memantapkan kekuatan tim.

Saat ini persiapan terus digenjot baik teknik maupun fisik. Untuk menambah jam terbang akan diikutkan menghadapi kejuaraan nasional hingga internasional. 

"Maka persiapan terus kita genjot, bahkan lebih sering atlet Barongsai Sumut akan kita ikutkan ke kejuaraan baik nasional hingga internasional sehingga mereka memiliki jam terbang yang banyak dengan bertanding," jelas Peter. 

3. Tim Barongsai Sumut akan diterjunkan ikut kejuaraan internasional di Malaysia

Perdana Dipertandingkan, Barongsai Sumut Target 3 Emas PON 2024pixabay.com/Vladvictoria

Rencananya Barongsai Sumut ke Genting, Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2023 mendatang untuk mengikuti Kejuaraan Barongsai yang diikuti 20 negara dari seluruh dunia.

Sementara Sekretaris FOBI Sumut Bobby C Halim mengatakan, saat ini para atlet dengan rutin berlatih setiap hari  di Lanud Soewondo (latihan tekhnik) dan Stadion Unimed (fisik).

"Program pelatda kita gelar setiap hari Senin hingga Jumat, untuk Sabtu dan Minggu kita berlatih di Kolam Renang Selayang yang dipantau coach Asep dan David," pungkasnya. 

Baca Juga: Target 4 Emas PON 2024, Arung Jeram Sumut Butuh Peralatan yang Memadai

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya