Comscore Tracker

Pemanasan SEA Games 2019, Timnas Basket Putra Uji Kekuatan di Medan

Penampilan perdana di bawah Coach Toro asal Serbia

Medan, IDN Times - Timnas basket putra menjadikan Elang Cup Basketball Tournament di Medan sebagai evaluasi serta seleksi berjalan tim di bawah asuhan Rajko Toroman (Toro) asal Serbia. Ajang ini bergulir di GOR Angkasa Lanud Analisa, 7-13 Agustus.

Event ini sarat akan gengsi karena diisi 2 tim asal luar negeri, tim IBL, dan tentunya Timnas Indonesia melalui Indonesia Selection. Dua klub IBL yakni, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Prawira Bandung. Sementara klub asing, Red Baron Malaysia dan Adroit Singapore. Tim lokal melengkapi seperti yakni Methodist 2 Hawk, CSP Devils, dan BBM Viking.

Adapun Timnas basket putra nantinya akan disiapkan menuju SEA Games 2019 di Filipina. Pesta olahraga terbesar se-Asia tenggara itu dijadwalkan berlangsung 30 November-11 Desember.

Baca Juga: Keren! Laga Perdana AFF, Timnas U-18 Pesta 7 Gol ke Gawang Filipina

1. Bawa 14 pemain baru

Pemanasan SEA Games 2019, Timnas Basket Putra Uji Kekuatan di MedanIDN Times/Hasudungan

Manajer timnas, Fareza Tamrella menjelaskan, keikutsertaan Timnas ke Medan dalam rangka seleksi tim. Elang Cup diakui sebagai ajang tepat karena menghadirkan tim-tim kuat, di luar tim IBL.

"Kami ingin melihat kemampuan para pemain baru terpilih. Ada 14 pemain, termasuk Vincent Kosasi baru bergabung. Dia baru 2 kali latihan karena Revaldo cedera," terang Fareza didampingi Coach Toro.

2. Adaptasi dengan gaya permainan Coach Toro

Pemanasan SEA Games 2019, Timnas Basket Putra Uji Kekuatan di MedanIDN Times/Hasudungan

Rajko Toroman (Toro) sejatinya baru bergabung dalam tim sejak 25 Juli. Artinya, sudah 2 pekan berlangsung pelatih asal Serbia itu memimpin tim didampingi para asistennya, termasuk Wahyu Widayat Jati alias Cacing.

"Ya, coach Toro baru bergabung. Jadi ini penting, dia ingin melihat pemain apa bisa cocok dengan sistem yang ada. Tim ini proses memahami sistem. Sedikit banyak sudah bisa, tinggal aplikasi di lapangan," terangnya.

3. Seleksi berjalan menuju SEA Games 2019

Pemanasan SEA Games 2019, Timnas Basket Putra Uji Kekuatan di MedanIDN Times/Hasudungan

Dijelaskannya, seleksi berjalan hingga pertengahan Oktober mendatang. Serangkaian uji tanding akan dilewati. Setelah dari Medan, juga akan mengikuti turnamen di Taiwan.

"Sistemnya ada Tim A dan Tim B. Jadi usai dari Medan nanti, pemain yang Tim A ini akan kami kembalikan. Kami akan panggil pemain baru untuk Tim B, ada 19 pemain," jelasnya.

Tim B sendiri dijadwalkan mengikuti turnamen di Taiwan, 23-30 September mendatang. "Setelah itu, dari Tim A dan B kami akan gabung. Kami pilih 18 pemain terbaik. Selanjutnya, try out terakhir itu ke Serbia. Itu udah bawa 14 pemain lah, kerangka tim untuk ke SEA Games," sambung dia

4. Bicara target di Medan

Fareza menjelaskan, target datang ke Medan bukan sebatas seleksi. Lebih dari itu, gelar juara menjadi incaran utama mengingat tim membawa nama Indonesia Selection.

"Bicara target pasti pada akhirnya ingin mencapai puncak. Ini kan bawa nama Timnas melalui Indonesia Selection. Jadi bicara kejuaraan sudah pasti ingin juara apalagi kami datang dengan pemain terbaik yang ada saat ini," terangnya.

Diakuinya, timnas kini masih dalam keterbatasan. "Tapi itu tidak jadi alasan. Target utama juga pasti para pemain bisa saling memahami dengan sistem coach Toro, bagaimana skema di lapangan. Komunikasi antar pemain dalam tim juga penting," tutupnya.

Baca Juga: Setelah Pensiun dari Basket, Kobe Bryant Kini Jadi Duta Resmi Fun88

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya