PDBI Sumut Targetkan 5 Medali Emas Drum Band di PON 2024

PDBI Sumut periode 2021-2025 dilantik

Medan, IDN Times- Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi berpesan agar Drum Band Sumut bisa berjaya di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Hal itu dikatakannya saat hadiri pelantikan Pengurus Drum Band Indonesia (PDBI) Sumatra Utara periode 2021-2025 yang baru saja dilantik, Minggu (21/11/2021).

"Salah satu caranya dengan meraih prestasi atau meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasinal (PON) 2024, di mana Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumahnya," kata Edy di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jl. Sudirman 41 Medan.

Namun mewujudkan itu bukanlah sesuatu yang mudah. Harus bekerja keras, dan dengan waktu yang panjang ini. Edy meyakini PDBI Sumut bisa mewujudkannya.

"Lakukan dengan profesional, panggil pelatih dan berkolaborasilah dengan semua pihak. Saya yakin, kalian bisa membesarkan serta mengharumkan nama Sumut yang sudah besar ini," kata Edy. 

1. Akan ada 14 emas yang diperebutkan pada PON mendatang

PDBI Sumut Targetkan 5 Medali Emas Drum Band di PON 2024Ilustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sementara Ketua Umum PB PDBI Joko Sarwoko yang hadir secara virtual mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah Sumatera Utara terhadap pelantikan pengurus PDBI Sumut masa bakti 2021-2025. Ia optimis PDBI pada kepengurusan baru ini dapat meraih prestasi lebih baik ke depannya.

"Saya yakin nantinya PDBI Sumut dapat melahirkan atlet-atlet drum band muda potensial dan berprestasi baik di tingkat daerah maupun nasional. Tentunya hal ini wajib dilakukan demi menyambut PON 2024, di Sumut dan Aceh," katanya.

Lanjut Joko, dalam PON 2024 mendatang PB PDBI akan menyediakan 14 medali emas untuk diperebutkan. "Tentunya semoga PDBI Sumut dapat meraih target yang diusung yakni menyabet lima medali emas," tambahnya.

Baca Juga: Koleksi 27 Emas, Sumut Finish di Lima Besar Peparnas 2021

2. PDBI Sumut akan menggelar berbagai even termasuk Kejurda Piala Gubernur Sumut

PDBI Sumut Targetkan 5 Medali Emas Drum Band di PON 2024Baharuddin Siagian kini memimpin PDBI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

PDBI Sumut dipimpin Mantan Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian. Dalam menjalankan kepengurusan ia didampingi Sekretaris Umum Fachrur Razi , Bendahara Umum Pelangi W Wijaya. Lalu, para wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara, dan bidang-bidang.

Sementara itu, Ketua PDBI Sumut Baharuddin Siagian menjelaskan jika PDBI berdiri pada tanggal 30 Oktober 1977, dan salah satu pendirinya merupakan orang Sumut.

"Awalnya cabor drum band ini hanya ada di 18 kabupaten/kota di Sumut. Namun alhamdulillah meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, sekarang drum band sudah ada di 25 kabupaten/kota," terangnya.

Dikatakan, target perjuangan pertama PDBI Sumut setelah dilantik ini akan melakukan peningkatkan kapasitas organisasi di Sumut. Kedua, dalam rangka persiapan PON 2023 ke-21, PDBI Sumut akan melakukan seleksi atau talent scouting di kab/kota.

"Lalu akan menggelar even-even, salah satunya kejurda memperebutkan Piala Gubernur Sumut. Rencananya event ini akan digelar Maret tahun 2022 mendatang," ucapnya.

3. Drum Band Sumut targetkan lima medali emas

PDBI Sumut Targetkan 5 Medali Emas Drum Band di PON 2024Pelantikan Pengurus PDBI Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Minggu (21/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Drum band, kata Bahar, merupakan perpaduan seni budaya dan olahraga. Di mana olahraganya, karena ada prestasi yang dinilai pada drum band.

"PDBI Sumut juga berkomitmen penuh mendukung Sumut menjadi tuan rumah PON. Dan kami juga punya target yakni dapat menyabet lima medali emas dari 14 medali emas yang dipertandingkan," tutupnya. 

Turut hadir Kadispora Sumut Ardan Noor, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, serta para stakeholder.

Baca Juga: Nina Gusmita, Ratu Balap Kursi Roda Sumut yang Hattrick Emas dan Rekor

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya