Comscore Tracker

NPC Sumut Diminta Bentuk Kepengurusan di 33 Kabupaten/Kota

NPC Sumut rumuskan program lewat Rakerprov

Medan, IDN Times- National Paralympic Committee (NPC) Sumatra Utara diminta untuk membentuk kepengurusan cabang di 33 kabupaten/kota. Hal ini agar pembinaan atlet bisa merata sampai ke daerah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Tuahta Ramajaya Saragih saat membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) NPC Sumut, di Medan, Kamis (17/11/2022) malam. 

Dengan ini NPC Sumut bisa lebih mudah dalam pemantauan atlet yang akan dipersiapkan untuk Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024.

"Harapan saya melalui rapat kerja ini ada hasil yang didapat untuk proyeksi Peparnas 2024. Termasuk menyusun program jangka panjang agar kita bisa menciptakan kepengurusan NPC di 33 kabupaten/kota. Makanya, melalui rakerprov ini seluruh pengurus provinsi bisa mengkonsolidasikan dengan NPC kabupaten dan kota. Salah satu tujuannya ada mengatur strategi menyongsong Peparnas 2024 di Sumut - Aceh," kata Tuahta.

1. Pemerintah Sumut akan menyiapkan anggaran

NPC Sumut Diminta Bentuk Kepengurusan di 33 Kabupaten/KotaKadispora Sumut, Tuahta Ginting saat membuka Rakerprov NPC Sumut, Kamis (17/11/2022) malam (Dok.Istimewa)

Tuahta mengatakan, pemerintah Sumut akan menyiapkan anggaran untuk mendukung persiapan NPC Sumut menghadapi Peparnas.

"Saya minta kepada pengurus NPC mulai tingkat provinsi sampai kabupaten dan kota fokus saja ke atlet. Biar nanti saya siapkan anggarannya oleh pemerintah. Kita targetkan, mudah - mudahan Sumut bisa tiga besar atau jadi nomor satu di Peparnas," harap Tuahta.

Sementara, Sekretaris NPC Indonesia, Ukun Rukaendi menilai secara umum Sumut tampaknya sudah siap menjadi tuan rumah Peparnas. Bahkan, Ukun berkeyakinan dengan rentetan prestasi yang selama ini telah ditorehkan atlet NPC di event nasional maupun internasional, bukan tidak mungkin Sumut bisa merebut juara umum pada Peparnas 2024. 

"Optimisme peparnas 2024 Sumut bisa jadi juara umum. Dengan semangat bersama saya yakin NPC Sumut bisa juara umum. NPC Indonesia ingin Peparnas di sini lebih sukses dari Peparnas sebelumnya," ucap Ukun.

Baca Juga: NPC Sumut Persiapkan 300 Atlet Hadapi Peparnas 2024

2. NPC Sumut akan menyiapkan program agar meraih prestasi lebih baik di Peparnas

NPC Sumut Diminta Bentuk Kepengurusan di 33 Kabupaten/KotaKetua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting (Dok.Istimewa)

Diharapkannya dari Rakerporv, NPC Sumut bisa merumuskan program yang mendukung untuk persiapan Pepernas

"Rakerprov ini bagian dari AD/ART NPC Indonesia yang haris dijalankan. Kita ingin Rakerprov ini dapat menghasilkan program-program yang bisa lebih bereksis, maju, berkembang, dan bisa mendukung Peparnas berjalan baik," harapnya. 

Sementara itu Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan, lewat Rakerprov ini pihaknya akan merencanakan program agar di Peparnas 2024, Sumut bisa meraih prestasi yang lebih baik dari Peparnas sebelumnya.

"NPC Sumut pada Peparnas 2016 kita posisi ranking tiga dengan merebut 38 emas. Sedangkan di Papua dengan 65 atlet kita posisi lima. Memang ada penurunan ranking dan medali. Harus saya akui persaingan di nasional sekarang sudah merata," kata Alan. 

3. Ada 65 atlet yang saat ini menghuni pelatda

NPC Sumut Diminta Bentuk Kepengurusan di 33 Kabupaten/KotaRakerprov NPC Sumut dimulai Kamis (17/11/2022) (Dok.Istimewa)

Saat ini, pelatda NPC Sumut sudah dimulai. Ada 65 atlet yang saat ini dipersiapkan adalah atlet yang berprestasi dari Peparnas Papua. Alan menargetkan tahun 2023, minimal Sumut sudah bisa membina 250 atlet.

"Di APG Solo atlet Sumut berjumlah 24 atlet ikut pelatnas dan kita bawa pulang 22 medali emas. Tahun depan saya yakin atlet kita bertambah di pelatnas. Kita siapkan generasi. Harapan ada penambahan anggaran untuk tahun depan," pungkasnya.

Baca Juga: Bangga! Pasutri NPC Sumut Raih Perak di Grandprix Para Atletik Swiss

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya