Menpora Tinjau Venue PON 2024 di Sumut, Edy Singgung Stadion Utama

Edy harap kucuran dana APBN agar stadion bisa dibangun

Medan, IDN Times- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meninjau langsung persiapan Pekan Olahraga Nasional XXI di Aceh-Sumut yang akan digelar 2024 mendatang. Dito datang meninjau venue-venue dan menggelar rapat persiapan dengan Panitia Besar (PB) PON XXI di Medan, Sumatra Utara sejak Jumat (4/8/2023). 

Tiba di Bandara Kualanamu, Dito langsung menuju GOR Mini Pancing, Jalan Willem Iskandar Deli Serdang. Dito meninjau mulai dari gedung futsal, gedung boling, stadion mini, dan juga gedung serba guna.

Ia ditemani Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

“Progres pembangunan di Sumut sangat baik. Kita sama-sama ingin PON ini maksimal ,” kata Menpora Dito. 

1. Ada beberapa catatan dari Menpora untuk persiapan venue PON

Menpora Tinjau Venue PON 2024 di Sumut, Edy Singgung Stadion UtamaMenpora Dito Mahendra saat meninjau salah satu venue untuk PON 2024 di Sumut (Dok.Kemenpora)

Usai meninjau venu, Dito melakukan rapat koordinasi penyelenggaraan PON XXI/2024 Aceh-Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan pada Jumat (4/8/2023) malam.

Dito mengatakan memang ada beberapa catatan yang harus dicari solusinya agar persiapan bisa lebih matang. Terutama untuk penuntasan venue. Menurutnya koordinasi pemerintah pusat dengan daerah juga terus dimatangkan.

“Catatan-catatan itu harus kita carikan solusi untuk persiapan venue. Tadi kita juga sudah cek beberapa sarana olahraga terkait progres dan itu sudah bagus,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Ia mengatakan segala masukan dan aspirasi dari Aceh-Sumut sebagai tuan rumah akan ditampung. Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan stakeholder terkait agar menghadirkan solusi demi kelancaran penyelenggaraan PON.

“Apa yang disampaikan dalam rapat koordinasi kita tampung. Kemenpora tentu mereview bersama KONI Pusat dan beberapa kementerian/lembaga terkait,” terangnya.

Baca Juga: Cabor Berkuda Bidik 4 Emas PON 2024, Atlet Banyak Berlatih di Jawa

2. KONI pusat berharap PON 2024 bisa sesuai jadwal

Menpora Tinjau Venue PON 2024 di Sumut, Edy Singgung Stadion UtamaRapat koordinasi Menpora dengan PB PON 2024 di Sumut, Jumat (4/8/2023) malam (Dok.Kemenpora)

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman berharap kick off PON 2024 tak mundur. Sesuai jadwal PON akan digelar September 2024.

“Kami berpandangan bahwa tahapan PON di Sumut ini sesuai dengan apa yang diharapkan. Semoga waktu yang tersisa ini bisa dimaksimalkan dengan baik,” jelasnya.

Perkembangan yang ada disambut Marciano dengan gembira setelah melakukan kunjungan ke sejumlah sarana olahraga.

“Perkembangan di Sumut ini sangat baik. Hal ini sangat bagus. Sehingga saat PON 2024 nantinya ke depan bisa menjadi bagus sesuai dengan harapan kita bersama,” jelasnya.

3. Gubernur Edy Rahmayadi berharap kucuran dana APBN agar stadion utama segera dibangun

Menpora Tinjau Venue PON 2024 di Sumut, Edy Singgung Stadion UtamaMenpora Dito Mahendra saat meninjau progres pembangunan venue PON 2024 di Sumut (Dok.Kemenpora)

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerangkan, pihaknya secara terus menerus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyukseskan PON di Sumut.

“Secara maraton kita koordinasi terus untuk PON di Sumut ini. Ini kita koordinasi dilakukan secara baik terkait kesiapan venue maupun fisik maupun non-fisik,” terangnya.

Edy mengaku juga telah menyampaikan rancangan secara konkret terkait persiapan PON di daerahnya. Dia berharap stadion utama untuk upacara penutupan PON 2024 bisa terbangun.

Sejak peletakan batu pertama 2021 lalu, venue Stadion utama di Desa Sena, Kualanamu, Deli Serdang memang belum jelas proses pembangunannya. 

“Kami sebenarnya sudah membuat master plan, termasuk juga berharap bantuan anggaran dana dari APBN. Kami juga di daerah siap untuk bekerja keras dengan anggaran yang ada. Untuk pembangunan stadion utama kami memang sangat berharap dan semoga segera terlaksana agar tidak terlambat,” bebernya.

Untuk itu diketahui di Sumut, akan dipertandingan 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, 602 nomor pertandingan. Diperkirakan akan hadir 13.490 orang dalam ajang pesta olahraga nasional tersebut. 

Baca Juga: Bidik Emas PON 2024, 1 Atlet Tenis Meja Sumut Berlatih di Guangzhou

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya