Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3

Hari ini Sumut kans tambah emas dari atletik dancatur

Medan, IDN Times - Raihan 7 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu menempatkan Sumatra Utara di peringkat ketiga klasemen sementara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021/XVI. Sumut berada di bawah Jawa Parat dan Papua yang sama-sama mengoleksi 8 emas, 7 perak dan 4 perunggu.

Sumut mengungguli  Jawa Tengah dengan 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Serta Kalimantan Selatan melangkapi posisi lima besar dengan 2 emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

1. Bisa memecahkan rekor Asean Para Games hingga Olimpiade jadi bonus

Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumut, Alan Sastra Ginting memuji perjuangan atletnya. Apalagi langsung tancap gas dengan 7 medali emas.

“Dengan 7 medali emas di cabor atletik sangat memuaskan karena dari kemarin yang turun hari ini baru targetkan lima emas. Namun ada kejutan di dua atlet Julianti dan Reza di lompat tinggi. Mudah – mudahan ini menjadi motivasi bagi atlet yang belum bertanding,” ujar Alan, Minggu (7/11).

Tidak hanya medali, Alan juga menginginkan atlet Sumut bisa memecahkan rekor di ajang internasional seperti Asean Para Games hingga Paralimpiade. Alan menginginkan atlet Sumut bisa mendominasi jumlah atlet yang masuk ke Pelatnas. “Alhamdulillah, kemarin Reza bisa memecahkan rekor Asian Para Games 2017. Saya harap atlet lain bisa mengikuti jejak Reza terutama atlet pelapis kedua kita yang belum pernah masuk ke pelatnas,” harapnya.

Baca Juga: Misi Judo NPC Sumut Ulangi Kesuksesan Peparnas Empat Tahun Lalu

2. Sumut berpeluang menambah medali atletik dan cabor lain hari ini

Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3Reza Perangin-angin memecahkan rekor ASEAN Para Games di Peparnas 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Memasuki pertandingan hari ketiga, Senin (8/11/2021) hari ini, Sumut masih berpeluang menambah medali emas melalui cabor atletik, yang hari ini mengikuti 12 nomor final. Peluang medali emas terbuka melalui atlet paralimpiade, Putri Aulia di nomor 100 meter putri. Kemudian Reza Pramana dan Alan Sastra Ginting di nomor lempar cakram putra, Nur Ferry Pradana di nomor 400 meter putra, dan Ainin Trisea di nomor lempar lembing.

Selain nomor atletik, Sumut juga berpeluang meraih emas di cabor catur. Catrina Dewi Haloho di nomor catur cepat putri tuna wicara unggul 4 poin dari empat babak yang telah dijalani. Kemudian Yustina Halawa juga berpeluang emas di nomor catur cepat tuna netra putri.

“Cabor lain seperti angkat berat, catur, dan judo serta tenis meja mulai pertandingkan babak penyisihan. Kita berharap atlet – atlet Sumut bisa lolos hingga partai final,” ujar Alan.

3. Putri Aulia siap maksimalkan final hari ini

Klasemen Sementara Peparnas 2021, Sumut Huni Peringkat 3Putri Aulia berpose di logo Paralimpiade Tokyo 2020 (instagram/putriiauliiaa)

Sementara, atlet sprint Sumut, Putri Aulia mengaku siap tampil maksimal di laga final yang berlangsung siang ini. Meski diunggulkan untuk meraih medali emas, namun peraih emas Asian Para Games 2018 ini tidak ingin jumawa.

“Insya Allah bisa emas nanti. Lawan terberat adalah diri sendiri. Setelah Paralimpiade kemarin memang saya terus latihan di daerah dan sebelumnya ke Solo ikut program pelatnas,” ucap Putri.

Baca Juga: Hari Pertama Peparnas Papua, Sumut Borong 7 Emas dari Atletik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya