Keren! Atlet Sumut Kontribusi 7 Medali Emas di SEA Games 2023

Atlet diminta kerja keras untuk PON 2024

Medan, IDN Times-Perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja sudah berakhir. Upacara penutupan sudah digelar Rabu (17/5/2023) malam. Indonesia finish di urutan ketiga dengan 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu. 

Atlet Sumatra Utara juga turut berkontribusi dengan sumbangan 7 medali emas, 3 perak dan 8 perunggu. 

1. Para atlet yang menyumbangkan medali

Keren! Atlet Sumut Kontribusi 7 Medali Emas di SEA Games 2023Dessynta Banurea, atlet karateka Sumut yang akan berlaga di SEA Games Vietnam (Dok.Istimewa)

Para atlet yang menyumbangkan medali emas antara lain dua dari Dara Latifah di nomor MTB eliminator putri dan MTB cross country relay mixed. Kemudian emas lainnya masing-masing dari Delbert Tanoto dari cabang e-sport nomor valorent, Toni Kristian Hutapea dari kick boxing, trio Riva Hijraih/Eny Tri Susilowati/Riana Octavia dari cabang kun bokator beregu putri, Abdul Hafiz dari lempar lembing dan Rosa Beatrice Malau dari wushu sanda.

Sementara tiga perak diraih Samuel Marbun dari wushu sanda dan dua medali dari Haris Horatius dari wushu taolu. Sisanya perunggu disumbangkan Saroha Lumbantobing dari cabang tinju, Rayhan Abdul Latih dari cabang golf, Faisal Siahan cabang karate, dan dua medali dari Dessyinta Rakawuni Banuera di cabang karate kumite beregu serta kumite perorangan. Kemudian tiga perunggu lainnya disumbangkan Riana Octavia dari cabang Kun bokator dan dua dari Deslya Anggraini di cabang Kun bokator perorangan dan ganda campuran.

Baca Juga: Sahari Gultom Ungkap Suasana Ruang Ganti Usai Thailand Samakan Skor

2. 16 dari 20 atlet ini akan membela Sumut di PON 2024

Keren! Atlet Sumut Kontribusi 7 Medali Emas di SEA Games 2023Harris Horatius raih medali perak SEA Games Vietnam (Dok.Istimewa)

Ketua Umum KONI Sumatera Utara, John Ismadi Lubis berterima kasih atas perjuangan para atlet. Apalagi dari 20 atlet Sumut yang bertanding di SEA Games, 16 ikut menyumbang medali.

"Dari 20 atlet asal Sumut yang membela Indonesia, sebanyak 16 atlet berhasil meraih medali. Meskipun para peraih medali itu tidak akan semua tampil di PON 2024 mendatang," ujar John Lubis di Medan, Rabu (17/5).

Selain itu dari para atlet Sumut di SEA Games itu, hanya 16 yang kemungkinan  tampil di PON 2024. Itu karena cabang kun bokator merupakan cabang baru dan tak dipertandingkan di SEA Games.

"Kun bokator merupakan cabang olahraga baru di SEA Games 2023. Dan, memang ada empat atlet asal Sumut yang tampil di cabang itu. Tapi tidak apa-apa, sebab 16 atlet lainnya merupakan yang terbaik di Indonesia," ungkapnya.

3. Atlet diminta bekerja keras untuk PON 2024

Keren! Atlet Sumut Kontribusi 7 Medali Emas di SEA Games 2023Kadispora Sumut Baharuddin Siagian bersam Ketua KONI Sumut John Lubis dan pengurus lainnya saat Rapat Kerja KONI Sumut (Dok.Istimewa)

John tak mau membandingkan capaian ini dengan SEA Games sebelumnya. Hal ini karena cabang yang dipertandingkan berbeda.Dia berpesan kepada para atlet agar memersiapkan diri menghadapi PON 2024.

"Kita tetap memberikan apresiasi kepada atlet asal Sumut yang telah berjuang di SEA Games 2023. Kita berharap agar mereka terus meningkatkan kemampuan sehingga bisa meraih medali emas di PON 2024 mendatang," pungkasnya.

Baca Juga: Timnas Emas SEA Games, Jokowi Traktir Menteri Makan Durian di Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya