Kejurwil Barat, Judo Sumut Rebut 2 Emas, 5 Perak dan 10 Perunggu

Nanda Olivia Banurea jadi pemain terbaik putri

Lubuklinggau, IDN Times - Kejuaraan Judo Wilayah Barat di Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan berakhir Minggu (4/6/2023). Pada kategori senior, tim judo Sumatra Utara sukses meraih 2 medali emas, 2 perak dan 3 medali perunggu. Total Sumut meraih 2 emas, 5 perak dan 10 perunggu di Kejurwil Barat itu.

Dua emas diraih Sumut lewat pejudonya di pelatnas Winner Felix Panggabean di nomor -66 kg putra dan Nanda Olivia Banurea di nomor -70 kg putri. Pada final -66 kg, Winner mengalahkan pejudo tuan rumah Galan Agusto Salim. Sebelumnya Winner melibas Bustomy Abdillah (DKI Jakarta) dan Gusti Aprinaldo (Jambi).

Sementara di kelas-70 kg putri, Nanda Olivia Banurea meraih medali emas setelah menyapu bersih empat kemenangan atas Nindy Natalia (DKI Jakarta), Nur Abina Siregar (Lampung), Leovi Awtatia (Jambi) dan Debi Aryani (Bangka Belitung).

1. Nanda Olivia Banurea raih pemain terbaik putri

Kejurwil Barat, Judo Sumut Rebut 2 Emas, 5 Perak dan 10 PerungguNanda Olivia Banurea meraih gelar pemain terbaik putripada Kejurwil Judo Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Minggu (4/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Kesempatan Sumut meraih emas sayangnya pupus di nomor -73 kg. Fadli Ardiansyah Manik tumbang dari Chandra Kurnia Rettob di final.

Sumut juga harus puas dengan medali perak di kelas -78 kg putri. Helena Susyen meraih 2 kemenangan atas Tiara Shinta Fristylia (DKI Jakarta) dan Anggelin Natasya (Jambi) serta kalah dari Rizki Gita Amelia (Banten).

Sementara perunggu diraih Willy Pratama di kelas -90 kg putra, Febby Landa Marlina di kelas -45 kg putri dan Della Sri Trinita di kelas -52 kg putri.

Dengan hasil ini Sumut berada di urutan ketiga klasemen juara umum di bawah DKI Jakarta dan Lampung.

Selain itu yang membanggakan atlet putri Sumut, Nanda Olivia Banurea meraih best of the best atlet putri di Kejurwil Barat.

Baca Juga: Hari Pertama Kejurwil Barat, Judo Sumut Raih 10 Medali Kategori Junior

2. Peta kekuatan PON 2024 di wilayah Barat

Kejurwil Barat, Judo Sumut Rebut 2 Emas, 5 Perak dan 10 PerungguWinner Felix Panggabean meraih emas setelah menumbangkan Galan Taslim di final -66 kg pada Kejurwil Judo Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Minggu (4/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Ketua Pengprov PJSI Sumut, Muhammad Arief Fadhillah mengatakan hasil di Kejurwil ini bahan evaluasi bagi tim judo Sumatra Utara, terutama untuk atlet pelatda yang dipersiapkan menghadapi PON 2024.

"Hasil Kejurwil ini untuk junior membuktikan pembinaan berjalan lancar, walaupun memenuhi target, faktor pengalaman bertanding. Untuk senior seharusnya bisa kita ambil 4 emas, tapi itulah pertandingan kadang grafik ada naik dan turun. Tapi kita syukuri dapat 2 emas, apresiasi untuk perjuangan anak-anak," kata Arief.

Untuk itu ke depan, PJSI Sumut optimis bisa berprestasi di PON 2024. Dengan syarat program berjalan baik.

"Optimis sepanjang program dari kami bisa didukung KONI Sumut dengan baik. Karena lawan tanding kita yang kurang selama ini. Lawan-lawan yang kita lihat DKI Jakarta masih, Lampung di kelas atas, Sumsel juga bagus. Yang lain ada peningkatan, mudah-mudahan masih bisa kita atasi," tambahnya.

 

3. Pejudo Sumut butuh lawan sparing menghadapi PON 2024

Kejurwil Barat, Judo Sumut Rebut 2 Emas, 5 Perak dan 10 PerungguFadli Manik meraih perak di nomor -73 kg Kejurwil Barat di Taman Olahraga Megang, Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Minggu (4/6/2023) (Dok.PJSI Sumut for IDN Times)

Sementara Pelatih Judo Sumut, Yosef Yus mengatakan pengalaman di Kejurwil sangat dibutuhkan atlet menghadapi PON 2024. Apalagi para atlet selama ini tak punya lawan sparing.

"Program kita sebenarnya sudah on the track, hanya saja karena kurang pengalaman bertanding. terlihat di sini atlet kita kurang bisa mengambil kesempatan saat pertandingan," ucapnya didampingi manajer tim Muhammad Yahya Nasution.

Kejurwil Barat ini sebelumnya dibuka Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe pada Sabtu (3/6/2023). Kejurwil ini diikuti 200-an atlet dari 9 provinsi mulai dari Aceh, Sumut, Riau, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Sumatra Selatan, DKI Jakarta dan Banten. 

Baca Juga: Lalui Perjalanan 36 Jam, Skuat Judo Sumut Tiba di Lubuklinggau 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya