Atlet NPC Sumut Sumbang 24 Emas di ASEAN Para Games, Edy: Saya Bangga

Sumut ketiga terbanyak sumbang medali untuk Indonesia

Medan, IDN Times- Para atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatra Utara tampil gemilang di ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli-6 Agustus 2022 lalu. Atlet Sumut menyumbang 24 emas, 18 perak dan 11 perunggu. Indonesia pun dipastikan menjadi juara umum dengan 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Para atlet pun pulang disambut rasa bangga. Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyambut langsung kontinge atlet Sumut di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Minggu (7/8/2022) sore. 

Menurut Edy, pencapaian yang diraih para atlet sekaligus mengukir tinta emas prestasi bagi olahraga Sumut di kancah internasional.

“Kami bangga sama kalian. Kalian lebih hebat dari orang – orang yang lengkap. Kalian seperti ini aja bisa mengalungkan medali, bagaimana seperti saya. Kalian pasti lebih hebat dengan kondisi apapun. Kalian telah mengukir tinta emas di masa ini,” kata Edy.

1. Sumut ketiga terbanyak sumbang medali untuk Indonesia

Atlet NPC Sumut Sumbang 24 Emas di ASEAN Para Games, Edy: Saya BanggaGubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyambut atlet Sumut yang memerkuat Indonesia di ASEAN Para Games, Minggu (7/8/2022) (Dok.Istimewa)

Sumut juga menjadi kontingen penyumbang medali terbanyak ketiga setelah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Edy meminta para atlet tak lantas puas diri. 

Melainkan menjadi kebanggaan dalam diri bahwa para atlet telah menjadi sejarah bagi provinsi bahkan bangsa Indonesia. “Kalian telah membesarkan Sumut ini. Raihan 24 medali emas 18 perak, dan 11 perunggu. Jadi 20 persen dari 34 provinsi ini, kita nomor tiga. Jangan pernah mau mengalah dan mengeluh,” kata Edy.

“Duit itu memang perlu, tapi tidak utama dia. Bukan itu segala-galanya. Motivasi itu tak pernah luntur dengan panas ataupun hujan. Saya terima kasih atas nama Sumut. Saya akan lakukan apapun yang bisa berikan untuk kalian asal jangan uang tak halal yang justru tak berkah dan tak sehat,” sambung Edy.

Baca Juga: Sejarah! Pasutri asal Sumut Catat Hattrick Emas di ASEAN Para Games

2. Edy minta NPC Sumut segera fokuskan diri hadapi Peparnas 2024

Atlet NPC Sumut Sumbang 24 Emas di ASEAN Para Games, Edy: Saya BanggaNur Ferry Pradana dan Putri Aulia pasangan suami istri yang catat hattrick emas di ASEAN Para Games (Dok.Istimewa)

Edy juga meminta pengurus NPCSumut segera mempersiapkan atlet terbaiknya menatap Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024. Termasuk persiapkan generasi atlet muda guna mewujudkan menjadi yang terbaik pada ajang Peparnas.

“Terus berjuang, cari kadernya dimana kau berlatih. Dalam waktu dekat akan dibangun sport center. Gunakan di situ pada tempat – tempat khusus, kalian akan menggunakan tempat itu karena tahun 2024 ada PON dan kegiatan pralimpik. Nanti pada saat main di Sumut ini saya tak mau kalian bikin malu Sumut yang merupakan kebanggaan kita dan prioritas,” harapnya.

3. NPC Sumut berharap pemerintah fokuskan anggaran untuk capai target juara umum

Atlet NPC Sumut Sumbang 24 Emas di ASEAN Para Games, Edy: Saya BanggaKetua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (kanan) dan Reza Permana yang sukses merebut emas tolak peluru di Peparnas Papua, Sabtu (6/11/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting berharap perhatian dari gubernur ini ini bisa memberikan motivasi bagi para atlet untuk bisa lebih berprestasi di event selanjutnya.

“Sangat senang ya kita para atlet disambut pak gubernur. Perhatian pak gubernur ini tentu menjadi motivasi bagi atlet – atlet untuk ke depan lebih meningkatkan lagi prestasinya,” kata Alan.

Setelah ASEAN Para Games 2022, berikutnya NPC akan dihadapkan dengan persiapan Peparnas 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah. Alan pun targetkan Sumut harus bisa meraih juara umum. “Peparnas nanti kita fokus ke sana. Kalau kita ini tidak main – main di 2024 nanti dan Insyaallah target dari NPC ini bisa menjadi juara umum di Peparnas nanti,” bebernya.

“Harapan kita dengan target juara umum agar pemerintah ini lebih memfokuskan ke NPC dari segi anggaran gitu,” pungkasnya.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Sahrul Rebut Emas Judo di ASEAN Para Games

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya