Menpora Rekomendasikan Bukit Lawang Jadi Tempat Latihan Atlet Nasional

750 dari 14 negara Ikut Bukit Lawang Orangutan Trail 

Langkat, IDN Times - Sebanyak 750 peserta dari 14 negara mengikuti Event Bukit Lawang Orang Utan Trail tahun 2023, Sabtu (27/5/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di wisata alam Bukit Lawang merupakan event yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan pada 2022 lalu.

"Yang mengikuti event terus mengalami peningkatan. Ratusan peserta yang turun dari beberapa negara seperti Malaysia, Philipina, Vietnam, Amerika Serikat, dan sejumlah negara - negara lainnya. Kita berharap, dengan adanya even ini dapat meningkatkan pariwisata di Indonesia," kata Ketua Panitia Julita Saragih, Sabtu (27/5/2023).

1. Ada 3 kelas yang diperlombakan dalam event bukit lawang orangutan trail

Menpora Rekomendasikan Bukit Lawang Jadi Tempat Latihan Atlet NasionalEvent Bukit Lawang Orang Utan Trail 2023, yang dibuka oleh Menpora (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Even ini dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo, dan Wakil Gubernur Sumatra Utara, serta beberapa pejabat daerah lainnya ini. Ada sekitar 3 kelas yang diperlombakan dengan jarak mulai dari 7 hingga 50 KM. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pariwisata di Indonesia khususnya di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Tiga kelas yang diperlombakan yaitu kelas 7 Km yang mulai start pada pukul 7.15 WIB, untuk kelas 25 Km dimulai star pukul 7.00 WIB dan kelas 50 Km yang mulai start pada pukul 6.30 WIB. Kita juga berharap event akan dapat dilaksanakan setiap tahunnya," tegas Julita. 

Baca Juga: Pemkab Langkat Gelontorkan APBD Rp7 M Perbaiki Jalan Bukit Lawang

2. Menpora rekomendasikan Bukit Lawang jadi spot untuk para atlet nasional guna melatih fisik

Menpora Rekomendasikan Bukit Lawang Jadi Tempat Latihan Atlet NasionalEvent Bukit Lawang Orang Utan Trail 2023, yang dibuka oleh Menpora (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Menpora Dito Ariotedjo, yang hadir pada kesempatan itu sangat mengapresiasi event olahraga yang dilaksanakan di lokasi wisata Bukit Lawang. Menurutnya, selain bisa menyehatkan badan kegiatan juga dapat mendekatkan diri dengan alam dikawasan wisata yang merupakan salah satu paru-paru dunia. 

"Saya sangat mengapresiasi event yang digagas bapak Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Event ini sangat positif, selain bisa menyehatkan juga bisa mengenalkan peserta dengan alam. Apalagi pesertanya diikuti dari 14 negara di dunia, sehingga wisata Bukit Lawang ini bisa semakin terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisatawan ke Sumatra Utara," kata Menpora Dito Ariotedjo. 

Kemenpora mendukung kegiatan event ini dan merencanakan, untuk menjadikan event bukit lawang trail menjadi salah satu spot yang harus dilalui para atlet nasional, sehingga dapat menambah poin dan pengalaman serta melatih fisik para atlet dalam mengikuti saat mengikuti event nternasional.

"Saya akan merekomendasikan untuk para atlet agar mengikuti event Bukit Lawang Trail," jelas Dito Ariotedjo. 

3. Menpora bersama istri diberikan kain ulos batak dan plakat oleh Wakil Gubernur Sumut

Menpora Rekomendasikan Bukit Lawang Jadi Tempat Latihan Atlet NasionalEvent Bukit Lawang Orang Utan Trail 2023, yang dibuka oleh Menpora (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, dengan adanya event ini bisa dijadikan acara rutin setiap tahun. Sehingga bisa meningkatkan penghasilan warga dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan selain keindahan alam, air dan orang utannya. 

"Event ini dibuat guna meningkatkan penghasilan warga setempat dan kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara," kata Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah. 

Ijeck, sapaan akrabnya berharap, agar event di wisata Bukit Lawang ini bisa masuk dalam rangkaian event Trail Run tingkat dunia. "Dengan kehadiran Bapak Menteri ke event ini semoga bisa menambah point untuk para atlit dan event di wisata bukit lawang setiap tahunnya ini dimasukkan dalam agenda Train Run Internasional," harap Musa Rajekshah. 

Di acara Bukit Lawang Orang Utan Trail 2023 ini, Menpora bersama istri juga diberikan kain ulos batak dan plakat oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah sebagai cindera mata. Dengan kehadiran Menpora di event Bukit Lawang Orang Utan Trail 2023 ini, diharapkan juga bisa menghadirkan Presiden RI Jokowi ke wisata Bukit Lawang.

Agar wisata yang sudah dikenal di manca negara dan menjadi paru-paru dunia ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan lokasi wisata

Baca Juga: Ijeck Siap Maju Cagub 2024, Siap Lawan Edy Rahmayadi?

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya