Comscore Tracker

Rally Toba Sukses, Sumut Lolos Jadi Tuan Rumah APRC Bulan September

Pereli dunia akan hadir meramaikan APRC

Simalungun, IDN Times - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 5-7 Agustus 2022 berjalan sukses. Dengan suksesnya kejurnas ini, Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lolos menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan digelar pada 23-25 September 2022.

"Ke depan kita masuk acara yang lebih bergengsi lagi. Karena sudah bisa tingkat Asia. Dan ini tidak mudah. Semuanya dilihat saat Kejurnas ini. Dan kita sudah dinyatakan lulus dan ikut APRC. Sebelumnya kita hanya kandidat," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah saat memberikan sambutan pada penutupan Danau Toba Rally 2022 di Parapat, Simalungun, Minggu (7/8/2022) sore.

Dengan berjalan lancarnya Kejurnas Rally 2022 ini, Musa Rajekshah mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak. "Ini menjadi titik awal kita untuk menjadi kejuaraan rally dunia," sebutnya.

1. Reli bisa menyatukan semua golongan dan tingkatan

Rally Toba Sukses, Sumut Lolos Jadi Tuan Rumah APRC Bulan SeptemberKejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 5-7 Agustus 2022 di Simalungun, Sumut (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Lebih lanjut dikatakan pria yang akrab disapa Ijeck tersebut bahwa Rally ini bisa menyatukan semua golongan dan tingkatan. Melalui olahraga maka menjunjung tinggi sportifitas. Tidak kenal warnanya apa dan berasal dari mana.

"Kesuksesan rally ini karena semuanya. Masyarakatnya yang mendukung, panitianya yakni dari IMI dan seluruh jajaran lainnya termasuk TNI dan Polri yang sudah ikut mengamankan berlangsungnya Kejurnas Rally 2022," ucapnya.

2. Sejumlah pereli dunia akan adu cepat di APRC

Rally Toba Sukses, Sumut Lolos Jadi Tuan Rumah APRC Bulan SeptemberKejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 5-7 Agustus 2022 di Simalungun, Sumut (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution mengatakan bahwa pada APRC mendatang, sejumlah pereli dunia sudah beberapa konfirmasi akan hadir yakni pereli dunia dari India dan pereli dunia dari Jepang.

"Kita akan tambah tracknya nanti. Kita buat lebih panjang agar masyarakat dari berbagai daerah tetap bisa melihat," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam acara Kejurnas Rally 2022 Danau Toba ini, untuk juara kategori M1 diraih oleh Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Untuk kategori M2 diraih Bintang Bartean dari BRM Motorsport. Kemudian juara M3 yakni Benny Lautan dari RFT Motorsport. Kategori F1 yakni Sunny Boy, F2 yakni Andrew Hutabarat, F3 yakni Yoseph Suryanto. Kategori R3 yakni Ronny JS dan terakhir kategori J2 Achmad Aldio Oekon.

3. Ryan Nirwan/Adi Indiarto menjadi juara Danau Toba Rally 2022

Rally Toba Sukses, Sumut Lolos Jadi Tuan Rumah APRC Bulan SeptemberRyan Nirwan dan Adi Indiarto meraih juara Kejurnas Danau Toba Rally 2022 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan dengan navigator Adi Indiarto merajai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 putaran I yang digelar di Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun yang berakhir Minggu (7/8/2022). Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia itu menyelesaikan total 9 special stage dengan catatan waktu overall 1:56:07.2.

Ryan yang turun di kelas M1 ditempel pereli HRVT BGM HBM BMB, Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono di urutan kedua dengan catatan waktu 1:59:03.1 dan Bintang Barlean/Anondo Eko (BRM Motorsport) dengan waktu 2:06:20.8.

yan yang mendominasi di hari pertama dengan 4 dari 6 SS tetap konsisten dengan performanya di tiga SS terakhir. Hanya saja kali ini dia mendapat perlawanan dari pereli tuan rumah, Musa Rajekshah dengan navigator Hervian Soejono.

Ryan Nirwan sempat tercecer di urutan ketiga saat menyelesaikan SS7 di Gorbus di urutan ketiga dengan 19:19.5. Ryan berada berselisih 4,9 detik dengan Musa Rajekshah/Hervian Soejono di urutan pertama.

Ryan Nirwan menjadi yang tercepat di SS8 kawasan Aek Nauli. Ryan menggeber Toyota Yaris GR AP4 miliknya dengan catatan waktu 05:39.1. Ijeck berada di urutan kedua hanya berselisih sangat tipis 05:39.5. Mereka ditempel Bimo Pradikto/Anthony Sarwono dari Banteng Motorsport dengan selisih 10,7 detik.

Di SS9, Ryan tercecer 19 detik dari Ijeck/Hervian yang mencatat waktu 14:40.5. 

Baca Juga: Ryan Nirwan Juara, Ini Hasil Lengkap Kejurnas Danau Toba Rally Seri I

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya