Kado HUT RI, Tiga Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Jepang

ARRC masih menyisakan dua seri lagi

Bendera Merah Putih berkibar di Sugo International Racing Course, Jepang. Tiga pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) meraih podium dalam ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022 seri ketiga pada dua race yang digelar Sabtu (13/8/2022) dan Minggu (14/8/2022).

Salah satu di antaranya menginjak podium tertinggi, membuat Lagu Indonesia Raya berkumandang dan menjadi kado indah jelang HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

M Adenanta Putra mampu naik podium pertama pada race kedua, Minggu (14/8) setelah menjalani balapan yang cukup dramatis. Start dari posisi ketiga, pebalap 18 tahun asal Magetan, Jawa Timur itu terus menjaga ritme dan bertahan di rombongan depan bersama lima hingga enam pebalap lain.

Baca Juga: Lama Gak Manggung, Ello Guncang Lima Rooftop Medan

1. Adenanta: Senang sekali akhirnya bisa meraih kemenangan

Kado HUT RI, Tiga Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di JepangAdenanta pebalap binaan PT Astra Honda motor (AHM) yang berlaga di ajang balap Asia (Dok. AHM)

Sepanjang 12 putaran, Adenanta bersama Rheza Danica Ahrens dari Astra Honda Racing Team (AHRT) serta beberapa pebalap pesaing saling bertukar posisi memperebutkan posisi paling depan. Drama terjadi di lap terakhir, saat Rheza harus bersenggolan dengan pebalap lain dan terjatuh.

Adenanta tetap bertahan di posisi terdepan, sementara Herjun Atna Firdaus akhirnya mampu memanfaatkan keadaan dan menyusul di podium ketiga. Hasil manis ini menghapus kegagalan tiga pebalap AHRT di kelas Asia Production (AP)250 pada race pertama, Sabtu (13/8) yang belum beruntung karena cuaca.

”Selepas start, saya mencoba memelihara irama dan kondisi ban untuk daya cengkeram yang terjaga agar saya bisa melakukan tekanan di lap akhir. Senang sekali akhirnya saya bisa meraih kemenangan, untuk Astra Honda Racing Team dan juga Bangsa Indonesia di HUT ke-77 RI.  Semoga ini menjadi pijakan yang baik bagi saya di race selanjutnya untuk terus raih hasil terbaik,” ujar Adenanta.

2. Andi Gilang juga sukses mengibarkan bendera Merah Putih di kelas SS600

Kado HUT RI, Tiga Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di JepangPebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Jepang (Dok. IDN Times)

Pada balapan kelas Supersports (SS)600, Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) juga sukses mengibarkan bendera Merah Putih saat berdiri di podium kedua race pertama, Sabtu. Pada race kedua hari Minggu, pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu berpeluang menjadi juara. Sayang, dirinya terjatuh pada lap terakhir ketika bersaing dengan pebalap tuan rumah.

”Motivasi saya sangat kuat untuk meraih hasil terbaik, terlebih bertepatan dengan hari ulang tahun saya dan tekad memberi hadiah untuk HUT ke-77 RI. Namun optimisme untuk merebut kemenangan saat bertarung demi posisi satu harus terhenti di lap akhir, karena low side. Balapan masih menyisakan dua putaran, dan masih ada peluang yang bisa saya manfaatkan secara maksimal,” kata Gilang.

Irfan Ardiansyah yang menjadi tandem Andi Gilang di kelas bergengsi itu, juga tampil cukup membanggakan. Pebalap asli Ungaran, Jawa Tengah tersebut mampu finish ke-6 pada race pertama dan berhasil meraih poin lagi saat menyudahi race kedua di posisi ke-10.

3. ARRC masih menyisakan dua seri lagi

Kado HUT RI, Tiga Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di JepangPebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Jepang (Dok. IDN Times)

Di kelas Asia Superbike (ASB)1000, salah satu pebalap binaan AHM yang kini tergabung di tim Honda Asia-Dream Racing with Showa, Gerry Salim, tampil cukup baik. Arek Suroboyo itu mampu berhasil finish di posisi ke-8 pada race pertama, dan menyelesaikan balapan di posisi ke-11 pada race kedua.

Hasil ini menjaga asa dirinya untuk mengakhiri musim di papan atas bersama pebalap berbakat Asia lainnya.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi hasil menggembirakan yang diraih pebalap binaan AHM bertepatan dengan momen perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, mewakili tujuan perusahaan membina para pebalap berbakat Tanah Air. Yakni, mewujudkan mimpi tertinggi pebalap dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah dunia.

Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan dengan semangat Satu Hati sangat mengapresiasi prestasi membanggakan yang berhasil diraih tiga pebalap Honda.

Menurutnya kado indah di momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia menjadi salah satu pencapaian penting, dan berharap pembinaan berjenjang yang Honda lakukan terus membuahkan prestasi hingga puncak tertinggi para pebalap di kancah MotoGP nantinya, dan semakin mengharumkan nama bangsa.

ARRC masih menyisakan dua seri lagi yang akan berlangsung di Malaysia 6-9 Oktober dan Thailand 18-20 November mendatang. Masing-masing seri akan menggelar empat balapan. Peluang meraih juara Asia sangat besar untuk para pebalap AHRT, baik di kelas AP250 begitu juga kelas SS600.

Baca Juga: Cicipi Sirkuit Baru, Pebalap Astra Honda Targetkan Podium ARRC Sugo

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya