Comscore Tracker

Danau Toba Rally, Pereli Berhasil Taklukkan Rute TPL Sektor Aek Nauli

Titik awal menggelar kejuaraan rally dunia

Danau Toba Rally 2022 resmi berakhir pada Minggu (7/8/2022) sore. Seremoni penutupan digelar di Terminal Sosor Saba, Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 Leg-1 dan Leg-2 dimenangkan oleh driver Ryan Nirwan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, kemudian disusul oleh driver Rizki Prayoga co driver Doni Wardono dari HRVRT BGM HBM BMB.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dengan mobil Subaru yang diselimuti stiker Toba Pulp Lestari (TPL) berada di peringkat 10 besar yaitu peringkat 9 dengan co driver Hervian Soejono.

“Kejurnas ini tidak mungkin bisa berhasil tanpa dukungan dari sponsor dan tim pendukung, khususnya saya ucapkan terima kasih kepada TPL yang sudah mendukung dengan menyediakan lahan konsesi yang menjadi rute Rally ini. Selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk ajang Asia Pasifik Rally yang akan kita adakan bulan September mendatang,” tutur pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Baca Juga: Mengenal Canya Prasetyo, Satu-satunya Pereli Perempuan di Toba Rally

1. Juara reli meraih hadiah Rp75 juta

Danau Toba Rally, Pereli Berhasil Taklukkan Rute TPL Sektor Aek NauliRyan Nirwan dan Adi Indiarto meraih juara Kejurnas Danau Toba Rally 2022 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pencapaian ini semakin menarik perhatian karena para pereli muda dan pereli wanita muda yaitu Canya Prasetyo turut berpartisipasi untuk memberikan warna dalam ajang Danau Toba Rally kali ini.

Hutan Tanaman Industri (HTI) TPL menjadi rute yang berat untuk di taklukkan para pereli, walaupun demikian para perally merasa tertantang dan sangat puas dengan rute yang ada di area konsesi TPL.

TPL dengan dukungan penuh memberikan hadiah utama senilai Rp 75 juta kepada Juara Umum Danau Toba Rally 2022. Penyerahan hadiah diberikan oleh Venkateshwarlu Cheruku selaku Direktur Utama dan Anwar Lawden sebagai Direktur.

“Kejuaran Nasional Danau Toba Rally 2022 telah selesai kita laksanakan, saya bersyukur kejurnas ini berjalan dengan baik dan cuaca yang sangat mendukung. Bagi para pemenang saya ucapkan selamat atas keberhasilan menaklukkan rute di TPL Sektor Aek Nauli dengan semangat sportivitas saya ucapkan selamat kepada seluruh pereli kejurnas yang telah bertanding di Danau Toba Rally 2022 ini," tutup Anwar.

2. Ryan Nirwan mendominasi pada hari pertama

Danau Toba Rally, Pereli Berhasil Taklukkan Rute TPL Sektor Aek NauliRyan Nirwan dan Adi Indiarto meraih juara Kejurnas Danau Toba Rally 2022 (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan dengan navigator Adi Indiarto merajai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 putaran I yang digelar di Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun yang berakhir Minggu (7/8/2022). Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia itu menyelesaikan total 9 special stage dengan catatan waktu overall 1:56:07.2.

Ryan yang turun di kelas M1 ditempel pereli HRVT BGM HBM BMB, Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono di urutan kedua dengan catatan waktu 1:59:03.1 dan Bintang Barlean/Anondo Eko (BRM Motorsport) dengan waktu 2:06:20.8.

Ryan yang mendominasi di hari pertama dengan 4 dari 6 SS tetap konsisten dengan performanya di tiga SS terakhir. Hanya saja kali ini dia mendapat perlawanan dari pereli tuan rumah, Musa Rajekshah dengan navigator Hervian Soejono.

Ryan Nirwan sempat tercecer di urutan ketiga saat menyelesaikan SS7 di Gorbus di urutan ketiga dengan 19:19.5. Ryan berada berselisih 4,9 detik dengan Musa Rajekshah/Hervian Soejono di urutan pertama.

Ryan Nirwan menjadi yang tercepat di SS8 kawasan Aek Nauli. Ryan menggeber Toyota Yaris GR AP4 miliknya dengan catatan waktu 05:39.1. Ijeck berada di urutan kedua hanya berselisih sangat tipis 05:39.5. Mereka ditempel Bimo Pradikto/Anthony Sarwono dari Banteng Motorsport dengan selisih 10,7 detik.

Di SS9, Ryan tercecer 19 detik dari Ijeck/Hervian yang mencatat waktu 14:40.5. 

3. Titik awal menggelar kejuaraan rally dunia

Danau Toba Rally, Pereli Berhasil Taklukkan Rute TPL Sektor Aek NauliDanau Toba Rally 2022 resmi berakhir pada Minggu (7/8/2022) sore. Seremoni penutupan digelar di Terminal Sosor Saba, Parapat, Kabupaten Simalungun. (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Dengan suksesnya kejurnas ini, Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lolos menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan digelar pada 23-25 September 2022.

"Ke depan kita masuk acara yang lebih bergengsi lagi. Karena sudah bisa tingkat Asia. Dan ini tidak mudah. Semuanya dilihat saat Kejurnas ini. Dan kita sudah dinyatakan lulus dan ikut APRC. Sebelumnya kita hanya kandidat," ujar Ijek.

Dengan berjalan lancarnya Kejurnas Rally 2022 ini, Musa Rajekshah mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak.

"Ini menjadi titik awal kita untuk menjadi kejuaraan rally dunia," sebutnya.

Baca Juga: Ryan Nirwan Juara, Ini Hasil Lengkap Kejurnas Danau Toba Rally Seri I

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya