Comscore Tracker

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada Masanya

Apakah bajak laut ada di dunia nyata?

Beberapa di antara kalian yang pernah nonton film Pirates Of The Caribean atau nonton anime One Piece pasti tidak asing dengan bajak laut. Di dunia nyata mereka biasa melakukan penjarahan pada kapal dagang yang membawa sejumlah kekayaan dan barang-barang berharga. Namun tidak semua bajak laut sukses dalam menjalankan misinya, ada juga di antara mereka yang mengalami kegagalan.

Selain di desain untuk menahan gelombang ombak di lautan, kapal bajak laut juga digunakan untuk menaklukan lawan mereka. Ada beberapa kapal bajak laut yang terkenal bahkan ditakuti. Pada kali ini kita akan membahas 5 kapal bajak laut yang terkenal pada masanya.

 

1. Queen Anne’s Revenge 

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada MasanyaIlustrasi kapal bajak laut Queen Anne’s Revenge (pixabay.com/thommas68)

Edward Teach atau yang biasa dikenal dengan julukan Blackbeard adalah salah satu bajak laut yang paling ditakuti dalam sejarah. Pada November 1717, ia berhasil merebut kapal Prancis La Concorde yang digunakan untuk mengangkut budak-budak melintasi Atlantik. Kapal ini mampu melawan hampir semua kapal perang angkatan laut pada saat itu.

Blackbeard menguasai wilayah Karibia dan pantai timur Amerika Utara yang dipersenjatai dengan 40 meriam. Kapal ini tenggelam pada 1718, dan banyak yang percaya bahwa Blackbeard menenggelamkanya dengan sengaja. Pada tahun 1996, penyelam menemukan kapal yang tenggelam di pantai North Carolina yang mereka yakini sebagai Queen Anne’s Revenge.

2. Royal Fortune 

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada MasanyaIlustrasi kapal bajak laut Royal Fortun (pixabay.com/Noupload)

Selama tiga tahun karirnya, Bartholomew Roberts atau Black Bart berhasil menangkap dan menjarah ratusan kapal. Ia melakukan perjalanan menggunakan kapal yang ia beri nama Royal Fortune. Royal Fortune sama mengesankanya dengan kapal bajak laut lain seperti Queen Anne’s Revenge.

Royle Fortune mampu menampung 40 meriam dan diawaki oleh 157 orang, dan ia mampu melawan angkatan kapal laut kerajaan mana pun saat itu. Pada Februari 1722 Black Bart terbunuh ketika melawan Swallow. Dan anak buahnya mengikuti perintah Roberts untuk melemparkan tubuhnya ke laut.

Baca Juga: Bangga! Ternyata 5 Spesies Kupu-kupu Cantik Ini Asli dari Indonesia

3. CSS Alabama 

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada MasanyaIlustrasi kapal bajak laut CSS Alabama (pixabay.com/agnesti)

Di bawah komando kapten Raphael Semmes, Alabama menangkap dan menghancurkan kapal-kapal di wilayah Utara Atlantik. Ia juga mencegat pengiriman biji-bijian dari Amerika Serikat menuju Eropa. Melanjutkan perjalanan melalui Hindia Barat, Alabama menenggelamkan USS Hatteras di Galveston, Texas dan menangkap krunya.

Kapal ini memiliki panjang 220 kaki dan lebar 32 kaki dan memiliki kapasitas 350 ton batu bara. Alabama dihancurkan oleh kapal penjelajah Union Kearsarge di Normandia pada 19 Juni 1864. Setelah kekalahan Alabama selama 120 tahun, pemburu ranjau Angkatan Laut Prancis Circe menemukan bangkai kapal di wilayah Cherbourg, Prancis, yang kemudian dikonfirmasi oleh Komandan Angkatan Laut Prancis sebagai bangkai kapal CSS Alabama.

4. The Fancy 

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada MasanyaIlustrasi kapal bajak laut The Fancy (pixabay.com/Noupload)

The Fancy dikenal sebagai kapal bajak yang laut yang memiliki kecepatan yang hebat. Kapal ini menampung awak kapal sebanyak 140 orang yang dipimpin oleh Henry Avery. Henry Avery dan para awak kapalnya menggunakan kapal The Fancy untuk menjarah kapal dagang yang melewati Samudera Hindia

Pencapaian terbesarnya adalah ketika berhasil mengalahkan Ganj-I-Sawai kapal milik Grand Mogul India pada 1695. Sukses mengalahkan kapal Ganj-I-Sawai Avery belayar kembali ke Karibia dan ia menjual sebagian harta karunya. Henry Avery menjadi orang yang paling dicari setelah berhasil mengalahkan kapal armada India.

5. Adventure Galley 

5 Kapal Bajak Laut yang Populer dan Ditakuti pada MasanyaIlustrasi kapal bajak laut Adventure Galley (pixabay.com/dimitrisvetsikas1969)

Kapten William Kid menjadi bintang bajak laut baru pada tahun 1696. Ia lahir dari keluarga terkemuka di Greenock, Skotlandia. Kid menahkodai kapal Adventure Galley yang dilengkapi dengan 34 meriam dan awak kapal 150 orang.

Ia memulai misi untuk memburu kapal perang dan bajak laut di wilayah Karibia. Ternyata, misi untuk berburu kapal mengalami kegagalan. Setelah ia gagal dengan misinya, Livingston di New York menolak untuk memberinya pengampunan dan ia dikirim ke London, di mana ia dipenjara dan mendapatkan hukuman gantung karena pembajakan pada tahun 1701.

Itu tadi beberapa kapal bajak laut yang terkenal pada masanya. Pembajakan untuk merampas hak orang lain seperti yang dilakukan oleh bajak laut bukanlah hal yang terpuji. Oleh karena itu kita tidak boleh mengambil barang milik orang lain baik dilakukan dengan cara sembunyi ataupun dengan pemaksaan.

Baca Juga: One Piece: 5 Bajak Laut Terkuat Sebelum Era Bajak Laut Besar

Muhammad Nizam Photo Community Writer Muhammad Nizam

Traveler & Photographer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya