Comscore Tracker

Mengenal 4 Tarian Tradisional Khas Mandailing dan Maknanya

Setiap tarian punya ceritanya sendiri

Indonesia terkenal dengan keberagaman suku dan budayanya. Tak heran Indonesia kaya akan kesenian daerah. Mulai dari musik hingga tari tradisional. 

Setiap daerah punya jenis tariannya masing-masing. Salah satunya etnis Mandailing. Mandailing punya beberapa tarian khas yang sering dipertunjukkan dalam berbagai upacara dan kegiatan adat di masyarakat. 

Berikut empat jenis tarian Mandailing dan cerita di baliknya.

1. Sarama Datu

Mengenal 4 Tarian Tradisional Khas Mandailing dan MaknanyaTari Sarama Datu (YouTube/Gondang domu ni tahi(Bayo lintang)

Tari dari daerah Mandailing salah satunya bernama Sarama Datu. Pada awal mulanya, tarian ini sering digunakan atau dilakukan untuk meminta sesuatu melalui kuasa roh. Pada tarian ini hanya dilakukan oleh satu orang saja, yang dinamakan Sibaso pada prakteknya.

Tarian ini diiringi dengan lagu ensambel. Dengan music sambilan Sibaso, yang seolah-olah seperti meminta bantuan atau pertolongan pada begu (roh-roh halus) untuk mengabulkan permohonannya. Jenis tarian ini sering dipakai saat terjadi banyak musibah. Misalnya saja seperti hujan terus menerus, kekeringan, dan juga penyakit menular. Dari kepercayaan masyarakat setempat, hanya Sibasolah yang bisa berkomunikasi dengan roh halus lewat tariannya.

2. Tari Tor-tor Tepak

Mengenal 4 Tarian Tradisional Khas Mandailing dan MaknanyaTor-tor Tepak (Youtube/Walk The Talk)

Selanjutnya ada jenis Tari Tor-tor Tepak. Pada tarian ini, biasanya diperuntukkan sebagai tari persembahan pada upacara perkawinan. Dengan nama upacara Horja Godang Haroan Boru. Kita bisa mengartikannya sebagai datangnya pengantin yang akan menikah.

Tarian tor-tor tepak ini dilakukan pada malam hari dan digelar selama 3 hari. Ketika ingin melakukan tarian, para penari menggunakan pakaian khas Mandailing dengan aksesoris di bagian kepala.

Baca Juga: Mengenal Tari Lima Serangkai Khas Karo

3. Tor-tor Naposo Nauli Bulung

Mengenal 4 Tarian Tradisional Khas Mandailing dan MaknanyaTari tortor Naposo Nauli (perpustakaan.id)

Yang keempat ada tarian Tor-tor Naposo Nauli Bulung. Tarian jenis ini biasanya dilakukan berpasangan oleh para penari yang masih muda. Tarian tersebut ditampilkan oleh 3 pasangan penari pria dan wanita. Serta disusun dalam barisan yang disesuaikan dengan marga masing-masing. 

 

4. Tari Endeng-endeng

Mengenal 4 Tarian Tradisional Khas Mandailing dan MaknanyaTari endeng-endeng (YouTube/Rusli Sagala)

Jenis tarian terakhir adalah tarian Endeng-endeng. Tarian tersebut dilakukan secara khusus oleh masyarakat Tapanuli Selatan. Tarian ini menggambarkan ekspresi kebahagiaan dan juga kegembiraan. Misalnya saja seperti panen raya.

Dalam pertunjukannya, tari ini dimainkan oleh 10 orang penari dengan 2 penyanyi, 1 keyboardis, satu lagi pemain tamborin, 5 orang penabuh gendang dan 1 orang penabuh ketipung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Makan Khas Mandailing di Medan yang Bikin Ngiler

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya