Comscore Tracker

[UPDATE] Memprihatinkan! Angka COVID-19 di Sumut Tembus 1.000 Kasus

Masih banyak masyarakat membandel abaikan protokol kesehatan

Medan, IDN Times – Setelah mengalami peningkatan signifikan, kasus COVID-19 di Sumatera akhirnya tembus di angka 1.024 orang. Kasus nya meningkat 31 orang dari hari sebelumya 993 kasus.

Peningkatan ini menunjukkan masih terjadinya penularan di Sumatera Utara. Pun begitu, tak sedikit masyarakat yang masih abai dengan protokol pencegahan. Seperti memakai masker saat berada di luar rumah atau pun menjauhi kerumunan.

1. Medan masih terus jadi pusat penyebaran dengan 675 kasus

[UPDATE] Memprihatinkan! Angka COVID-19 di Sumut Tembus 1.000 KasusIDN Times/Masdalena Napitupulu

Berkembangnya wacana new normal yang belum berjalan di Sumatera Utara, membuat masyarakat sudah memulai aktifitasnya di luar rumah. Seperti berkumpul di kafe, atau beberapa kegiatan lain yang menyebabkan kerumunan.

Dari jumlah kasus itu, Medan masih setia bertengger di posisi pertama dengan 675 kasus. Disusul Deli Serdang dengan 126 kasus, Simalungun 54 kasus, Kota Pematang Siantar 44 kasus dan Binjai dengan 18 kasus.

Baca Juga: Kasus Anak Positif COVID-19 Tinggi di Sumut, Begini Peran Orangtua

2. Masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan

[UPDATE] Memprihatinkan! Angka COVID-19 di Sumut Tembus 1.000 Kasus(Petugas pengelola pasar berkampanye pencegahan COVID-19 dengan membawa poster berisi pesan di Pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Upaya tersebut untuk meminimalisir kasus penularan atau penyebaran COVID-19 terjadi di pasar) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut menyatakan, peningkatan hari ini juga didominasi oleh Kota Medan dengan 17 kasus, Pematang Siantar 1 kasus, Deli Serdang 4 kasus, Simalungun  4 kasus, Batu Bara 1 kasus, Gunung Sitoli 1 kasus dan domisili yang tidak diketahui 3 kasus.

“Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan dan hindari kerumunan,” ujar Juru Bicara GTPP COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Jumat (19/6).

3. PDP juga meningkat

[UPDATE] Memprihatinkan! Angka COVID-19 di Sumut Tembus 1.000 KasusPara pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Peningkatan juga terjadi pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jumlahnya naik dari 159 orang menjadi 177 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 899 orang, naik dari data sebelumnya yakni 855 orang. Sementara untuk yang meninggal dunia masih tetap dari hari sebelumnya yakni 67 orang.

“Untuk pasien sembuh bertambah 16 orang menjadi 249 orang,” pungkasnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sumut Tinggi, Ini 10 Daerah yang Bebas Corona

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya