Comscore Tracker

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Mulai Dibuka Kembali

Polisi ingatkan soal potensi longsor susulan

Deli Serdang, IDN Times – Petugas gabungan terus berjibaku membersihkan material longsor yang memutus akses Kota Medan menuju Berastagi di Kabupaten Karo, Jumat (4/12/2020). Material longsor yang menimbun jalan di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi sudah bisa dilalui kendaraan.

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny W Siregar mengatakan, saat ini kondisi arus lalu lntas perlahan mulai lancar. Meskipun memang kemacetan masih mengular.

"Pada saat ini sudah selesai untuk pengerjaan pembersihan dan pembukaan jalur Medan-Berastagi. Kita sudah uji coba dengan sepeda motor dan beberapa kendaraan, sudah mulai lancar," ujar Sonny.

1. Pengendara tetap diminta waspada potensi longsor susulan

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Mulai Dibuka KembaliLongsor di Sibolangit, Deli Serdang, Jumat (4/2/2020) (Dok.IDN Times/istimewa)

Sonny mengingatkan agar pengendara tetap waspada dengan sekitar wilayah longsoran. Dia mengatakan, kawasan ini masih berpotensi terjadi longsor susulan.

"Kita harus berhati-hati karena di titik yang tadi longsor masih ada pohon yang sudah mereng dan siap-siap untuk tumbang, kita mengupayakan untuk langsung kita tebang. Dan tebing yang curam sekali pas di tikungan PDAM Tirtanadi sangat rawan sekali. Sehingga kami tetap berjaga-jaga di sini, apabila sewaktu-waktu ada apa-apa," sebutnya.

 

Baca Juga: [BREAKING] Longsor Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Putus Total

2. Warga diimbau mengambil jalur alternatif

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Mulai Dibuka KembaliIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Warga pun diminta terus waspada. Apalagi cuaca kota Medan hingga Kabupaten Karo terpantau mendung. Kepolisian mengimbau warga lebih baik mengambil jalur alternatif jika memang harus berangkat dari Karo atau pun dari Medan.

Gumilar Aditya, warga yang akan pulang ke Medan memilih menempuh jalur alternatif. Dia menempuh jalur alternatif Seribudolok di kawasan Kabanjahe menuju Medan via Galang, Kabupaten Simalungun.

“Mau gak mau harus putar balik kita. Tadi rencana ambil jalur yang ke arah Binjai. Tapi ternyata ada longsor juga. Ini kita mencoba dari Seribudolok. Semoga tidak ada apa-apa di perjalanan,” ujar gumilar.

 

3. Satu orang tewas akibat longsor ini

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Mulai Dibuka KembaliIlustrasi Kamar Mayat (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya diberitakan, ada 20 titik longsor yang tercatat di kawasan Jalur Medan-Berastagi.

Selain itu, satu orang meninggal dunia arena tertimpa longsor. Korban merupakan sopir truk yang saat itu melintas.

Baca Juga: Ini Beberapa Titik Lokasi Banjir Parah di Kota Medan dan Sekitarnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya